Menu

 

A Member Of 

PMI Tuan Rumah Pertemuan Tahunan Pimpinan Palang Merah Se-Asia Tenggara ke-13 Featured

Hamid Awaluddin, Head of international affair of PMI, Hamid Awaluddin, Head of international affair of PMI,

Palang Merah Indonesia (PMI) menjadi tuan rumah pertemuan tahunan pimpinan Palang Merah-Bulan Sabit Merah se-Asia Tenggara (Annual South-East Asia Red Cross Red Crescent Leadership Meeting) ke-13 yang diselenggarakan sejak 26 hingga 28 September 2016 di Jakarta. Ini adalah  pertemuan  para pemimpin Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah di kawasan Asia Tenggara, dengan dukungan penuh Federasi Internasional Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) dan Komite Internasional Palang Merah (ICRC). Pertemuan ini  bertujuan membahas berbagai kepentingan terkait Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (Gerakan) di kawasan Asia Tenggara. Tema pertemuan kali ini adalah keberlanjutan (sustainability) pelayanan Perhimpunan Nasional melalui mobilisasi sumber daya, kekuatan manajemen, serta penguatan relawan.

Hadir dalam pertemuan ini para pimpinan dari Palang Merah Indonesia bersama sembilan perhimpunan nasional palang merah-bulan sabit Merah di kawasan Asia Tenggara yakni Bulan Sabit Merah Brunei Darussalam, Palang Merah Kamboja, Palang Merah Laos, Bulan Sabit Merah Malaysia, Palang Merah Myanmar, Palang Merah Filipina, Palang Merah Singapura, Palang Merah Thailand, dan Palang Merah Vietnam. Hadir pula pimpinan dari Cruz Vermelha Timor Leste (CVTL atau Palang Merah Timor Leste) sebagai peninjau.

“Pertemuan ini merupakan wadah penting untuk menguatkan jejaring, koordinasi, dan kerjasama antar perhimpunan nasional di kawasan Asia Tenggara bersama dengan IFRC dan ICRC untuk membicarakan tugas perhimpunan nasional agar dapat disetujui dan ditindaklanjuti secara bersama-sama,” jelas Pelaksana Harian Ketua Umum PMI, Ginandjar Kartasasmita.

Pertemuan ini juga membahas tindak lanjut hasil Konferensi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah di Jenewa Swiss 2015 lalu, yaitu tentang penguatan komunikasi dan koordinasi antar komponen Gerakan.

“Sangat penting bagi perhimpunan nasional, IFRC, dan ICRC untuk saling bekerjasama dengan lebih baik dalam berbagai keadaan,” kata Ginandjar.

Seiring dengan para pemerintah negara ASEAN yang telah sepakat dalam slogan ‘One ASEAN One Response”, Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah di kawasan ini dituntut untuk bekerja sama dan bersinergi untuk memberi kontribusi, khususnya pada situasi bencana dan krisis. Organisasi Palang Merah dapat memainkan perannya sebagai pendukung pemerintah (auxiliary role to government). Kerja sama dan sinergi ini salah satunya diwujudkan melalui kampanye “One Billion Coalition”, sebuah koalisi untuk membangun jejaring dan aliansi antara palang merah dengan parapihak, termasuk pemerintah, untuk membangun ketangguhan masyarakat.

Untuk informasi lebih lanjut: Arifin Muhammad Hadi, Ketua Pelaksana Asian Leadership Meeting, HP. 0812 977777 55 Kontak Media, Anggun Permana Sidiq, HP. 0856 97777 313 

Last modified onSelasa, 27 September 2016 07:21

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id