Menu

 

A Member Of 

Biro Humas PMI Pusat

500 Siswa SD Belajar Kesiapsiagaan Bencana

Palang Merah Indonesia (PMI) bekerjasama dengan PT Prudential Life Assurance memberikan edukasi kesiapsiagaan bencana untuk 500 siswa dari 5 sekolah dasar di Jakarta dan Banten.

Bertajuk Safe Steps For Kids, program kesiapsiagaan ini memberikan informasi praktis penyelamatan jiwa pada situasi darurat atau bencana khususnya pada anak-anak sekolah. Materi kesiapsiagaan akan berfokus pada 4 bencana yakni gempa bumi, kebakaran, banjir dan angin topan.

“Program ini sudah berjalan sejak 10 Agustus 2019 berakhir di September mendatang. Dengan awali di SDN 05 Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan,” Kata Kepala Divisi PMR dan Relawan PMI Pusat, Exkuwin Suharyanto Jumat (16/8/2019).

Konferensi PMR Siapkan Aksi untuk Aman Bencana.

Palang Merah Remaja (PMR) merupakan wadah pengembangan karakter dan jiwa relawan muda Palang Merah Indonesia (PMI) dilingkungan sekolah/madrasah.
PMI Provinsi Jawa Tengah  menyelenggarakan Konferensi PMR Wira tingkat Jawa Tengah pada 13-16 Agustus 2019, dengan tema Ayo Aksi Bersama untuk Aman Bencana. Peserta iikuti 35 peserta perwakilan Forum Palang Merah Remaja Indonesia (Forpis) Se-Jawa Tengah.
 
Ketua PMI Jateng H. Imam Triyanto mengungkapkan konferensi ini sebagai bentuk penghargaan dan wahana bagi PMR untuk memberikan masukan terkait kegiatan PMI. "Disini menjadi ajang remaja milenial, belajar dan mengembangkan jiwa kepalangmerahan yang kelak menjadi motor penggerak masa depan bagi lingkungan, nusa dan bangsa," ungkapnya saat membuka Konferensi yang diikuti 35 peserta perwakilan Forum Palang Merah Remaja Indonesia (Forpis) Se-Jawa Tengah di Pusdiklat PMI Jateng, Rabu (14/8).
 

Ketua PMI Kota Solok Buka Secara Resmi Pelatihan Simdondar

Kota Solok -  Ketua PMI Kota Solok, Yutris can, menyambangi sekaligus membuka pelatihan, Sistem informasi manajemen donor darah, (Simdondar), UDD PMI Kota Solok, Selasa (13 / 8).
 
Ketua PMI Kota Solok ,Yutris Can, menyampaikan pesan kepada seluruh karyawan UTD, bagaimana kita menjalankan misi kemanusian ini.  
 
“Tanggung jawab penuh kita sebagai organisasi yang bergerak untuk misi kemanusian dan menjadi harapan besar dari masyarakat Kota Solok, “ kata Yutris
 

Kekeringan meluas, PMI Droping air bersih

Banjarnegara -  Kekeringan yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir ini mengakibatkan beberapa wilayah mengalami krisis air bersih,  menurut data BPBD Banjarnegara jumlah desa yang mengalami krisis air bersih semakin meningkat.  Sebagai upaya melayani masyarakat untuk mendapatkan akses air bersih PMI Banjarnegara melakukan kegiatan pelayanan Distribusi air bersih ke lokasi terdampak kekeringan. 
 
Ketua PMI Banjarnegara Setiawan mengatakan kegiatan distribusi air bersih ini dilakukan dalam rangka membantu masyarakat yang membutuhkan air bersih,  disamping untuk membantu tugas pemerintah dalam rangka pelayanan prima kepada masyarakat. "kami jadwalkan selama satu bulan ini untuk relawan PMI setiap hari secara rutin melakukan Distribusi air bersih ke wilayah terdampak kekeringan"  ujarnya. 
 

Layanan Mobile Klinik PMI Jangkau Masyarakat Terdampak Karhutla

Relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pontianak melakukan penyisiran ke berbagai permukiman warga yang terdampak kabut asap dan terdekat dengan lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Pontianak, Kalimantan Barat. 
 
