Menu

 

A Member Of 

Jusuf Kalla Resmikan Sekolah Ramah Gempa dan Masjid untuk Masyarakat NTB Featured

Jusuf Kalla, Ketum PMI menandatangani prasasti persmian sekolah dan ramah gempa Jusuf Kalla, Ketum PMI menandatangani prasasti persmian sekolah dan ramah gempa

Wakil Presiden RI M Jusuf Kalla selaku Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) meresmikan 5 sekolah ramah gempa dan 3 masjid bantuan PMI, di Markas PMI NTB, Sabtu (3/8). Bantuan sekolah ramah gempa dan masjid tersebut berlokasi di Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara dan Lombok Timur yang merupakan wilayah terdampak gempa bumi yang melanda NTB pada 2018 lalu.  

Peresmian bangunan sekolah ramah gempa dan masjid ini ditandai dengan penandatanganan delapan prasasti oleh Jusuf Kalla. Dalam sambutannya, Jusuf Kalla mengatakan gempa yang melanda NTB beberapa waktu lalu telah merusak bangunan termasuk sekolah dan masjid. Melalui bantuan ini, Ketua Umum berharap masyarakat dapat memanfaatkan sekolah dan masjid dengan sebaik-baiknya. 

‘’Anak-anak dan para guru dapat kembali melakukan kegiatan belajar mengajar dengan rasa aman karena bantuan sekolah ini dibangun dengan bahan ringan sehingga ramah gempa. Masyarakat juga dapat memanfaatkan masjid baru ini untuk beribadah,’’ kata Jusuf Kalla.

Ke delapan bangunan yang diresmikan tersebut yaitu SDN 2 Gumantar, Lombok Utara, SDN 1 Dangiang, Lombok Utara, Madrasah Tsanawiyah (MTS) Nahdlatul Wathan Pangsor Gunung, Lombok Timur, SDI Obel-Obel Lombok Timur, SDI Asyababiyah, Lombok Barat, Masjid Nurul Anshor Tibuharapan di Lombok Timur, Masjid Nurul Muttakin di Lombok Utara, dan Masjid Nurul Iman di Lombok Tengah. Sementara itu masyarakat dan PMI saat ini masih dalam proses membangun tiga bangunan masjid lainnya, yaitu Masjid Quba’, Lombok Barat dan Masjid Al-Muhajirin serta Masjid Al-Muttakin di Lombok Utara.

Dalam peresmian ini, Jusuf Kalla juga menyaksikan secara simbolis bantuan 1 kendaraan tangki air dan 2 kendaraan ambulans dari Taiwan Economic Trade Office (TETO) serta 1 kendaraan ambulans dari PT. Samsung Electronic Indonesia. Bantuan ini diserahkan kepada Ketua PMI Provnsi NTB.

Data PMI per 2 Agustus 2019, bantuan PMI untuk masyarakat terdampak gempa bumi selama masa rehabilitasi dan pemulihan di NTB berupa distribusi 25.554.500 liter air bersih kepada 193.056 penerima manfaat, membangun pipanisasi sepanjang 46.907 meter, membangun 2 sekolah darurat, 22 tempat ibadah darurat, pelayanan kesehatan kepada sekitar 13.429 penerima manfaat, promosi kebersihan menjangkau 23.762 penerima manfaat, dan dukungan psikososial kepada 20.355 penerima manfaat.

 

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi; Ir. H. Rudy Razak CES, Koordinator Humas PMI NTB, HP. 0813 5352 2727 atau Nurul Izzati, HP. 0818 0545 1347.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

204713