MASYARAKAT KECAMATAN PANDANARUM ANTUSIAS IKUTI VAKSINASI MASAL

M. Alwan Rifai

M. Alwan Rifai

Banjarnegara (JAWA TENGAH) – Ribuan masyarakat Kecamatan Pandanarum antusias ikuti kegiatan Vaksinasi masal yang diselenggarakan oleh Team Siaga Bencana Berbasis Masyarat (Sibat) Desa Lawen bertempat di Posko Sibat Lawen Wisma Gunung Damar. Kegiatan tersebut merupakan hasil sinergi dan kerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara, Puskesmas Pandanarum, PMI Kecamatan Pandanarum serta Pemerintah Desa Lawen.

Komandan Sibat Desa Lawen, Kecamatan Pandanarum Adhe Benni Araneta, S.Pd mengatakan kegiatan vaksinasi merupakan implementasi dari Survelains Berbasis Masyarakat dalam Program Percepatan dan Penguatan Respon Pandemi Covid 19 berbasis masyarakat dukungan PMI Pusat dan Korea International Cooperation Agency (KOICA). “terima kasih kami sampaikan kepada PMI dan KOICA yang telah mempercayakan program kepada kami sehingga masyarakat menjadi lebih sadar tentang arti penting PHBS dan upaya antisipasi terhadap berbagai penyakit, serta percepatan dalam penanggulangan covid 19 dengan menjangkau berbagai segmentasi” paparnya.

Dalam kegiatan vaksinasi tersebut sedikitnya 1051 masyarakat dapat terlayani dengan baik meski awalnya stigma masyarakat terhadap vaksin cenderung miring dengan berbagai perspektif. Lewat pendekatan dor to dor dan kerja keras Tim Sibat dalam program KOICA akhirnya diluar dugaan target vaksinasi dapat melambung tinggi bahkan mencakup untuk wilayah Kecamatan Pandanarum.

Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Banjarnegara Yon Setiawan, S.Kep, NS, M.H berharap kegiatan vaksinasi terpadu dapat mempercepat capaian herd immunity bagi masyarakat dan umumnya dapat mengangkat Banjarnegara yang saat ini masih dilevel 3.” Kami menyediakan 1200 dosis vaksin untuk masyarakat dalam kegiatan kali ini, dan luar biasa antusias masyarakat dibawah Koordinasi Tim Sibat Lawen semua bisa berjalan optimal sesuai target” paparnya.

Pihaknya berharap kerja sama yang baik dengan berbagai pihak khususnya PMI yang mempunyai kader hingga tingkat desa dapat memepercepat capaian vaksinasi di Kabupaten Banjarnegara, dengan bergerak bersama diharapkan covid segera musnah dan masyarakat dapat beraktifitas normal seperti sedia kala.

Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara dr.Amalia Desiana mengapresiasi kinerja Tim Sibat Lawen dan berharap sumbangsih karya, usaha dan dedikasi untuk kemanusiaan tidak pernah luntur dengan koordinasi yang matang dengan berbagai pihak.”apresiasi dan penghargaan kami sampaikan kepada semua pihak khususnya kawan kawan Sibat Lawen yang selalu berjibaku tak kenal lelah dalam membantu pemerintah untuk melayani masyarakat, semoga menjadikan ladang amal ibadah yang tak ternilai” paparnya.

Optimalisasi peran Tim Sibat diharapkan dapat masuk ke berbagai lini dan segmentasi tentunya dengan koordinasi dan arahan dari Pemerintah Desa sebagai bentuk derap langkah terpadu, terlebih saat ini memasuki musim hujan dimana langkah kesiapsiagaan serta kecepatan respon darurat sangat diperlukan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. **alw

162

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

PRODUK INDUSTRI KECIL MENENGAH (IKM) SUNGAI BAKAR JADI OLEH-OLEH KHAS AIR TERJUN BAJUIN, MELALUI PROGRAM LIMITLESS PMI TANAH LAUT

TANAH LAUT, KALIMANTAN SELATAN - Program Limitless Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tanah Laut...

IKIP PGRI Bojonegoro Rekrut Relawan PMI

[caption id="attachment_35757" align="aligncenter" width="1024"] Pembukaan Pelatihan Dasar KSR PMI Unit IKIP PGRI Bojonegoro[/caption] Senin,...

PMI KECAMATAN AMBULU AKTIF GELAR DONOR DARAH

JEMBER – Kapolsek Ambulu AKP Ma’ruf dan Komandan Koramil Ambulu Kapten Arm Anton Hermawa...