"Penyisiran yang kami lakukan ini selain untuk membagikan masker, juga melakukan pemeriksaan kesehatan warga terdampak kabut asap yang ditimhulkan dari karhutla," kata Kepala Markas PMI Kota Pontianak Lusi Nuryanti, 
 
Menurutnya, penyisiran ini bertujuan agar warga yang belum memiliki pelindung wajah dan saluran pernafasan bisa mendapatkan masker serta mengetahui kondisi kesehatan masyarakat. Sebab, akibat kabut asap tersebut beberapa warga sudah ada yang mengeluh terganggu pernafasannya.
 

Pamerkan Dokumentasi Sejarah, PMI Ajak Generasi Muda Peduli Kemanusiaan

Markas Besar Palang Merah Indonesia (PMI) mengajak sejumlah pihak peka terhadap isu kemanusiaan bangsa. Upaya mengasah kepekaan ini diantaranya dengan mengamati sejarah PMI. Hal itu terungkap saat PMI mengunjungi Pameran Foto Bingkai Persatuan di Museum Juang Taman Makam Pahlawan (TMP) Taruna, Sukasih, Kota Tangerang, Senin (12/8/2019).
 
Sebanyak lima arsip foto Mabes PMI yang dipamerkan dalam kesempatan tersebut dinilai mampu menggugah rasa kemanusiaan masyarakat. Humas Mabes PMI, Indra Yogasara mengatakan, sejumlah arsip tersebut menggambarkan perjuangan PMI dalam mencapai dan mempertahankan kemerdekaan.
 

Sambut Hut RI, PMI Bikin Lomba Mancing

Kota Tangerang - Dalam rangka menyambut hari ulang tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 74 berbagai cara dilakukan untuk memeriahkan kegiatan seperti perlombaan yang dilakukan oleh PMI Kecamatan Pinang dan LPM Kecamatan Pinang dengan mengadakan lomba mancing yang berlokasi dipemancingan kompor meledug, Kelurahan Cipete, Kecamatan Pinang Kota Tangerang.
 
Ketua PMI Kecamatan Pinang Mumu Rohimu mengatakan, kegiatan ini merupakan untuk memeriahkan dalam rangka menyambut Hut RI ke74 Tahun.
 
"Kegiatan lomba mancing ini baru pertama kali dilakukan dengan organisasi untuk para pencinta hobi mancing," ucapnya.
 

PMI Ikut Serta Dalam Acara Pameran Foto "Bingkai Persatuan"

Dalam rangka menyambut HUT Republik Indonesia ke-74, Kоmunіtаѕ Tаmаn Potret (Kotret) menggelar pameran foto bertajuk ‘Bingkai Persatuan’.
 
Pameran fotografi ini rencananya digelar mulаі 10-18 Aguѕtuѕ 2019 bertempat dі gеdung Muѕеum Juang Taman Mаkаm Pаhlаwаn (TMP) Tаrunа, Kоtа Tangerang.
 
Kepala Bаgіаn Humas Kota Tangerang Achmad Ricky Fauzan mewakili Pemkot Tangerang membuka pameran tersebut.
 

PMI Terus Maksimalkan Armada Pelayanan di lokasi Bencana di Sulteng

Palang Merah Indonesia (PMI) sampai saat ini masih terus memaksimalkan pelayanan di masa pemulihan di lokasi terdampak akibat bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi di Sulawesi Tengah (Sulteng).
 
Salahsatunya adalah peningkatan faktor pendukung armada pelayanan dalam penguatan kapasitas lokal di wilayah terdampak bencana.
 
Untuk itu, Dalam upaya mendukung pelayanan kemanusiaan di masa pemulihan di lokasi terdampak bencana, PMI provinsi sulawesi tengah menyerahkan bantuan dua unit ambulans kepada PMI kabupaten Parigi montong dan Kota Palu guna memaksimalkan pelayanan kesehatan di dua lokasi terdampak bencana tersebut.
 

5 Kecamatan di Tegal Kekeringan, PMI Distribusi Air Bersih

Puluhan desa yang tersebar di lima kecamatan di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah masih dilanda kekeringan. Bahkan kondisinya semakin parah. Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Palang Merah Indonesia (PMI) terus menyalurkan bantuan air bersih untuk membantu warga yang mengalami kekeringan.

“Pendistribusian bantuan air bersih hari ini kami salurkan untuk warga di Desa Kertasari RT 01/RW 04. Sebanyak satu tangki dengan kapasitas 4.000 liter. Jumlah penerima bantuan sebanyak 127 kepala keluarga atau 236 jiwa,” kata Mundir Petugas BPBD Kabupaten Tegal.

Subscribe to this RSS feed

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

167209