Menu

 

A Member Of 

Divisi/Biro/Unit

  • Dilihat: 19981

Indeks Artikel

Sesuai dengan keputusan PP PMI No: 176/KEP/PP PMI/X/2010 markas pusat PMI memiliki 14 Divisi/Biro/Unit yang terdiri dari:

  • Divisi Organisasi
  • Divisi Penanganan Bencana
  • Divisi Kesehatan dan Sosial
  • Divisi Relawan
  • Divisi Dana dan Prasarana
  • Biro Hubungan Intenasional
  • Biro Kepegawaian
  • Biro Keuangan
  • Biro Umum
  • Biro Humas
  • Unit Pendidikan dan Pelatihan
  • Unit Poliklinik
  • Unit IT
  • Unit Satuan Kerja Audit Internal

Divisi Kelembagaan

Tugas Divisi Kelembagaan :

  • Melakukan komunikasi, konsultasi dan advokasi dengan Pengurus Pusat/Kepala Markas dalam rangka penyelenggaraan program pembinaan dan pengembangan organisasi serta pembangunan kapasitas manajemen Organisasi PMI.
  • Memfasilitasi kegiatan PMI Daerah dalam pengembangan organisasi dan pembangunan kapasitas manajemen Organisasi PMI Daerah.
  • Bertindak sebagai penghubung untuk hal-hal teknis dengan lembaga/institusi maupun instansi lain yang terkait dengan Pengembangan Organisasi pada tingkat Nasional, regional maupun internasional (jejaring kemitraan)
  • Memprogramkan dan memfasilitasi pelaksanaan Musyawarah Nasional (MUNAS) dan Musyawarah Kerja Nasional (MUKERNAS).
  • Melakukan penataan organisasi Markas PMI Pusat dan PMI Daerah.
  • Menyiapkan bahan dan mengkoordinir penyusunan Peraturan Organisasi (PO) PMI.
  • Menyusun dan mengumpulkan bahan serta melakukan diseminasi kepalangmerahan secara nasional.
  • Mengumpulkan bahan untuk penyusunan kurikulum, modul dan menyiapkan materi orientasi serta pelatihan Kepalangmerahan dan Hukum Perikemanusiaan Internasional (HPI) dengan berkoordinasi unit kerja Diklat PMI, dsb.

 


Divisi Penanggulangan Bencana

Tugas Divisi Penanggulangan Bencana:

  • Melakukan komunikasi, konsultasi dan advokasi dengan Pengurus Pusat/Kepala Markas dalam rangka penyelenggaraan program Penanggulangan Bencana Organisasi PMI.
  • Bertindak sebagai kontak person untuk hal-hal teknis dengan lembaga/institusi maupun instansi lain yang terkait dengan Penanggulangan Bencana pada tingkat Nasional, regional maupun internasional (jejaring kemitraan).
  • Menyusun bahan untuk kesiapsiagaan bencana di PMI Pusat dan PMI Daerah.
  • Menyusun bahan untuk kapasitas dan kompetensi SATGANA PMI Pusat dan PMI Daerah.
  • Meningkatkan ketersediaan sarana dan peralatan serta barang bantuan operasional tanggap darurat bencana.
  • Menyusun juklak peningkatkan mekanisme alur informasi dari Sistem Informasi Manajemen Bencana.
  • Menyusun bahan untuk pembinaan dan peningkatan kapasitas/kinerja PMI dalam melaksanakan program Pengurangan Risiko Bencana (PRB) dan Adaptasi Perubahan Iklim (API) Berbasis Masyarakat.
  • Mengelola dukungan SDM, logistik, relief dan dana untuk operasi tanggap darurat bencana.
  • Melaksanakan pelayanan RFL pada kondisi normal, serta darurat bencana maupun konflik, dsb.

