Menu

 

A Member Of 

JK tegaskan PMI akan Bantu Pemerintah dalam upaya pencegahan Virus Corona

Dalam menanggapi kasus virus Corona yang Tengah merebak di masyarakat, Ketua Umum PMI Jusuf Kalla mengatakan, PMI akan terus membantu pemerintah dalam hal pencegahan. Terutama dalam hal edukasi, tentang cara menggunakan masker dan mencuci tangan, dalam diskusi dengan forum Pimpinan Redaksi dengan tema “Mitigasi Risiko Antisipasi Penyebaran Virus Corona” di Kediaman Jl. Brawijaya, Jakarta, Rabu (5/2/2020).
 
Lebih lanjut JK mengatakan, Jika Corona masuk ke Indonesia, efeknya sangat dahsyat. Akan sulit mengontrol masyarakat. Karena berbeda dengan Tiongkok, Indonesia sangat sulit membangun Rumah Sakit dalam waktu 10 Hari. Untuk itu diperlukan upaya-upaya pencegahan.
 
“yang bisa dilakukan PMI adalah upaya pencegahan melalui edukasi kepada masyarakat. Masyarakat harus tetap waspada dan jangan panik. Tetap menjaga perilaku sehat dalam menjalankan aktivitas,” jelas JK.
 
Read more...

IFRC Serahkan 10 Truk Tangki Air dan 1 Truk Barang Kepada PMI Untuk Memperkuat Kerja Kemanusiaan

Jakarta, 17 Januari 2020 - The International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC) menyerahkan secara simbolis bantuan 10 unit truk tangki air dan satu truk barang kepada Palang Merah Indonesia (PMI), Jumat (17/1), di Markas Besar PMI, Jakarta. Bantuan kendaraan operasional ini diterima langsung oleh Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla melalui Jan Gelfand selaku Kepala IFRC Perwakilan Indonesia-Timor Leste dan Perwakilan ASEAN.  

“Kami sangat mengapresiasi mitra kemanusiaan kami , IFRC, atas bantuan yang diberikan ini. Air adalah hal mendasar yang dibutuhkan masyarakat di setiap bencana yang terjadi, karena itu bantuan air bersih selalu menjadi prioritas PMI. Bantuan truk tangka air dan barang jelas menjadi sangat penting ketika kami harus mendistribusikannya kepada masyarakat terdampak. Bantuan ini jelas akan menambah kekuatan armada operasional PMI yang dimobilisasi di setiap bencana,” kata Jusuf Kalla.

Read more...

Jusuf Kalla Kembali Pimpin PMI

Jusuf Kalla kembali memimpin Palang Merah Indonesia (PMI) untuk yang ketiga kalinya setelah hasil Musyawarah Nasional (Munas) XXI PMI 2019 memutuskan Mantan Wakil Presiden RI tersebut untuk menjabat Ketua Umum Periode 2019-2014.
 
"Seluruh peserta munas menerima atas laporan pertanggungjawaban Ketua Umum PMI periode 2014-2019 dan memutuskan Jusuf Kalla menjadi Ketua Umum PMI periode 2019-2024," kata Pimpinan Sidang Pleno Penetapan Ketua Umum PMI periode 2019-2024 Teungku Alaidinsyah di Jakarta, Senin.
 
Mantan Wapres tersebut terpilih kembali secara aklamasi sehingga, mempunyai hak preogatif untuk menentukan susunan kepengurusan PMI 2019-2024.
 
Read more...

PMI Luncurkan Donasi Digital Kemanusiaan dengan QRIS

Jakarta, Selasa, 24 September 2019 – Pada hari ini Palang Merah Indonesia (PMI) menandatangani kerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (APRINDO) dan PT Bank Nationalnobu Tbk (Nobu Bank) dalam hal penerimaan donasi digital kemanusiaan di jaringan ritel yang difasilitasi oleh APRINDO dengan menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) yang disediakan oleh Nobu Bank.

