Menu

 

A Member Of 

IFRC Serahkan 10 Truk Tangki Air dan 1 Truk Barang Kepada PMI Untuk Memperkuat Kerja Kemanusiaan Featured

Jakarta, 17 Januari 2020 - The International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC) menyerahkan secara simbolis bantuan 10 unit truk tangki air dan satu truk barang kepada Palang Merah Indonesia (PMI), Jumat (17/1), di Markas Besar PMI, Jakarta. Bantuan kendaraan operasional ini diterima langsung oleh Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla melalui Jan Gelfand selaku Kepala IFRC Perwakilan Indonesia-Timor Leste dan Perwakilan ASEAN.  

“Kami sangat mengapresiasi mitra kemanusiaan kami , IFRC, atas bantuan yang diberikan ini. Air adalah hal mendasar yang dibutuhkan masyarakat di setiap bencana yang terjadi, karena itu bantuan air bersih selalu menjadi prioritas PMI. Bantuan truk tangka air dan barang jelas menjadi sangat penting ketika kami harus mendistribusikannya kepada masyarakat terdampak. Bantuan ini jelas akan menambah kekuatan armada operasional PMI yang dimobilisasi di setiap bencana,” kata Jusuf Kalla.

Sementara itu Jan Gelfand, Kepala IFRC Perwakilan Indonesia-Timor Leste dan Perwakilan ASEAN, menjelaskan PMI adalah organisasi kemanusiaan terbesar di Indonesia yang didukung oleh banyak relawan yang selalu siap bekerja dan berdikasi dalam memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak bencana, yang membuat mereka selalu mendukung penuh PMI.

“Seringkali di saat kedaruratan bencana, dan pada masa pemulihan setelah bencana, masyarakat terdampak seringkali kesulitan mendapatkan akses air bersih. Padahal air bersih sangat penting untuk sanitasi, dan juga untuk konsumsi. Kami juga tahu, komitmen PMI membantu kemanusiaan juga tinggi, bahkan mereka juga sering bergerak mendistribusikan air bersih kepada Masyarakat yang terdampak kekeringan. Kami juga berharap bantuan truk barang juga semakin mempermudah PMI dalam mendistribusikan bantuan kemanusiaannya kepada Masyarakat terdampak,” jelas Jan Gefland.

PMI dan IFRC merupakan bagian dari Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional dan telah lama bekerjasama di bidang tanggap darurat dan kesiapsiagaan bencana. Dalam periode satu tahun ini, kedua organisasi telah bekerjasama dalam bencana gempa bumi di Lombok, gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah, tsunami di Selat Sunda hingga gempa bumi di Ambon dalam memberikan bantuan kepada Masyarakat. Di tahun 2018 hingga 2019, IFRC telah mendukung PMI dalam memberikan bantuan distribusi air hingga 37,617,383 liter di wilayah terdampak bencana tersebut di atas. PMI sendiri hingga saat ini telah memiliki 110 truk tangki air dari 200 tangki air yang dibutuhkan.

Selain memberikan bantuan akses air bersih kepada Masyarakat terdampak bencana, IFRC dan PMI juga telah membantu ratusan ribu Masyarakat terdampak mendapatkan bantuan yang sangat dibutuhkan di saat bencana, seperti alat rumah tangga yang penting, bantuan non tunai, dan layanan kesehatan. Termasuk  dukungan pemulihan dini dan langkah-langkah mitigasi bencana terhadap bahaya dan resiko tertentu.

Untuk informasi lebih lanjut:

Aulia Arriani (Kepala Biro Humas, Markas Pusat PMI)

HP: 0816795379

Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

 

Last modified onJumat, 17 Januari 2020 15:46

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

225169