Logo
Print this page

PMI dan Pemerintah Berikan Penghargaan Kepada 950 DDS 100 Kali Featured

PMI dan Pemerintah Berikan Penghargaan Kepada 950 DDS 100 Kali

Sebagai apresiasi kepada Donor Darah Sukarela (DDS) di dalam bidang donor darah, Palang Merah Indonesia (PMI) bersama dengan pemerintah menganugerahkan  penghargaan Satyalancana Kebaktian sosial kepada 950 DDS 100 Kali. Acara penganugerahan dilaksanakan di Ballroom Puri Agung, Hotel Grand Sahid Jaya pada Selasa (17/12). Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono menyerahkan secara simbolis penghargaan Satyalancana ini kepada 21 perwakilan DDS dari 21 Provinsi di Indonesia

 

 

 

Dasar pemberian Tanda Kehormatan Satyalancana Kebaktian Sosial adalah Peraturan Pemerintah RI No. 32 th 1959 tertanggal 26 Juni 1959 tentang Tanda Kehormatan Satyalancana Kebaktian Sosial (SLKS), yang diberikan untuk menghargai warga negara Indonesia yang berjasa besar dalam lapangan perikemanusiaan pada umumnya atau dalam bidang perikemanusiaan tertentu pada khususnya.

 

Untuk itu mulai pada tahun 1970, Kementerian Sosial RI pertama kali mengusulkan untuk 3 orang Donor Darah Sukarela (DDS) 100 kali untuk mendapatkan SLKS tersebut. Hal tersebut terus berlangsung sampai saat ini sudah 4.968 orang DDS yang terima Tanda Kehormatan SLKS.

 

Untuk menghargai para DDS 100 kali tersebut yang minimal sudah menyumbangkan 30 liter darahnya, PMI menyelenggarakan upacara penganugerahan Tanda Kehormatan SLKS langsung oleh Bapak Presiden. 

 

Dalam sambutannya, Presiden RI SBY menyatakan rasa terima kasih atas rasa kepedulianpara pendonor darah yang telah menyumbangkan darahnya secara sukarela. Lebih lanjut Presiden SBY mengatakan, dengan mendonorkan darah, berarti memberikan hadiah bagi kehidupan orang lain sesuai dengan tema hari donor darah Sedunia 2013, “Give the gift of life: Donate Blood.”

 

Dalam kesempatan ini, Ketua Umum PMI Jusuf Kalla jugamenegaskan bahwa para DDS ini merupakan salah satu  jaminan bagi penerimaan darah yang aman, karena mereka selalu menjaga kesehatannya untuk selalu mendonorkan darah secara rutin.

 

“Untuk mencapai 100 kali donor dibutuhkan waktu sekitar 25 tahun, dalam satu tahun mereka 4 kali mendonorkan darahnya. Selain itu, mereka selalu menjaga kesehatannya untuk mendonorkan darahnya, yang aman bagi orang-orang yang membutuhkan darah,” jelasnya.

 

Selain dihadiri oleh Presiden SBY dan Ketua Umum PMI Jusuf Kalla, acara penganugerahan Satyalancana Kebaktian Sosial ini juga dihadiri olehsejumlah Menteri terkait dalam Kabinet Indonesia Bersatu 2, yaitu Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat RI, HR. Agung Laksono, Menteri Sosial RI, Salim Segaf Al-Jufri, Menteri Kesehatan RI, Nafsiah Mboi, serta perwakilan dari Komite Palang Merah Internasional (ICRC), Perhimpunan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional (IFRC) dan delegasi dari perhimpunan nasional negara-negara sahabat di Indonesia.