Acara penandatanganan kerjasama tersebut dilaksanakan di Kantor Pusat PMI di Jalan Gatot Subroto Jakarta, dan dihadiri oleh Pengurus PMI Pusat, Prof. DR. Ginandjar Kartasasmita, selaku Pelaksana Harian Ketua PMI, Roy Nicholas Mandey selaku Ketua APRINDO dan Prof. Adrianus Mooy MSc. PhD, selaku Komisaris Utama Nobu Bank. Hadir pula dalam acara penandatanganan kerjasama tersebut jajaran Pengurus PMI Pusat, Pengurus APRINDO dan beberapa pejabat Nobu Bank.

Dalam penjelasannya, Prof. DR. Ginandjar Kartasasmita menyampaikan bahwa melalui kerjasama ini diharapkan masyarakat luas memperoleh kemudahan dalam memberikan donasi kepada PMI kapanpun dan dimanapun berada karena dapat dilakukan di jaringan ritel yang tergabung dalam APRINDO.

Selain itu, PMI juga memperoleh kemudahan melakukan pengelolaan penerimaan donasi karena donasi ini dilakukan secara digital (non tunai) melalui QRIS sehingga lebih mudah dan aman. Bagi PMI, dengan donasi masyarakat yang berkelanjutan dan dalam jangka panjang, maka akan menjadi stand by fund yang sangat berguna bagi kebutuhan penanggulangan bencana yang dapat datang sewaktu-waktu.

Read more...

Jusuf Kalla Resmikan Sekolah Ramah Gempa dan Masjid untuk Masyarakat NTB

Wakil Presiden RI M Jusuf Kalla selaku Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) meresmikan 5 sekolah ramah gempa dan 3 masjid bantuan PMI, di Markas PMI NTB, Sabtu (3/8). Bantuan sekolah ramah gempa dan masjid tersebut berlokasi di Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara dan Lombok Timur yang merupakan wilayah terdampak gempa bumi yang melanda NTB pada 2018 lalu.  

Peresmian bangunan sekolah ramah gempa dan masjid ini ditandai dengan penandatanganan delapan prasasti oleh Jusuf Kalla. Dalam sambutannya, Jusuf Kalla mengatakan gempa yang melanda NTB beberapa waktu lalu telah merusak bangunan termasuk sekolah dan masjid. Melalui bantuan ini, Ketua Umum berharap masyarakat dapat memanfaatkan sekolah dan masjid dengan sebaik-baiknya. 

Read more...

PMI Gelar Apel Siaga Lebaran 2019

Untuk membantu kelancaran arus mudik lebaran tahun 2019, Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar Apel Siaga Lebaran 2019, yang dipimpin langsung Pelaksana harian (Plh) Ketua Umum PMI, Ginandjar Kartasasmita, di halaman  Markas Pusat PMI, Jl. Jend. Gatot Subroto, pada Rabu (29/05). Apel ditandai dengan pengecekan kelengkapan ambulans dan pelepasan 60 petugas Pertolongan Pertama (PP) beserta 15 unit ambulans secara simbolis. 
 
Untuk membantu pemudik, PMI membuka 591 titik pos pertolongan pertama dengan mengerahkan 10.587 personil termasuk dokter dan paramedis dan 393 unit ambulans dimulai dari H-7 dan H+7.
 
Read more...

Jusuf Kalla Resmikan Gedung Kalla Afiat Center

BOGOR-- Pembangunan gedung baru Rumah Sakit PMI Bogor akhirnya rampung. Senin (29/4/2019), gedung di Jalan Raya Pajajaran N0 80 , Kota Bogor tersebut diresmikan Wakil Presiden Republik Indonesia selaku ketua umum  Palang Merah Indonesia Bpk. Jusuf Kalla dan diberi nama Kalla Afiat Center.

Direktur Rumah Sakit PMI Bogor dr Yuliantini, MARS mengatakan pembangunan Kalla Afiat Center merupakan salah satu upaya menunjang berbagai kebutuhan masyarakat masa kini yang memiliki konsep One stop health service and life style.

