Menu

 

A Member Of 

Biro Humas PMI Pusat

PMI Siapkan Fasilitas Antar Jemput Anak Sekolah di Bali

Aktifitas vulkanik Gunung Agung beberapa waktu terakhir mengalami peningkatan mulai dari dari Level I (normal), Level II (waspada) pada tanggal 14 September 2017, level III (siaga) pada tanggal 18 September 2017 serta level IV (awas) sebagai level tertinggi pada tanggal 22 September 2017 yang telah ditetapkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Sedangkan Palang Merah Indonesia (PMI) sendiri sudah mulai aktif berkegiatan di Posko Utama Tanah Ampo sejak tanggal 19 September 2017 paska penetapan status waspada menjadi Siaga oleh PVMBG.

Sampai saat ini (19/10), tidak terasa 1 (satu) bulan sudah PMI melaksanakan operasi Siaga Darurat Gunung Agung. Dalam kaitan ini berbagai upaya telah dilakukan PMI Bali dan juga instansi lainnya dalam memfasilitasi kebutuhan masyarakat terdampak yang tersebar di berbagai titik pengungsian Kabupaten/Kota se-Bali. Beberapa kegiatan yang dilakukan PMI antara lain Evakuasi masyarakat di Kawasan Rawan Bencana (KRB), dukungan pelaksanaan kegiatan dapur umum (DU), pendataan pengungsi dan lokasi pengungsian, penyediaan air bersih, pembangunan sarana MCK bagi masyarakat terdampak sampai dengan pelayanan dan promosi kesehatan serta dukungan psikososial bagi anak-anak terdampak.

Indonesia Berzakat Salurkan Donasi Melalui PMI

Penderitaan masyarakat terdampak konflik di Myanmar terus menjadi sorotan publik internasional, memicu aksi solidaritas dari berbagai pihak. Di Indonesia, penggalangan dana bantuan untuk masyarakat Myanmar terus mengalir, termasuk yang dikoordinir Indonesia Berzakat (IB) - sebuah Lembaga Amil Zakat (LAZ) besutan organisasi kemasyarakatan Syarikat Islam (SI).
 
Minggu (15/10/2017, Indonesia Berzakat berhasil menghimpun dana sejumlah 50 juta rupiah. "Dan untuk tahap awal, donasi umat ini akan kami salurkan melalui Palang Merah Indonesia," jelas Hamdan Zoelva, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, yang kini memimpin Syarikat Islam.

Warga Wringin Nikmati Air Bersih

KARANGKOBAR – Sebanyak 139 Rumah di dusun wringin, Purwodadi kecamatan karangkobar kini sudah dapat menikmati akses air bersih langsung kerumah. Langkah tersebut merupakan pencapaian dari program Water Sanitation And Higyene (WASH) PMI Kabupaten Banjarnegara yang merupakan donasi dari Korean Red Cross Chapter Incheon.

Kordinator Lapangan Program WASH PMI Kabupaten Banjarnegara Heri Yulianto mengatakan, pencapaian tersebut merupakan komitmen dan kerja keras seluruh team, relawan desa dan masyarakat sekitar yang kian sadar tentang arti hidup bersih dan sehat. “kini masyarakat bisa langsung menikmati air bersih kerumah, jamban dan Kamar mandi tanpa bersusah payah ngangsu atau mengambil di bak penampungan irigasi “ ujarnya.

Sinergi PMI dan Masyarakat dalam Siaga Darurat Gunung Agung

Status aktivitas vulkanik Gunung sampai saat ini masih di level IV (Awas) yang telah ditetapkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sejak tanggal 22 September yang lalu. Palang Merah Indonesia (PMI) masih melaksanakan aktifitasnya untuk membantu masyarakat terdampak. Berbagai upaya dilakukan PMI Bali dan juga instansi lainnya untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat yang mengungsi di berbagai titik pengungsian yang tersebar pada seluruh Kabupaten/Kota di Bali. Beberapa kegiatan yang dilakukan PMI antara lain Evakuasi masyarakat di Kawasan Rawan Bencana (KRB), dukungan pelaksanaan kegiatan dapur umum (DU), pendataan pengungsi dan lokasi pengungsian, penyediaan air bersih, pembangunan sarana MCK bagi masyarakat terdampak sampai dengan pelayanan dan promosi kesehatan serta dukungan psikososial bagi anak-anak terdampak.

Seperti operasi PMI yang dilaksanakan pada titik pengungsian Banjar Tenganan Pegringsingan, dimana PMI juga melaksanakan kegiatan Promosi Kesehatan (Promkes), Pelayanan Kesehatan (Yankes), Dukungan Psiko Sosial (PSP), sosialisasi siaga Gunung Agung sampai dengan dukungan Shelter terpadu melalui pembangunan 4 (empat) unit MCK di sekitar lokasi pengungsian. Dan salah satu tantangan yang ada dalam pelaksanaan kegiatan di Desa Tenganan Pegringsingan adalah dimana transportasi hanya sampai pada areal parkir, sedangkan untuk menuju lokasi pengungsian yang berjarak sekitar 300 m hanya bisa diakses melalui motor atau berjalan kaki.

Subscribe to this RSS feed

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id