 

Dalam acara penganugerahan ini Presiden RI SBY, juga menyaksikan secara langsung penandatanganan Nota Ksepahaman antara PMI yang diwakili oleh Jusuf Kalla,dengan Kementerian Kesehatan RI yang diwakili oleh Menteri Kesehatan RI, Nafsiah Mboi.
Nota Kesepahaman ini berisi mengenai peningkatan pelayanan darah termasuk fraksionasi plasma, peningkatan kapasitas Unit Transfusi Darah Pusat PMI agar menjadi Unit Transfusi Darah (UTD) tingkat Nasional,pertolongan pertama pada kecelakaan dan kegawatdaruratan, pendidikan dan pelatihan serta penelitian dan pengembangan kesehatan.
Rekrutmen DDS dan kegiatan pemberian penghargaan ini merupakan bagian dari pengelolaan untuk melestarikan para DDS. Peran PMI sendiri dalam melakukan pelayanan darah diatur dengan Peraturan Pemerintah (PP) No.7 / 2011, yang salah satunya mengatur tentang pelayanan transfusi darah sebagai upaya pelayanan kesehatan yang meliputi perencanaan, pengerahandan pelestarian pendonor darah, penyediaan darah,pendistribusian darah, dan tindakan medispemberian darah kepada pasien untuk tujuan penyembuhan penyakit dan pemulihan kesehatan.

 

Sampai dengan tahun 2012, PMI telah telah mendirikan 1 UDD Pusat di Jakarta dan 211 UDD di 210 kabupaten/ kota.   Pelayanan darah yang dilaksanakan oleh UDD (Unit Donor Darah) PMI meliputi : pengerahan dan pelestarian donor, pengambilan darah, pengolahan komponen darah, uji saring infeksi, penyimpanan dan pendistribusian darah ke Bank Darah RS (BDRS).

 

Jumlah kebutuhan darah di Indonesia cukup besar, bukan saja untuk keadaan darurat seperti kecelakaan atau tindakan operasi yang memerlukan penambahan darah, namun juga untuk  beberapa kondisi penyakit seperti Thalassemia, hemofili dan keganasan. Kebutuhan darah dan komponennya di setiap negara diperkirakan sekitar 2% dari jumlah penduduk. Mengacu pada prediksi tersebut, maka Indonesia membutuhkan darah dan komponennya sekitar  4,8 juta kantong pertahunnya. 

 

Pada tahun 2012 PMI telah mampu mengumpulkan 2.243.462 kantong darah lengkap.  Setelah diolah menjadi berbagai komponen, jumlah penyediaan darah PMI pada tahun 2012 menjadi sekitar 3,8 juta, sehingga sekitar 70% kebutuhan darah telah terpenuhi.  Sisa kebutuhan lainnya dipenuhi dari donor pengganti oleh UDD Rumah Sakit yang tersebar di kabupaten/kota yang tidak memiliki UDD PMI. 

 

Berdasarkan data PMI tahun 2012, pendonor baru tercatat sebanyak 41% (1.371.638 kantong darah), artinya semakin tingginya ketertarikan masyarakat untuk menjadi donor. Hal ini menjadi bukti, PMI mampu menggerakan minat masyarakat untuk menolong orang yang membutuhkan. 

 

Namun upaya yang dibutuhkan selanjutnya adalah menjaga agar para pendonor baru ini tetap menyumbangkan darahnya secara reguler.  Oleh karena Donor Darah Sukarela Reguler merupakan sumber darah aman. Dan pendonor rutin adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang memberikan darahnya tanpa pamrih.

Informasi lebih lanjut: dr. Yuyun SM Soedharmono, Direktur Unit Donor Darah Pusat (UDDP), Hp.  0811 843 718 . Kontak Media: dr. Ulfah Suryani, Humas UDDP, HP. 081510510789 atau Biro Humas Markas Pusat PMI, Telp.  021-7992325  Ext. 300 Website: www.pmi.or.id E-mail: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.">Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya. Twitter: @palangmerah Facebook: PALANG MERAH INDONESIA (Fanpage) Info: Ayodonor.pmi.or.id Join Us: bloodbook.pmi.or.id

Last modified onRabu, 18 Desember 2013 14:20
Template Design © Palang Merah Indonesia. All rights reserved.