 


Divisi Kesehatan

Tugas Divisi Pelayanan Kesehatan:

  • Melakukan komunikasi, konsultasi dan advokasi dengan Pengurus Pusat/Kepala Markas dalam rangka penyelenggaraan program Pelayanan Kesehatan Organisasi PMI.
  • Bertindak sebagai penghubung untuk hal-hal teknis dengan lembaga/institusi maupun instansi lain yang terkait dengan Pelayanan Kesehatan pada tingkat Nasional, regional maupun internasional (jejaring kemitraan).
  • Mempersiapkan dan mengembangkan pelayanan melalui kegiatan pos Pertolongan Pertama (PP), pelayanan ambulans, dan tersedianya Tim Aksi Medis (MAT), Kesehatan Lingkungan dan ketersediaan Air, Mandi Cuci Kakus (MCK), Sampah dan sanitasi air (WatSan).
  • Mobilisasi bantuan kesehatan dalam keadaan darurat bencana maupun darurat kesehatan/ timbulnya penyakit akibat bencana (communicable diseases) di PMI Daerah.
  • Mobilisasi Tim Tanggap Darurat (ERT) WatSan pada saat keadaan darurat bencana.
  • Mengembangkan program kesehatan masyarakat dengan meningkatkan kapasitas masyarakat untuk mandiri dalam peningkatan kesehatan.
  • Mengembangkan program berbasis masyarakat seperti penyakit menular, wabah, kejadian luar biasa, pandemi, epidemi, dan dampak perubahan iklim.
  • Mengembangkan kegiatan dalam bidang pelayanan sosial dan Dukungan Psikososial (PSP), dsb.

 


Divisi Relawan

Tugas Divisi Relawan:

  • Melakukan komunikasi, konsultasi dan advokasi dengan Pengurus Pusat/Kepala Markas dalam rangka penyelenggaraan program Relawan di Organisasi PMI.
  • Bertindak sebagai kontak person untuk hal-hal teknis dengan lembaga/institusi maupun instansi lain yang terkait dengan Relawan pada tingkat Nasional, regional maupun internasional (jejaring kemitraan).
  • Menyiapkan, menyusun bahan, sistem dan berkoordinasi untuk perekrutan, promosi, publikasi, advokasi, jejaring, dan kerjasama Relawan.
  • Menyiapkan bahan untuk merancang strategi peningkatan kapasitas anggota dan staf bidang Relawan secara nasional.
  • Menyusun sistem pendataan Relawan yang terintegrasi, panduan pelatihan, pengembangan kurikulum dan materi Relawan.
  • Mengkoordinasikan pertemuan dan ketersediaan perlengkapan Relawan.
  • Mengkoordinasikan pendataan, pertemuan, pengakuan, dan penghargaan Relawan, dsb.

 


Divisi Kerjasama dan Pengembangan Sumber Daya

Tugas Divisi Kerjasama & Pengembangan Sumber Daya :

  • Melakukan komunikasi, konsultasi dan advokasi dengan Pengurus Pusat/Kepala Markas dalam rangka penyelenggaraan program Kerjasama dan Pengembangan Sumber Daya Organisasi PMI.
  • Bertindak sebagai kontak person untuk hal-hal teknis dengan lembaga/institusi maupun instansi lain yang terkait dengan Kerjasama dan Pengembangan Sumber Daya pada tingkat Nasional, regional maupun internasional (jejaring kemitraan).
  • Melakukan inventarisasi sumber daya dan donator untuk Kerjasama dan Pengembangan Sumber Daya.
  • Menyiapkan bahan pelaksanaan kerjasama dengan pihak ke-3 (tiga) untuk Pengembangan Sumber Daya dan melakukan evaluasi pelaksanaan kerjasama.
  • Melakukan tindak lanjut atas Memorandum Of Understanding (MOU).
  • Menyiapkan strategi peningkatan peran donatur PMI serta Melakukan penyusunan database donatur PMI.
  • Melakukan publikasi program pengumpulan dana.
  • Melakukan koordinasi atas program Kerjasama dengan Lembaga Pemerintah dan Lembaga Non Pemerintah serta IFRC, ICRC dan PNS, dsb.

 


Biro Perencanaan dan Hukum

Tugas Biro Perencanaan & Hukum:

  • Melakukan komunikasi, konsultasi dan advokasi dengan Kepala Markas dalam hal Perencanaan dan Hukum.
  • Bertindak sebagai penghubung untuk hal-hal teknis dengan lembaga/institusi maupun instansi yang terkait dengan Perencanaan dan Hukum.
  • Mengembangkan sistem pendataan pelaksanaan program dan memberikan informasi terkait dengan pencapaian visi dan misi Organisasi.
  • Memberikan rekomendasi untuk pengembangan program kepada divisi/biro/unit.
  • Melaksanakan analisa tentang ketentuan hukum yang dibutuhkan oleh PMI Pusat dan PMI Daerah.
  • Melakukan kerjasama dengan Pengacara, lembaga hukum, biro, instansi pemerintah.
  • Menyiapkan bahan untuk menyusun Rencana Anggaran Belanja dan Pendapatan (RABP) PMI, setiap tahunnya dan pengalokasiannya, dsb.

