Relawan Sibat PMI Ajak Warga Tanam Toga

Farhan Irfan

Farhan Irfan

Sejumlah relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang mengkampanyekan Tanaman Obat Keluarga (Toga) di Belendung RT 4, Benda, Kota Tangerang, Minggu (31/10/2021). Gerakan menanam Toga bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang ini bertujuan mendukung Program Kampung Iklim (Proklim).

Beberapa bencana yang terjadi di Indonesia disebabkan perubahan iklim, sebut saja kemarau dan banjir. Salah dua bencana itu disebut bisa dicegah dengan gerakan penghijauan. Ketua PMI Kota Tangerang Oman Jumansah menjelaskan, pelibatan Sibat serta relawan PMI dalam program Pemerintah Daerah itu merupakan bagian dari tanggung jawab menjaga lingkungan dari PMI.

“Bencana tertentu datang karena perubahan iklim. Fokus kami mitigasi bencana, mencegah dan menanggulanginya,” jelas Oman.

Perubahan iklim yang ekstrem, lanjut Oman, dapat memberi dampak pada ekosistem dan manusia di seluruh dunia. Kesehatan manusia, keamanan pangan, dan pembangunan ekonomi adalah beberapa dampak yang dapat terjadi karena perubahan iklim ini.

Sedikitnya 150 pohon disalurkan Sibat dan relawan PMI Kota Tangerang di RT 4 Kelurahan Belendung. Secara keseluruhan, Sibat PMI akan dilibatkan dalam kampanye Proklim di 115 RW Kota Tangerang. Pengurus PMI Kota Tangerang Hazbullah mengatakan, gerakan itu diharapkan dapat mewujudkan perubahan perilaku masyarakat yang mendukung penghijauan.

“Kami ingin masyarakat mau melakukan aksi nyata untuk menghadapinya (perubahan iklim. Salah satu kegiatannya adalah penanaman tumbuhan yg menghasilkan dan bermanfaat seperti TOGA, pohon buah, dan sayuran melaui media pot tanaman,” tukasnya.

 

124

Bagikan:

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on google
Share on linkedin
Share on pinterest

BERITA LAINNYA

RELAWAN BANJARNEGARA BANGUN 16 SARANA MCK DI LOKASI PENGUNGSIAN SEMERU

BANJARNEGARA ( JAWA TENGAH ) – Kabupaten Banjarnegara kembali mengirimkan relawannya untuk membantu penanganan...

DONOR DARAH DI ARUTMIN TAMBANG KINTAP, RIDAYAT SENANG BISA DONOR DARAH LAGI

TANAH LAUT, KALIMANTAN SELATAN - Dalam rangkaian bulan K3 Nasional tahun 2022 PT. Arutmin...

GERAK CEPAT DAN GERAK BERSAMA TANGANI BANJIR KALI JOMPO

JEMBER – Tim relawan PMI Kabupaten Jember gerak cepat turun langsung ke lokasi banjir...