Menu

 

A Member Of 

PMI Gelar Temu Sibat Nasional Ke-ll Tahun 2017 Featured

Bertepatan dengan HUT Palang Merah indonesia (PMl) ke 72. Tanggal 17 September 2017, Pelaksana Harian (Plh) Ketua Umum PMI, Ginandjar Kartasasmita, membuka resmi kegiatan Temu Sukarelawan Siaga bencana berbasis masyarakat (Sibat) PMI Tingkat nasional ll tahun 2017 di Taman Wisata Gunung Pancar, Desa Karangtengah, Kecamatan Babakan Madang. Kabupaten Bogor, Minggu.(17/9). 
 
Kegiatan ini dilaksanakan dari mulai tanggal (16-20/2017) yang dikuti lebih dari 1500 Sukarelawan Sibat PMI se-indonesia dari 17 Provinsi dan 9O Kabupaten/kota. 
 
Menurut Ginanjar Kartasasmita, kegiatan ini merupakan rangkaian dalam rangka HUT yang ke-72 Palang Merah Indonesia (PMI), Selain itu Menurutnya, rangkain temu sibat ini penting dilakukannya, karena Sibat merupakan modal sosial masyarakat di pedesaan dan menjadi garda terdepan PMl ketika terjadi bencana di wilayah mereka, serta pemberdayaan sosial di masyarakat. 
 
"Mereka memahami secara langsung kapasitas, kerentanan, risiko serta ancaman bencana yang ada di wilayahnya. Mereka juga motor penggerak kegiatan PMI di masyarakat,“ kata Ginandjar.
 
Tim Sibat, kata Ginandjar, dilatih oleh PMI untuk dapat melakukan kaji cepat dan mampu memberikan data atau informasi awal terkait dengan kejadian bencana alam di wilayahnya. 
 
"Mereka dilatih untuk melakukan kajian terhadap bahaya atau ancaman, kerentanan, kapasitas serta risiko dengan pendekatan partisipatif dan bersama dengan pemangku kebijakan di desa atau kelurahan." Tambah Ginandjar. 
 
PMI telah menjalankan program Pengurangan risiko terpadu berbasis masyarakat (Pertama) yang mengedepankan partisipasi masyarakat sejak 2002. Hal ini dilakukan PMI untuk membangun masyarakat tangguh bencana dengan memperhitungkan komponen-komponen terkait seperti Iingkungan dan adaptasi perubahan iklim, ketahanan pangan, mata pencarian serta inovasi-inovasi berbasis teknologi. 
 
Sementara itu, Pengurus Pusat PMI, Ketua bidang Penanggulangan Bencana, H. Sumarsono mengatakan dengan mengusung tema besar membangun ketangguhan bersama masyarakat, kegiatan ini nantinya akan dikemas sedemikian rupa dengan berbagai kegiatan melalui pembelajaran bersama seperti keterampilan hidup pengurangan resiko bencana (PRB) yang meliputi, cerita sukses dari berbagai wilayah program. 
 
"Dalam kegiatan ini juga akan dilaksanakan sesi Pangggung Berbagi Masyarakat Tangguh dan dimeriahkan dengan Pameran Photo dan Produk Karya Sibat dari berbagai daerah, Outbond, Simulasi Tanggap Darurat Bencana (TDB) dan Pendemi, dan Latihan Gabungan 
 
(Latgab) untuk peningkatan kapasitas para sukarelawan,“ papar Sumarsono. 
 
Di kegiatan ini juga akan dihadiri dari perwakilan peserta dari Perhimpunan Palang Merah dan Bulan sabit Merah dari 5 (Lima) negara sahabat seperti Palang Merah Singapura (SRC),Palang Merah Hongkong (HKRC), Palang Merah timur Leste (CVTL), Palang Merah italia,dan Perwakilan Relawan dari Bulan Sabit Merah Malaysia.” 
 
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Arifin M Hadi, (Kadiv Penanggulangan Bencana PMI Pusat) HP 081297777755, Kontak media, Anggun HP: 085697777313.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id