Selain itu  akan ada penambahan beberapa spesialis pada kedokteran gigi dan sub spesialis seperti fetomaternal, onkologi serta konsulen ginjal, selain klinik khusus seperti , pain clinic dan woundcare clinic.

Read more...

Simulasi Kesiapsiagaan PMI dalam Menghadapi PEMILU 2019

Jakarta (25/3) – Konflik Sosial merupakan bagian dari bencana sosial, termasuk aksi teror/sabotase. Konflik sosial dimaknai sebagai suatu kondisi dimana terjadi huru-hara/kerusuhan atau perang atau keadaan yang tidak aman di suatu daerah tertentu yang melibatkan lapisan masyarakat, golongan, suku, ataupun organisasi tertentu. Indonesia pada tahun ini menyelenggarakan perhelatan besar PEMILU (Pemilihan Umum) Presiden/Wakil Presiden RI, DPD. Potensi konflik dapat muncul karena berbagai sebab antara lain; penyelesaian kasus hukum yang tidak transparan dan tidak adil, perebutan sumber daya alam, masalah sengketa lahan, masalah budaya, SARA, ketidakadilan, ketimpangan sosial atau pun kebijakan yang tidak mendukung politik.

Palang Merah Indonesia sebagai perhimpunan/organisasi yang bertujuan meringankan beban penderitaan sesama manusia dengan tidak membedakan agama, suku, bangsa, golongan, warna kulit, dan jenis kelamin, sampai saat ini masih terus membantu pemerintah dalam meringankan penderitaan masyarakat yang terkena musibah maupun bencana.

Read more...

PMI dan ANTAM berikan Dukungan Penghargaan Satyalancana Kebaktian Sosial bagi Pendonor Darah Sukarela 100 Kali

Acara Penganugerahan Satyalencana Kebaktian Sosial Donor Darah Sukarela (DDS) 100 kali akan kembali diselenggarakan. Kegiatan rutin diadakan setiap tahun ini merupakan bentuk apresiasi terhadap pendonor yang sudah menyumbangkan darahnya lebih dari 100 kali secara sukarela. Kali ini sebanyak 840 pendonor darah sukarela yang telah mendonorkan darahnya 100 kali mendapatkan penghargaan Satyalencana Kebaktian Sosial dari Pemerintah RI. Penghargaan tersebut dilakukan di Jakarta pada Sabtu, 26 Januari 2019.   
 
Penghargaan yang diberikan kepada 840 pendonor darah sukarela 100 kali terdiri dari 826 pria dan 16 perempuan. Pendonor dengan usia tertua berusia 75 tahun yaitu FX Sudaryanto dari DKI Jakarta, pendonor termuda berusia 40 tahun yaitu Nico Samuel dari Banten dan pendonor darah 100 kali termuda apheresis berusia 29 tahun yaitu Agung Satriyo. Sementara pendonor terbanyak sebanyak 143 kali yaitu Syahroni berusia 61 tahun dari DKI Jakarta. Provinsi Jawa Timur mengirimkan pendonor darah 100 kali terbanyak yaitu sebanyak 353 orang.  
 
Read more...

PMI Respon Gempa dan Tsunami yang melanda Banten dan Lampung

Akibat gelombang Tsunami setinggi 4 meter yang melanda sejumlah pantai di wilayah Kab Pandeglang, Kab Serang dan Wilayah Kab. Lampung Selatan, pada Sabtu (22/12) 2018, Palang Merah Indonesia (PMI) memobilisasi sebanyak 120 personel Sukarelawan di wilayah Banten serta memobilisasi 6 unit ambulans. Sementara di wilayah Lampung Selatan, PMI memobilisasi 15 personil sukarelawan untuk membantu upaya evakuasi warga yang terdampak  akibat terjangan Tsunami.
 
Menurut Ridwan Sobri Carman, Kepala Sub Tanggap Darurat, Markas Pusat PMI mengatakan, saat ini banyak warga yang masih mengungsi di wilayah perbukitan di Cikaduan, di wilayah dekat Pantai Tanjung Lesung.
Read more...
Subscribe to this RSS feed

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

230548