Menu

 

A Member Of 

Operasi Tanggap Darurat PMI untuk Bencana Kabut Asap Featured

Jusuf Kalla, Ketua Umum PMI mencoba masker N95 yang akan di distribusikan PMI ke Sumatera dan Kalimantan (29/10) Jusuf Kalla, Ketua Umum PMI mencoba masker N95 yang akan di distribusikan PMI ke Sumatera dan Kalimantan (29/10)

Palang Merah Indonesia (PMI) telah melakukan kegiatan tanggap darurat terhadap bencana asap di Sumatera dan Kalimantan, dengan pendistribusian masker sebanyak 700 ribu dan bekerjasama dengan instansi-instansi Pemerintah pusat/daerah memberikan pelayanan kesehatan masyarakat.

Kegiatan tanggap darurat ini akan ditingkatkan sehubungan makin bertambahnya jumlah anggota masyarakat yang terkena dampak bencana kabut asap. Meskipun hujan sudah mulai turun dan titik-titik api sudah mulai berkurang, namun diperkirakan kabut asap masih akan mengganggu kehidupan dan kesehatan masyarakat.

Sehubungan dengan itu, telah disusun rencana operasi tanggap darurat yang dilaksanakan selama 3 bulan, mulai November 2015 sampai dengan Januari 2016 yang meliputi:

  • Memastikan kegiatan operasional rutin PMI tetap berjalan dalam kondisi bencana kabut asap diantaranya: Unit Donor Darah, Markas/Posko dan ambulans.
  • Menjadikan markas PMI Provinsi/Kabupaten/Kota menjadi Rumah Singgah (shelter) yang dilengkapi peralatan-peralatan seperti utamanya air purifier, tempat tidur  (valbed), tabung masker dan obat-obatan.
  • Membantu ketersediaan air bersih dengan mengirim kendaraan-kendaraan tangki dan alat penjernih air.
  • Pendistribusian tambahan masker.
  • Pelayanan kesehatan dan pertolongan pertama kepada masyarakat di wilayah yang terpapar asap paling parah dengan memobilisasi tim medis, termasuk diantaranya pendistribusian vitamin obat tetes mata dan lain-lain.
  • Pelayanan khusus di pengungsian untuk kelompok rentan yaitu: anak-anak, Ibu hamil, Ibu menyusui, lansia dan disabilitas

Operasi Tanggap Darurat PMI untuk bencana kabut asap ini dilepas oleh Wakil Presiden yang juga adalah Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla di PMI Pusat pada hari Kamis (29/10). Dimulai dengan pengiriman ke wilayah Sumatera, 10 kendaraan tangki air, 2 alat penjernih air dan 10 ambulans yang akan difokuskan di wilayah terdampak kabut asap. Bantuan dilengkapi dengan 100 ribu masker N95, 150 ribu masker Evo, penyaring udara (air purifier) dan obat tetes mata.

Untuk wilayah Kalimantan akan dikirimkan Tangki Air dan bahan-bahan lainnya dari gudang regional PMI di Surabaya.

Operasi ini mendapat bantuan dari USAID melalui Palang Merah Amerika dan Kedubes Australia kepada Federasi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional (IFRC), yang diserahkan kepada PMI sebagai pelaksana operasi.

Bagi masyarakat yang ingin berpartsipasi membantu bencana asap, dapat mengirimkan bantuannya melalui nomor rekening PMI:

NAMA BANK

: MANDIRI

CABANG

: KCP JKT KRAKATAU STEEL

Swift Code

: B M R I I D J A

ATAS NAMA

: Palang Merah Indonesia

NO. REKENING

: 070-00-0011601-7

 

 

NAMA BANK

: BCA

CABANG

: KCU THAMRIN

Swift Code

: C E N A I D J A

ATAS NAMA

: Kantor Pusat PMI

NO. REKENING

:  206.300668.8

 

 

NAMA BANK

: BRI

CABANG

: KC Pancoran

Swift Code

: B R I N I D J A

ATAS NAMA

: Palang Merah Indonesia

NO. REKENING

: 0390-01-000030-30-3

 

Untuk informasi lebih lanjut: dr. Arfan Fatturahman, Kepala Div. Kesehatan, Markas Pusat PMI, HP.   atau Arifin M. Hadi, Kepala Divisi Penanganan Bencana Markas Pusat PMI, HP. 0811 atau kontak Media, Anggun Permana Sidiq, HP. 085697777313

Last modified onSenin, 02 November 2015 08:44

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

760750