Menu

 

A Member Of 

PMI Luncurkan Donasi Digital Kemanusiaan dengan QRIS Featured

Jakarta, Selasa, 24 September 2019 – Pada hari ini Palang Merah Indonesia (PMI) menandatangani kerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) dan PT Bank Nationalnobu Tbk (Nobu Bank) dalam hal penerimaan donasi digital kemanusiaan di jaringan ritel yang difasilitasi oleh APRINDO dengan menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) yang disediakan oleh Nobu Bank.

Acara penandatanganan kerjasama tersebut dilaksanakan di Kantor Pusat PMI di Jalan Gatot Subroto Jakarta, dan dihadiri oleh Pengurus PMI Pusat, Prof. DR. Ginandjar Kartasasmita, selaku Pelaksana Harian Ketua PMI, Roy Nicholas Mandey selaku Ketua APRINDO dan Prof. Adrianus Mooy MSc. PhD, selaku Komisaris Utama Nobu Bank. Hadir pula dalam acara penandatanganan kerjasama tersebut jajaran Pengurus PMI Pusat, Pengurus APRINDO dan beberapa pejabat Nobu Bank.

Dalam penjelasannya, Prof. DR. Ginandjar Kartasasmita menyampaikan bahwa melalui kerjasama ini diharapkan masyarakat luas memperoleh kemudahan dalam memberikan donasi kepada PMI kapanpun dan dimanapun berada karena dapat dilakukan di jaringan ritel yang tergabung dalam APRINDO.

Selain itu, PMI juga memperoleh kemudahan melakukan pengelolaan penerimaan donasi karena donasi ini dilakukan secara digital (non tunai) melalui QRIS sehingga lebih mudah dan aman. Bagi PMI, dengan donasi masyarakat yang berkelanjutan dan dalam jangka panjang, maka akan menjadi stand by fund yang sangat berguna bagi kebutuhan penanggulangan bencana yang dapat datang sewaktu-waktu.

Ketua APRINDO, Roy Mandey, dalam kesempatan tersebut menegaskan bahwa APRINDO ingin memberi dukungan bagi Palang Merah Indonesia dalam menghimpun donasi dari masyarakat dengan memfasilitasi akses yang lebih luas melalui jaringan ritel yang tergabung dalam APRINDO.

Dengan jaringan yang cukup luas tersebut, masyarakat di manapun dapat dengan mudah memberikan donasi kemanusiaan dan dapat dilakukan setiap waktu, tidak hanya saat terjadi bencana.

“Kami akan menghimbau kepada seluruh anggota APRINDO untuk turut mendukung kerjasama ini sebagai bentuk empati kita pada misi kemanusiaan yang telah diemban Palang Merah Indonesia selama ini”, ungkap Roy Mandey.

Dukungan donasi masyarakat yang semakin besar akan sangat membantu setiap kegiatan kemanusiaan yang dijalankan PMI.

Sementara itu, Suhaimin Djohan, Direktur Utama Nobu Bank memberikan penjelasan bahwa Bank Indonesia telah meluncurkan QR Code Indonesian Standard (QRIS) pada 17 Agustus 2019 lalu, yaitu QR Code yang telah terstandar untuk menerima pembayaran melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking.

Nobu Bank merupakan salah satu Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang secara proaktif mendukung diluncurkannya QRIS ini.

“Dengan QRIS, masyarakat dengan mudah dapat melakukan pembayaran, dalam hal ini donasi kemanusiaan melalui PMI, menggunakan platform jasa pembayaran manapun, seperti mobile banking, e-wallet atau e-money, baik dari bank maupun non bank, yang menyediakan fitur pembayaran melalui pemindai QR dari smartphone”, paparnya.

Dengan QRIS ini, setiap lokasi penerimaan donasi cukup meletakkan QRCode di area tertentu yang mudah dilihat dan masyarakat cukup melakukan scan, dan memasukkan nilai uang yang ingin didonasikan dan dana langsung terkirim.

Di lain pihak, PMI langsung menerima donasi masyarakat tersebut di rekeningnya sehingga lebih cepat, aman dan nyaman karena tidak perlu mengelola uang tunai.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

195452