Menu

 

A Member Of 

Simulasi Kesiapsiagaan PMI dalam Menghadapi PEMILU 2019 Featured

Jakarta (25/3) – Konflik Sosial merupakan bagian dari bencana sosial, termasuk aksi teror/sabotase. Konflik sosial dimaknai sebagai suatu kondisi dimana terjadi huru-hara/kerusuhan atau perang atau keadaan yang tidak aman di suatu daerah tertentu yang melibatkan lapisan masyarakat, golongan, suku, ataupun organisasi tertentu. Indonesia pada tahun ini menyelenggarakan perhelatan besar PEMILU (Pemilihan Umum) Presiden/Wakil Presiden RI, DPD. Potensi konflik dapat muncul karena berbagai sebab antara lain; penyelesaian kasus hukum yang tidak transparan dan tidak adil, perebutan sumber daya alam, masalah sengketa lahan, masalah budaya, SARA, ketidakadilan, ketimpangan sosial atau pun kebijakan yang tidak mendukung politik.

Palang Merah Indonesia sebagai perhimpunan/organisasi yang bertujuan meringankan beban penderitaan sesama manusia dengan tidak membedakan agama, suku, bangsa, golongan, warna kulit, dan jenis kelamin, sampai saat ini masih terus membantu pemerintah dalam meringankan penderitaan masyarakat yang terkena musibah maupun bencana.

PMI yang mempunyai tugas salah satunya pelayanan kesehatan adalah memberikan bantuan pelayanan ambulans dan pelayanan medis lainnya disaat damai maupun disaat bencana atau terjadinya kejadian luar biasa. Dalam hal ini, PMI mengantisipasi gangguan kesehatan pada perhelatan pemilu yang akan berlangsung 17 April 2019. PMI juga melakukan pelayanan yaitu siaga ambulans di titik rawan pada saat kampanye, hari pemilihan dan perhitungan hasil pemilihan. PMI selalu berkoordinasi dengan stakeholder terkait, seperti kepolisian, dinas kesehatan, badan penanggulangan bencana dalam menjalankan setiap tugas-tugasnya, termasuk siaga ambulans pemilu.

Untuk mendukung kesiapsiagaan pelayanan ambulans PMI, dalam menghadapi PEMILU 2019 PMI Provinsi DKI Jakarta melakukan simulasi pelayanan kesehatan dasar darurat untuk meningkatkan keterampilan para petugas ambulans PMI dan sukarelawan yang bertugas.

Simulasi tersebut diikuti oleh unsur PMI, ICRC, TNI/POLRI, Dinas Kesehatan, Dinas Pemadam Kebakaran di lapangan Monas.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

140405