Menu

 

A Member Of 

#CegahCampakRubella dengan Imunisasi MR Featured

Latar Belakang

Indonesia berkomitmen untuk menurunkan angka kesakitan penyakit Campak dan Rubela  atau Measles and Rubella/ MR hingga tahun 2020 sebesar 95% dari angka tahun 2008. Oleh karena itu, Kementerian Kesehatan RI dan Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar Kampanye sekaligus Vaksinasi MR fase pertama (Agustus dan September 2017) di seluruh provinsi di Pulau Jawa (6 provinsi dan 119 kab/kota). Kampanye ini menargetkan sekitar 36.776.100 atau 55% dari populasi Indonesia dengan target anak usia 9 bulan sampai dengan dibawah 15 tahun.

Pelaksanaan kampanye Imunisasi MR fase pertama ini dibagi menjadi 2 taha:

  • Tahap 1 pada AGUSTUS, yaitu pemberian Imunisasi MR di seluruh SEKOLAH yang terdiri dari sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-kanak, SD/MI/sederajat, SDLB dan SMP/MTs/sederajat dan SMPLB.
  • Tahap 2 pada SEPTEMBER, yaitu pemberian Imunisasi MR di POS-POS PELAYANAN IMUNISASI LAINNYA, seperti Posyandu, Polindes, Poskesdes, Puskesmas, Puskesmas pembantu, Rumah Sakit, dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya.

Dalam Kampanye MR ini, PMI bertujuan untuk:

  • Membantu pemerintah dalam mencapai target 95% anak usia 9 bulan- di bawah 15 tahun terimunisasi
  • Membantu pemerintah dalam menyebarluaskan informasi kegiatan Imunisasi MR (awareness)
  • Membantu pemerintah dalam menyebarluaskan informasi jadwal kegiatan Imunisasi MR

Dalam kampanye ini, tugas PMI adalah memobilisasi sukarelawannya untuk melakukan sosialisasi edukasi tentang penyakit campak dan rubella serta adanya Imunisasi MR kepada orangtua/pengasuh anak melalui kunjungan dari rumah ke rumah (bouse to house). Anggota Palang Merah Remaja (PMR) juga dilibatkan dalam kampanye ini, terutama untuk memberikan sosialisasi di sekolah-sekolah kepada teman-temannya (peer to peer). PMI juga menyasar anak-anak jalanan agar mereka dapat mendapatkan Imunisasi MR yang akan dilakukan secara gratis selama Agustus-September ini.

Informasi selengkapnya dapat menghubungi: Divisi Kesehatan PMI, Tlp: 021-7992325 ext. 230-231, atau melalui media sosial dengan hastag #TanyaPMI 

Last modified onSenin, 24 Juli 2017 07:16

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id