Menu

 

A Member Of 

Jumbara PMR Tingkat Nasional VIII Digelar Featured

Layar perahu yang menjadi logo kegiatan Jumbara PMR VIII, dibentangkan dalam pembukaan Jumbara PMR 2016 (26/7) Layar perahu yang menjadi logo kegiatan Jumbara PMR VIII, dibentangkan dalam pembukaan Jumbara PMR 2016 (26/7)

Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar kegiatan Jumpa Bakti Gembira (JUMBARA) Palang Merah Remaja (PMR) Tingkat Nasional VIII di Kabupaten Pangkajene Kepulauan, Sulawesi Selatan. Tidak kurang dari 2.500 peserta JUMBARA yang terdiri dari PMR dari seluruh Indonesia dan 10 Perhimpunan Nasional negara sahabat (Vietnam, Thailand, Kamboja, Pulau Solomon, Timor Leste, Brunei Darussalam, Italia, Jepang, Myanmar, dan Filipina) mengikuti ajang lima tahunan ini. Mereka berkumpul di Bumi Perkemahan Tonasa I, Kabupaten Pangkajene Kepulauan, untuk saling berbagi, melakukan evaluasi, meningkatkan pengetahuan, sikap, dan ketrampilan dalam suasana gembira, bersahabat, dan partisipatif.

“Kami mengusung tema Pandai Manusiawi dan Responsif pada Jumbara tahun ini,” kata Ketua Panitia Penyelenggara JUMBARA PMR Nasional VIII, Muhammad Muas.

Ia menjelaskan, tujuan pelaksanaan ajang lima tahunan ini adalah untuk meningkatkan karakter kepalangmerahan serta peranan remaja PMI sebagai pendidik sebaya melalui pendekatan ketrampilan hidup.

“Kegiatan kompetitif dalam Jumbara diharapkan akan semakin meningkatkan kemampuan dan kepandaian anggota PMR terutama dalam menangani masalah kemanusiaan,” jelas Muhammad Muas.

Wakil Presiden Jusuf Kalla sekaligus Ketua Umum PMI hadir membuka secara langsung rangkaian kegiatan JUMBARA yang digelar mulai Senin (25/7/2016) hingga Minggu (31/7/2016). Dalam acara pembukaan Jumbara, turut hadir Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan; Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar; Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara; dan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Budi Waseso.

Kehadiran sejumlah menteri juga untuk melakukan penandatanganan nota kesepahaman antara PMI dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika mengenai peningkatan layanan kepalangmerahan dengan mengoptimalisasi pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tentang pembinaan dan pengembangan kegiatan kepalangmerahan di satuan pendidikan, dan dengan Badan Narkotika Nasional tentang pencegahan penyalahgunaan narkoba dalam rangka darurat narkoba.

Di sela-sela acara pembukaan, Wakil Presiden RI memberikan penghargaan kepada sejumlah pihak yang telah memberikan dukungan bagi pengembangan sukarelawan PMI, terutama dalam penyelenggaraan kegiatan terkait sukarelawan. Pihak-pihak yang mendapatkan penghargaan tersebut adalah Gubernur Sulawesi Selatan, Gubernur Sumatera Selatan, Gubernur DKI Jakarta, Gubernur Jawa Timur, Gubernur Gorontalo, Bupati Malang, Bupati Sleman, Bupati Pangkep, Direktur Utama Lion Air, Direktur Utama Maspion dan Direktur Utama Semen Tonasa.  

Dalam kesempatan JUMBARA kali ini, Menteri Komunikasi dan Informatika meluncurkan prangko seri JUMBARA PMR Tingkat Nasional VIII 2016 yang ditandai dengan penandatanganan sampul hari pertama Jumbara PMR Tingkat Nasional VIII 2016 oleh Wakil Presiden RI.

Usai penandatanganan, Wakil Presiden Jusuf Kalla melakukan penanaman pohon mangrove secara simbolis di Desa Maccini Baji, Kecamatan Labakkang, Kabupaten Pangkajene Kepulauan. Sebanyak 250 anggota PMR ikut serta menanam pohon mangrove bersama Ketua Umum PMI sebagai bagian dari upaya pemeliharaan lingkungan dan pengurangan risiko bencana wilayah pesisir. Sejauh ini lahan seluas 5 hektar di Desa Maccini Baji telah ditanami pohon mangrove.

 

Kegiatan JUMBARA PMR Tingkat Nasional VIII

Peserta JUMBARA yang mewakili kontingen PMI Provinsi akan berkemah di lokasi perkemahan yang telah disiapkan oleh panitia penyelenggara. Selama rangkaian JUMBARA berlangsung, peserta akan mengikuti 18 kegiatan yang terbagi dalam tiga bidang; Jumpa, Bakti, dan Gembira.

Pada Bidang Jumpa, setiap peserta diarahkan untuk saling berbagi pengetahuan, sikap, ketrampilan, dan menjalin persahabatan. Kegiatan pada bidang ini meliputi Youth Station, Jurnalistik Remaja, Social Enterpreneurship, Remaja Tangguh, Lokakarya, Ngobrol bareng PMR, International Youth Conference, dan Hukum Perikemanusiaan Internasional (HPI) PMR.

Sementara itu di Bidang Bakti, peserta akan terlibat dalam kegiatan penanaman 10 juta pohon bambu, mengunjungi panti werdha dan panti sosial, mempromosikan pertolongan pertama, menukar hasil karya antar peserta dan kontingen, mengikuti pameran hasil karya PMR, dan membuat majalah dinding (Mading) dan Koran Jumbara.

Sedangkan pada Bidang Gembira, PMR akan melakukan kegiatan yang menumbuhkan kegembiraan sesuai dengan karakter remaja, yaitu olahraga persahabatan, wahana kepalangmerahan, pemilihan PMR favorit, pentas seni, anjangsana, kunjungan budaya dan wisata lokal Sulawesi seperti Tana Toraja, Bantimurung, Port Rotterdam, Tanjung Bira, dan pasar trandisional.

Kegiatan Jumbara PMR PMI merupakan bagian dari strategi pembinaan remaja yang dilakukan oleh Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional. PMI senantiasa terus mengajak para remaja untuk dapat bergabung sebagai anggota PMR di sekolah sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia sejak dini.

Acara ini didukung oleh Toyota, BCA, Namosco, Daya Group dan Net TV.

Untuk informasi lebih lanjut: Divisi PMR dan Relawan Markas Pusat PMI, Tlp. 021-7992325. Kontak Media: Biro Humas Markas Pusat PMI, Tlp. 021-7992325, ext. 300.

Last modified onKamis, 28 Juli 2016 03:40

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id