logo2021

MEMBINA PEMBINA PMR

Ayu Paraswati

Ayu Paraswati

Untuk mengembangkan PMR (Palang Merah Remaja) diperlukan pula peningkatan kapasitas Pembina PMR Wira dan Madya. PMI Kabupaten Pekalongan mengadakan Pelatihan Teknis Pembina PMR Wira dan Madya pada 29-30 maret kemarin di Kompleks SMPN 1 Kajen-Kabupaten Pekalongan.

Ketua PMI Kabupaten Pekalongan, Arini Antono mengingatkan agar PMR melakukan aksi dalam menerapkan pola hidup bersih dan sehat untuk diri sendiri, keluarga, sekolah dan lingkungannya.

“Tanamkanlah kepedulian anak terhadap lingkungan, ajaklah anak-anak untuk melaksanakan hal-hal ringan tapi bermanfaat, seperti pengelolaan bank sampah disekolah, penghijauan dan jum’at bersih,” pesan Arini dihadapan 98 orang pembina peserta pelatihan.

Pelatihan ini merupakan pelatihan lanjutan dari Pelatihan Manajemen Pangkalan PMR yang dilaksanakan bulan Januari lalu.

“Sebagai agen perubahan PMR diharapkan dapat menjadi penggerak Aksi kebersihan dan kemanusiaan di sekolah. Peran Pembina PMR sebagai pendamping sangat menentukan dalam memfasilitasi anak-anak untuk membuat aksi,” imbuhnya.

Selama 2 hari pembina PMR diberikan tentang gambaran cakupan 7 materi PMR, mulai dari materi tulis yang diberikan secara kolosal dengan metode ceramah, hingga praktek langsung penanganan. Pembina juga diberikan gambaran tentang kegiatan Tri  Bhakti PMR. Kegiatan ini merupakan awal dari pengembangan kapasitas Pembina PMR. Sebagai rencana tindak lanjut dari kegiatan akan dilaksanakan latihan di tiap rakor Pembina dikoordinir oleh forum Pembina yang diagendakan minimal 3 bulan sekali.

 

Informasi lebih lanjut: M. Nashir Jamaludin, Kepala Divisi Humas PMI Provinsi Jawa Tengah, Hp 081228011455 atau 081575629075. E-mail nasir_jateng@yahoo.co.id atau nashrjateng@gmail.com

                                                                                                     

LOGIN

Belum punya akun? Silakan klik tombol di bawah ini untuk melakukan pendaftaran.

DAFTAR

  • Halaman 1
  • Halaman 2
  • Halaman 3