Menu

 

A Member Of 

Biro Humas PMI Pusat

Pelatih Palang Merah Remaja Dilatih

Ade Kurniawan selaku Kabiro Humas PMI Kota Tangerang, mengatakan tujuan pelatihan yang diadakan ini adalah menciptakan fasilitator - fasilitator PMR dari tingkat SD, SMP dan SMA yang akan bertugas sebagai pelatih di setiap kelompok PMR, baik yang telah terbentuk maupun yang akan di bentuk nantinya serta sebagai bentuk pembinaan dan regenerasi bagi relawan PMI khususnya di Kota Tangerang.
 
"Pelatihan ini digelar di aula kelurahan Sukarasa yang bertepatan di depan Markas PMI, asal peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 28 orang terdiri dari unsur relawan baik di tingkat Kota maupun di tingkat Kecamatan Kota Tangerang dan ada salah peserta yang berasal dari unit KSR Bali yang mengikuti kegiatan ini," jelasnya.

PMI Perkuat Kapasitas SDM

PALANGKA RAYA - Palang Merah Indonesia (PMI) terus memperkuat kapasitas sumber daya manusia (SDM), agar selalu siap siaga untuk dimobilisasi dalam tanggap darurat bencana. Hal tersebut dilakukan dalam rangka membantu meringankan beban penderitaan masyarakat yang terkena bencana.
 
Menurut Ketua PMI Provinsi Kalteng, Suhaimi, bahwa upaya memperkuat kapasitas SDM tersebut salah satunya dengan melakukan pelatihan-pelatihan, seperti pelatihan hunian PMI Tingkat /Regional 5 se- Kalimantan, yang dibuka pada Selasa (10/7).

Sandra Maria, Dari Timor Leste Berguru di Timur Indonesia

Kegiatan penyegaran dan simulasi logistik dan posko yang dilaksanakan di labuan bajo Nusa Tenggara Timur membawa kesan tersendiri khususnya dari para peserta dari negara sahabat yang turut andil bagian dalam kegiatan ini, tak terkecuali dari peserta negara tetangga Timur leste.
 
Seperti kesan dan cerita salahsatu peserta dari Palang Merah Timur Leste,  Sandra Maria (44). dirinya bersama 4 peserta lainnya  yang terdiri dari para Kepala markas, mendapatkan untuk mengikuti kegiatan penyegaran dan simulasi logistik dan Posko yang diselenggararan Palang Merah Indonesia (PMI).

Perwakilan 6 Negara Sahabat Hadir Simulasi Logistik dan Posko

Perwakilan dari enam negara sahabat hadir dalam kegiatan simulasi logistik dan posko regional NTT, NTB dan Bali di Lapangan laboya Labuan Bajo, Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur.
 
Para perwakilan negara tetangga, yakni dari Palang Merah Swiss, Palang Merah Amerika, Palang Merah New Zealand, Palang Merah Denmark, Palang Merah Timur leste, dan Palang Merah Myanmar, dan Palang Merah Timor leste.

PMI Gelar Penyegaran dan Simulasi Logistik dan Posko

Palang Merah Indonesia (PMI) melalui dukungan Palang Merah Amerika dan USAID  kembali menggelar kegiatan penyegaran serta simulasi logistik dan posko di beberapa titik Regional wilayah Indonesia.Kali ini digelar di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur.
 
"Kegiatan ini merupakan upaya aktualisasi dan faktualisasi logistik dan posko dalam menjalankan peran dan fungsinya saat penanganan bencana di PMI khususnya dalam tanggap darurat bencana," Ungkap Kepala Markas PMI Pusat, Sunarbowo Sandi dalam keterangannnya.

Palang Merah Dari Enam Negara Bantu Perkuat Logistik PMI

Dalam rangka meningkatkan komitmen kerjasama dalam bidang kesiapsiagaan logistik khususnya dalam tanggap darurat bencana, Markas Pusat Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar kegiatan "Kick off program pengembangan kapasitas logistik PMI" yang dihadiri oleh beberapa perhimpunan nasional Palang Merah negara sahabat, diantaranya, Palang Merah Swiss, Palang Merah Amerika,  Palang Merah New Zealand, Palang Merah Denmark, dan perwakilan dari IFRC zone Asia pacific serta Perwakilan dari New Zealand Embassy, yang bertempat di Markas Pusat PMI.
 
