Menu

 

A Member Of 

BNPB: Sukarelawan Sibat PMI Agen Kesiapsiagaan Bencana Masyarakat Featured

Dialog dengan tokoh dalam kegiatan temu sukarelawan Sibat PMI 2017 di Gunung Pancar, Jawa Barat Dialog dengan tokoh dalam kegiatan temu sukarelawan Sibat PMI 2017 di Gunung Pancar, Jawa Barat
Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) yang diinisiasi oleh Palang Merah Indonesia, adalah agen-agen kesiapsiagaan bencana di lingkungan masyarakat. Sukarelawan SIBAT seharusnya bisa menstimulus warga lingkungan sekitarnya untuk lebih sadar dan siap menghadapi bencana apapun. Hal tersebut ditegaskan oleh Dr. Raditya Jati S.Si, M.Si, Direktur Pemberdayaan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana, saat mengisi Dialog Tokoh dalam Temu SIBAT Nasional ke II, di Taman Wisata Gunung Pancar, Desa Karangtengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Minggu,(17/9).
 
Dr. Raditya mengungkapkan bahwa peluang utama penyelamatan bencana selalu dominan pada pertolongan diri sendiri dan lingkungan sekitar. Hasil survei di Jepang, pada kejadian gempa Great Hanshin Awaji 1995, menunjukkan bahwa presentase korban selamat disebabkan oleh Diri Sendiri sebesar 35%, Anggota Keluarga 31,9 %, Teman/Tetangga 28,1%, Orang Lewat 2,60%, Tim SAR 1,70 %, dan lain-Lain 0,90%.
 
Berdasarkan ilustrasi tersebut, sangat jelas bahwa faktor yang paling menentukan adalah penguasaan pengetahuan yang dimiliki oleh "diri sendiri" untuk menyelamatkan dirinya dari ancaman risiko bencana.
 
“Edukasi untuk meningkatkan pemahaman risiko merupakan pesan utama bersama yang akan didorong dalam proses penyadaran (awareness) dalam peningkatan kemampuan diri sendiri. Inilah yang harus dilakukan Sukarelawan SIBAT terhadap lingkungan sekitarnya”, Jelas Dr. Raditya lebih lanjut.
 
Dalam acara yang diikuti lebih dari 1500 sukarelawan SIBAT dari 17 Provinsi dan 90 Kabupaten ini juga hadir Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kementrian Sosial, Adhy Karyono, A.Ks, M.Ap, sebagai pembicara yang mengungkapkan harapan yang sama dengan BNPB.
 
“Sukarelawan SIBAT PMI tentunya akan menjadi personal-personal yang sanggup merespon secara langsung kejadian bencana di lingkungannya”, ujar Adhy. “Dan tentunya kehadiran Relawan SIBAT PMI yang sanggup melakukan koordinasi yang baik dengan pihak terkait atas kejadian bencana, akan mempercepat proses penanganan bencana tersebut”. Tambahnya.
 
Adhy juga menegaskan bahwa Negara akan selalu hadir dalam penanganan kebencanaan, bahkan Kementrian Sosial juga menyiapkan dana kebencanaan yang bisa digunakan untuk memberikan santunan kematian sebesar 15 juta rupah per-orang yang meninggal akibat bencana dan 5 Juta Rupiah per-orang untuk korban luka akibat bencana. 
 
“Jumlah dana santunan yang kita siapkan tahun ini kita tingkatkan hingga dua kali lipat dibandingkan tahun lalu”, ungkap Adhy memastikan.
 
AGENDA TEMU SIBAT NASIONAL KE II
 
Temu Sukarelawan Siaga bencana berbasis masyarakat (Sibat) PMI Tingkat nasional ll tahun 2017 di Taman Wisata Gunung Pancar, Desa Karangtengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Resmi dibuka oleh Pelaksana Harian (Plh) Ketua Umum PMI, Ginandjar Kartasasmita pada hari Minggu,(17/9). 
 
Sukarelawan SIBAT dari seluruh Indonesia ini akan mengikuti berbagai kegiatan yang berhubungan dengan penanganan kebencanaan. Diantaranya di hari Pertama, selain Dialog Tokoh, juga diisi Panggung Berbagi Masyarakat, Simulasi tanggap darurat bencana dan pandemic, Pos Ketrampilan Hidup PRB, Latihan Gabungan Dapur Umum, Lokakarya dan Launching Aplikasi Feweas, serta sosialisasi mengenai ketahanan iklim dan penggalangan koalisi masyarakat tangguh bencana.
 
Di hari kedua (Selasa, 18/09) akan diisi dengan kegiatan lokakarya dengan tema manajemen resiko terpadu melalui pengendalian ekosistem serta membangun ketangguhan keuangan kedaruratan bencana pada keluarga. Selain itu juga diadakan Panggung Berbagi Masyarakat yang diisi dengan saling berbagi pelaku kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat.
Juga akan dilaksanakan kegiatan Pos ketrampilan Hidup, Latgab inovatif, Latgab Dapur Umum, dan Forum SIBAT dari berbagai daerah.##
 
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Arifin M Hadi, (Kadiv Penanggulangan Bencana PMI Pusat), Hp: 081297777755, Narahubung media, Anggun Permana, HP. 085697777313
Last modified onSenin, 18 September 2017 04:50

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id