 


Biro Kepegawaian

Tugas Biro Kepegawaian:

  • Melakukan komunikasi, konsultasi dan advokasi dengan Kepala Markas dalam rangka penyelenggaraan program pembinaan dan pengembangan pegawai PMI.
  • Bertindak sebagai penghubung dan fasilitator dengan PMI Daerah dalam hubungannya dengan teknis program pembinaan dan pengembangan pegawai PMI Daerah.
  • Melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Divisi/Biro/Unit kerja terkait di Markas Pusat PMI, dan pihak lain yang terkait dalam rangka pembinaan dan pengembangan pegawai.
  • Mengembangkan sistem pendataan, tata kelola, pemantauan, dan evaluasi kinerja Kepegawaian serta memberikan informasi terkait dengan Kepegawaian.
  • Menyelenggarakan Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (SDM) dalam penyediaan data base SDM.
  • Menyiapkan ketersediaan uraian tugas bagi Pegawai bekerjasama dengan Divisi/Biro/Unit kerja terkait.
  • Menyusun pedoman / sistem penggajian dan membuat perhitungan sebagai dasar pembayaran gaji dan pendapatan lainnya per bulan dengan sistem remunerasi Pegawai Markas Pusat dan melakukan pembayaran.
  • Mendorong pelaksanaan mekanisme pemberian standar remunerasi, asuransi, sanksi, tunjangan, pensiun bagi Pegawai Markas Daerah, sesuai ketentuan yang berlaku.
  • Melakukan fasilitasi dan pembinaan Pegawai Markas Pusat atau Pegawai Markas Daerah yang dimobilisasi PMI Pusat, yang ditempatkan di Daerah.
  • Menyiapkan syarat-syarat dan pedoman pelaksanaan pemutusan hubungan kerja purna tugas serta merancang strategi pembinaan pensiun Pegawai, dsb.

 


Biro Keuangan

Tugas Biro Keuangan :

  • Melakukan komunikasi, konsultasi dan advokasi dengan Pengurus Pusat/Kepala Markas dalam rangka penyelenggaraan program Keuangan PMI.
  • Bertindak sebagai penghubung dan fasilitator dengan PMI Daerah dalam hubungannya dengan teknis program Keuangan.
  • Menyusun sistem pertanggung jawaban keuangan dan program keuangan tahunan Markas Pusat PMI.
  • Mengembangkan sistem pendataan, tata kelola, pemantauan, dan evaluasi kinerja Keuangan serta memberikan informasi terkait dengan Keuangan.
  • Memonitor seluruh proses pertanggungjawaban secara regular dan memantau transaksi pinjam-meminjam antar sumber dana dan pelunasannya (pemindahbukuan) segera setelah dana tersedia.
  • Melakukan supervisi dan pemeriksaan keuangan Daerah, disertai monitoring pertanggungjawaban dan pelaporan dropping keuangan dari Pusat ke Daerah.
  • Menyiapkan laporan penerimaan dan pengeluaran (pertanggungjawaban) dana untuk donor, dsb.

Biro Umum

Tugas Biro Umum :

  • Melakukan komunikasi, konsultasi dan advokasi dengan Kepala Markas dalam rangka penyelenggaraan bidang administrasi umum & manajemen logistik PMI.
  • Membuat laporan berkala (bulanan, tiga bulanan, tahunan) tentang administrasi umum, pelayanan logistik, stok barang dan keadaan barang inventaris/asset.
  • Mengidentifikasi kebutuhan aturan administrasi umum & manajemen logistik dan melaksanakan analisa tentang ketentuan administrasi umum & manajemen logistik yang dibutuhkan oleh PMI.
  • Memfasilitasi PMI Daerah terkait pengelolaan administrasi umum & manajemen logistik.
  • Mengembangkan sistem pendataan, tata kelola, pemantauan, dan evaluasi kinerja administrasi umum & manajemen logistik serta memberikan informasi yang terkait.
  • Mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Aset dan Logistik.
  • Memberikan dukungan teknis terkait pengelolaan Aset dan sosialisasi ketentuan- ketentuan pengelolaan aset kepada PMI Daerah, khususnya dalam bidang perencanaan dan inventarisasi.
  • Memberikan dukungan teknis terkait pengelolaan logistik, sosialisasi ketentuan-ketentuan logistik, dan pembinaan atas tata kelola pergudangan kepada PMI Daerah, dsb.