"Saat ini PMI mendapatkan komitmen dukungan untuk meningkatkan kapasitas logistik dari beberapa perhimpunan nasional negara sahabat, Sehingga sangatlah penting untuk saling menguatkan komitmen kerjasama dukungan ini, untuk mengintegrasikan sekaligus mengkonsolidasi potensi dukungan tersebut," Ungkap Kepala Biro Sarana Prasarana PMI Pusat, Tia Kurniawan kepada sejumlah awak media.

Kuatkan Kapasitas, PMI Jateng Kembangkan Jitupasna

Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai salah satu komponen aktif dalam penanggulangan bencana, selalu meningkatkan kapasitas staf dan relawannya, dengan menyelanggarakan pelatihan Manajemen Pengkajian Kebutuhan Pasca Bencana (Jitupasna) di Pusdiklat PMI Jawa Tengah, Semarang. (Selasa, 3/7).

Ketua PMI Jawa Tengah, H. Imam Triyanto mengungkapkan bahwa pelatihan sebagai wujud pengembangan kapasitas pelayanan PMI, khususnya di Jawa Tengah. “Jitupasna menjadi bagian penting untuk meningkatkan pelayanan PMI, bersama pemerintah, kepada masyarakat yang terkena dampak bencana,” kata Imam saat membuka pelatihan yang diikuti 35 orang peserta, hingga 6 Juli mendatang.

Kebakaran Besar Landa Pemukiman Padat Di Tanah Tinggi

Kebakaran besar melanda permukiman padat penduduk di Tanah Tinggi, Jakarta Pusat, Selasa (26/6/2018) siang ini. Sejumlah rumah hangus dilalap si jago merah. 

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari tim PMI Jakarta Pusat, lokasi kebakaran tepatnya melanda Jalan Tanah Tinggi 1, Senen, Jakarta Pusat, tepatnya di belakang Masjid An Nur. Api diduga berasal dari salah satu rumah warga di RT 002 RW 002 yang sedang memasak. Sebelumnya, para warga telah berusaha memadamkan api namun tidak berhasil dan menyebabkan api merambat ke rumah tinggal sekitar TKP.

Gunung Agung Meletus Lagi, Warga Mulai Mengungsi

Gunung Agung yang terletak di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali mengeluarkan asap setinggi 1.500 meter pada Kamis (28/6/2018). Warga di sekitar gunung dilaporkan mulai mengungsi ke tempat aman.

Dalam situs resminya Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG menyebutkan bahwa Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, baru saja meletus. PVMBG menyebutkan Gunung Agung meletus pada pukul 15.52 WITA, Kamis sore, 28 Juni 2018.

PMI Bersama dengan USAID dan IFRC Luncurkan program kesiapsiagaan Pandemi 

Indonesia merupakan salah satu negara dengan penyakit berpotensi KLB dan Wabah/Epidemi. Sejak tahun 2003 hingga saat ini, WHO mencatat kasus Flu Burung A H5N1 sebanyak 859 kasus konfirmasi dengan 453 kematian yang tersebar di beberapa negara di antaranya adalah Azerbaijan, Bangladeh, China, Djibouti, Indonesia, India, Iraq, Kamboja, Nigeria, Pakistan, Thailand, Turki, Vietnam, Laos PDR, dan Myanmar.
 
Di Indonesia, Kasus Flu Burung atau Avian Influenza (A H5N1) pada manusia mulai menyebar sejak tahun 2005. Jumlah kasus yang dilaporkan dari Juni 2005 s.d. Desember 2016 sebanyak 199 kasus dengan 167 kematian. Kasus tersebar di 15 provinsi dan 58 Kabupaten/Kota. Beberapa kasus di antaranya merupakan kluster, namun hingga saat ini penularan masih terjadi dari unggas ke manusia. Kasus konfirmasi terakhir (sebelum kasus ke-200 di Klungkung Bali) adalah kasus cluster pada Maret 2015 di Kota Tangerang, Banten.
Subscribe to this RSS feed

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

805945