Menu

 

A Member Of 

PMI Luncurkan Dan Bedah Buku 70 tahun PMI Featured

Plh ketum PMI, Ginadjar Kartasasmita memberikan buku 7o tahun PMI kepada Rektor UI, Prof Dr. Muhammad Anis, M. Met Plh ketum PMI, Ginadjar Kartasasmita memberikan buku 7o tahun PMI kepada Rektor UI, Prof Dr. Muhammad Anis, M. Met

Palang Merah Indonesia (PMI) Bekerjasama dengan Universitas Indonesia (UI), menggelar acara Bedah Buku 70 Tahun PMI "Mengabdi untuk Kemanusiaan dan Kemerdekaan" yang Di gelar Di Aula Apung Universitas Indonesia, Kamis (29/09) yang dihadiri langsung oleh Plh. Ketua Umum PMI bersama dengan Rektor UI, Muhammad Anis.

Ginandjar dalam peluncuran buku ini mengatakan, Buku Sejarah Palang Merah Indonesia sejak berdirinya baru dibuat untuk pertama kali ini setelah berusia 70 tahun. Dalam penyusunan buku ini banyak informasi dasar berbentuk foto, artikel, dan kliping yang digunakan. 

Dalam pengumpulan informasi ini PMI bekerjasama dengan Kantor Berita Nasional Antara dan Arsip Nasional serta sejumlah ahli sejarah. Informasi dan berbagai dokumen juga didapatkan dari Palang Merah Belanda.

"Atas penerbitan buku ini kami menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses penyusunan buku ini. Diharapkan buku ini menjadi bahan bacaan yang menarik  dan menjadi rujukan bagi semua pihak di dalam maupun di luar lingkungan Palang Merah Indonesia, terutama bagi para pemuda, pelajar dan mahasiswa." Jelas Ginandjar.

Dalam sejarahnya, PMI didirikan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 17 September 1945, diketuai oleh Wakil Presiden RI, Drs. M. Hatta. PMI adalah organisasi pertama yang didirikan, sebulan setelah proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Yang tidak kalah pentingnya, keberadaan PMI sangat diperlukan bagi sebuah negara agar keberadaannya diakui secara internasional.

Dari fakta sejarah tersebut dapat dilihat dengan jelas bahwa PMI tidak dapat dipisahkan dari sejarah kemerdekaan Indonesia. PMI diakui secara internasional oleh Komite Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional (International Committee of the Red Cross, ICRC) pada 15 Juni 1950, dan Federasi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional (International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies, IFRC) sebagai anggota ke 68 pada 16 Oktober 1950. 

Selain acara Bedah buku, dalam kesempatan ini juga dilakukan Pameran Foto kegiatan PMI dan juga aksi donor darah oleh civitas akademika UI. 

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi; exkuwin suharyanto, kepala divisi sukarelawan PMI, HP. 08129658624, Kontak Media, Anggun Permana Sidiq, HP. 085697777313

Last modified onJumat, 30 September 2016 07:32

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id