 


Biro Humas

Tugas Biro Hubungan Masyarakat:

  • Bertindak sebagai penghubung dan fasilitator dengan PMI Daerah dalam hubungannya dengan teknis program Hubungan Masyarakat PMI Daerah
  • Melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Divisi/Biro/Unit kerja terkait di Markas Pusat PMI, dan pihak lain yang terkait dalam rangka bidang Hubungan Masyarakat.
  • Menata arsip & kepustakaan serta mendokumentasikan kegiatan organisasi baik melalui foto maupun video.
  • Mengatur penerimaan tamu, baik tamu daerah, tamu Perhimpunan Nasional Negara sahabat, maupun tamu yang terkait keprotokolan.
  • Mengatur persiapan rapat/pertemuan, resepsi dan upacara serta kendaraan untuk tamu yang memerlukan pelayanan keprotokoleran.
  • Membuat siaran pers dan menyelenggarakan konferensi pers.
  • Memonitor dan melakukan evaluasi pemberitaan media
  • Menyusun & mempublikasikan bahan pemberitaan melalui siaran, pers dan website PMI, dsb.

 


Unit Pendidikan dan Pelatihan

Tugas Unit Diklat:

  • Melakukan komunikasi, konsultasi dan advokasi dengan Kepala Markas dalam rangka penyelenggaraan bidang Diklat PMI.
  • Bertindak sebagai penghubung dan fasilitator dengan PMI Daerah dalam hubungannya dengan teknis program Diklat PMI Daerah.
  • Melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Divisi/Biro/Unit kerja terkait di Markas Pusat PMI, dan pihak lain yang terkait dalam rangka pembinaan dan pengembangan Diklat.
  • Mengembangkan sistem pendataan, tata kelola, pemantauan, evaluasi, kapasitas kinerja Diklat serta memberikan informasi terkait dengan Diklat.
  • Melaksanakan pelatihan dan monev kegiatan pelatihan di tingkat Pusat dan Daerah.
  • Melaksanakan pendataan, mobilisasi, dan pembinaan Pelatih.
  • Perencanaan tempat, jadwal, dan penentuan peserta pelatihan serta implementasi pelatihan di tingkat Pusat dan Daerah, dsb.

 


Unit Poliklinik

Tugas Unit Poliklinik :

  • Pelayanan Kesehatan bagi Pengurus dan Pegawai Markas Pusat PMI.
  • Memverifikasi penggantian biaya pengobatan Pengurus dan Pegawai.
  • Mengelola administrasi pelayanan kesehatan dan asuransi kesehatan Pegawai.
  • Pelayanan Kesehatan bagi Masyarakat Umum dan Lingkungan Markas Pusat.
  • Melayani kegawatdaruratan terhadap lingkungan dan masyarakat umum.
  • Mengkoordinasikan pelayanan Unit Poliklinik dengan Puskesmas, Rumah Sakit, dan instansi kesehatan lainnya, dsb.

 


Unit Informasi Tekhnologi

Tugas Unit IT :

  • Menyusun Program IT secara Nasional.
  • Melakukan jejaring dan kerjasama dalam bidang Radio Telekomunikasi.
  • Melakukan jejaring dan kerjasama dalam bidang Pengembangan Aplikasi dan Database.
  • Menyusun Prosedur Operasional Standar (SOP), standarisasi Perangkat IT dan mengimplementasikan SOP/SLA dalam bidang layanan IT termasuk mengimplementasikan Standarisasi Perangkat IT di jajaran PMI.
  • Mengkonfigurasi, merawat Perangkat Lunak aplikasi & Database untuk mendukung operasional PMI termasuk strategi backup dan operasi IT disaster Recovery, dsb.

 


Unit Satuan Kerja Audit Internal

Tugas Unit Satuan Kerja Audit Internal (SKAI):

  • Menyusun program Audit Internal secara Nasional.
  • Memeriksa, membuat dan mengauthorisasi Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas kegiatan audit yang dilaksanakan.
  • Merancang dan mengembangkan audit program untuk melakukan evaluasi atas manajemen kontrol seluruh kegiatan.
  • Menginvestigasi indikasi penggelapan, penyimpangan, atau penyalahgunaan wewenang dalam suatu unit kerja yang menimbulkan kerugian pada organisasi atau Negara, dsb.

 

 

 

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

113795