Menu

 

A Member Of 

DM Meeting 2015 Resmi Dibuka Featured

Ritola Tasmaya, Sekjen PMI membuka kegiatan PRB 2015di Hotel Aston, Solo (16/10) Ritola Tasmaya, Sekjen PMI membuka kegiatan PRB 2015di Hotel Aston, Solo (16/10)

Indonesia merupakan Negara yang memiliki potensi tinggi terjadinya berbagai jenis bencana. Berdasarkan catatan sejarah, Indonesia telah mengalami beberapa bencana dengan skala sangat besar atau “Catastrophe”. Salah satu bencana yang membuka paradigma Indonesia dan dunia adalah Tsunami pada tanggal 26 Desember 2004, termasuk gempa ketiga terbesar dalam sejarah kegempaan di dunia. Selain mengakibatkan banyak kerusakan dan korban, juga sebagai titik awal kebangkitan paradigma pengurangan risiko bencana di Indonesia.

Dalam paradigma baru untuk penanggulangan bencana, disadari bahwa kompleksitas dari strategi penanganan permasalahan bencana memerlukan suatu kerjasama dan dukungan semua pihak dalam penanggulangannya terutama dalam upaya mengembangkan budaya pengurangan risiko bencana, sehingga dapat dilaksanakan secara terarah dan terpadu.Untuk itu, dalam rangka untuk mempromosikan budaya pengurangan risiko bencana, termasuk pencegahan bencana, mitigasi dan kesiapsiagaan, ditetapkan tanggal 13 Oktober sebagai hari peringatan Pengurangan Risiko Bencana Internasional (International Day for Disaster Risk Reduction).

Tahun ini, kegiatan Peringatan PRB Nasional diselenggarakan pada 16 – 18 Oktober 2015 di Solo – Jawa Tengah. Beberapa kegiatan yang diselenggarakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) antara lain; DM Meeting, Seminar mengenai kebencanaan, Pameran dan Kunjungan ke Desa Semanggi, yang merupakan desa yang berhasil melakukan program pengurangan risiko terpadu.

Ritola Tasmaya selaku Sekertaris Jenderal PMI dalam sambutannya menyampaikan Acara PRB ini sangat baik bagi PMI dan para stakeholder guna membangun jejaring yang semakin luas antar stakeholder dan pihak-pihak lainnya yang memiliki fokus yang sama dibidang kebencanaan (16/10).

“Program resilience adalah program membangun ketahanan masyarakat desa. Peraturan UU Desa dapat menjadi inspirasi bagi PMI untuk mengembangkan kegiatan PMI di Masa Mendatang.” Jelasnya.

Diakhir sambutannya sekaligus membuka acara DM Meeting dan Pengurangan Risiko Bencana, Beliau menyatakan harapannya kedepan PMI bersama pemerintah, pihak swasta dan masyarakat dapat bersama-sama membangun masyarakat yang Aman, Tangguh dan Kuat.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : Arifin M. Hadi, Kadiv Penanggulangan Bencana PMI Pusat, Hp: 081297777755

Last modified onSabtu, 17 Oktober 2015 21:06

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

114709