Menu

 

A Member Of 

Biro Humas PMI Pusat

Jateng Bantu Rp 256 Juta untuk Warga Rakhine

Pemerintah Provinsi menyerahkan bantuan yang dihimpun dari masyarakat dan lembaga di Jateng untuk masyarakat Rakhine di Myanmar, berupa uang tunai sebesar Rp 256.000.000,-. Bantuan ini disalurkan melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Tengah dan akan diteruskan ke PMI Pusat.
 
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sri Puryono, mewakili Plt. Gubernur Jateng menyerahkan secara simbolis bantuan kepada Ketua PMI Jateng Imam Triyanto. “Yang bapak-ibu lakukan merupakan menjadi bentuk solidaritas antar sesama manusia. Sifat dan sikap suka memberi, nyah-nyohkaro liyan (bahasa jawa), merupakan watak asli bangsa kita,” ujar Sekda saat membacakan sambutan Plt. Gubernur Jateng.

PMI Se-Lampung Siap Beri Pelayanan Saat Mudik Lebaran 2018

Menghadapi arus mudik dan balik Lebaran 2018, Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Lampung memberikan pelayanan pertolongan pertama dan ambulans di jalur mudik yang rawan dan ruas-ruas strategis di wilayah Provinsi Lampung seperti terminal bus, stasiun kereta api, pelabuhan dan tempat wisata.  
 
"Mulai H-7 sampai H+7, sekitar 300 relawan, termasuk dokter dan perawat, akan siaga di pos-pos Pertolongan Pertama dan Ambulans PMI, mulai dari pintu gerbang Pulau Sumatera Pelabuhan Bakauheni sampai perbatasan Lampung  dan Bengkulu PMI Siaga membantu pemudik. Selama siaga lebaran, Pos Pertolongan Pertama PMI bekerjasama dengan berbagai pihak seperti Dinas Kesehatan, BASARNAS, Dinas Perhubungan, Jasa Marga, TNI, dan Polri," ujar I.S Bunari Waka I Bidang Organisasi PMI Provinsi Lampung Lampung, Selasa (5/6/2018). 

Wapres RI Pimpin Apel Siaga Lebaran PMI dan Kementerian Perhubungan

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla selaku Ketua Umum  Palang Merah Indonesia (PMI) memimpin Apel Siaga Lebaran sekaligus melepas tim relawan PMI yang akan bertugas dalam siaga lebaran tahun 2018, kerjasama PMI dengan Kementerian Perhubungan RI. Pelepasan dilakukan di Lapangan Utama Stasiun Gambir pada Kamis (7/6).
 
Pelepasan diikuti 80 kru ambulans PMI, 120 Relawan PMI, 20 Ambulans dari PMI dan Kementerian Perhubungan serta 200 perwakilan Taruna/Taruni Sekolah Tinggi dilingkup Kementerian Perhubungan. Ketua Panitia Apel Siaga Lebaran Markas Pusat PMI Farid Husain mengatakan, PMI menyiapkan 586 titik Pos Pertolongan Pertama, 393 ambulans dan 8.422 relawan, termasuk dokter dan paramedis, yang mampu memberikan pertolongan pertama. 

Berikan Bantuan, PMI Kunjungi Kampung Hidroponik Cimone

Tangerang - Dalam rangka silahtuhrami ketua beserta pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) kota tangerang mengujungi Kampung inovasi hidroponik dan memberikan bantuan kepada warga RT01/02 kelurahan Cimone, Rabu (23/05/18).
 
Dalam kunjungannya ketua PMI kota tangerang kuswarsa.S.sos mengatakan dalam memberikan bantuan ini supaya bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitar kerana semakin berkembangnya kampung hidroponik banyak mayarakat berdatangan ke lokasi tersebut, maka dari itu kami memberikan kotak P3K ini mengantisipasi kecelakaan terhadap masyarakat yang berkunjung.

Antisipasi Merapi, PMI Jateng Siapkan Relawan Terlatih

Mengantisipasi erupsi Gunung Merapi, Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Tengah melaksanakan koordinasi kesiapsiagaan bersama dengan PMI Kabupaten Klaten, Boyolali, Kabupaten Magelang, Kota Magelang dan Kota Surakarta, di markas PMI Klaten, Kamis siang (24/5).

Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI Jateng Sarwa Pramana mengungkapkan PMI perlu koordinasi agar dapat melakukan tindakan efektif saat kondisi darurat. "Kondisi saat ni masih status waspada. Menilik sejarah, untuk naik status awas tentunya tidak harus melalui siaga. Jadi PMI bersama BPBD dan lembaga lain memiliki rencana dalam situasi darurat," ungkap Sarwa saat memimpin koordinasi.

Relawan PMI Bersiaga Untuk Merapi

Palang Merah Indonesia menyiagakan personel relawan tersebar di beberapa wilayah untuk membantu proses penanganan respon tanggap darurat Gunung Merapi, Kabupaten Sleman, Jawa Tengah.

"Sebagian relawan sudah kami turunkan ke lokasi terdampak bencana erupsi Gunung Merapi seperti membagikan dan edukasi pemakaian masker kepada warga yang mengungsi," kata Kepala Divisi Penanggulangan Bencana PMI Pusat Arifin M Hadi melalui sambungan telepon, Selasa.

PMI Tanggamus Susun Rencana Aksi

Tanggamus -Palang Merah Indonesia (PMI) terus gaungkan antisipasi resiko bencana. Salah satu upaya yang dilakukan yakni melalui musyawarah penyusunan rencana pengurangan resiko Bencana (RR PLAN), yang dilaksanakan di Pekon Tanjung agung, Kecamatan Kota agung barat, senin(20/5).

Wakil ketua bidang penanggulangan Bencana (PB) PMI Provinsi lampung Kol. CPM (Purn) Estadi Wibowo mengatakan, musyawarah penyusunan rencana pengurangan resiko bencana bekerjasama dengan American Red Cross tersebut berujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap kerentanan bencana disuatu daerah serta mengidentifikasi dan memprioritaskan permasalahan lalu merumuskan melalui perencanaan yang strategis dengan melalui upaya-upaya struktural dan non struktural, yang pada akhirnya resiko bencana dapat dicegah.

Dapat Kacamata Gratis, Yuliana Terharu

Yuliana Lauhere, Warga desa Menia, Kabupaten Sabu Raijua yang mengalami gangguan mata sejak 5 tahun lamanya. Keterbatasan penglihatan ini membuat aktifitas ibu berusia 56 tahun ini terganggu.

“Biasanya mata ini bisa lihat jelas. Ini tiba-tiba tidak terlihat jelas. Kalau baca, kabur.” Jelas Yuli.

Gelar Operasi Katarak Gratis, Pemerintah Sabu Beri Apresiasi PMI

Pemerintah Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur mengapresiasi pelayanan kesehatan mata secara cuma-cuma berupa operasi katarak yang digelar Palang Merah Indonesia (PMI) dan Komite Palang Merah Internasional (ICRC) terhadap 500 orang warga di daerah itu.

"Kami mengapresiasi perhatian dari PMI dan ICRC terkait pelayanan kesehatan yakni operasi katarak gratis bagi masyarakat Sabu Raijua," kata Mesakh Wake, seorang pejabat setempat saat membuka kegiatan operasi mata gratis di RSUD Sabu Raijua, Jumat (11/5).

Ingin Melihat Dunia Di Usia Senja, Martha Jalani Operasi

Namanya Martha Luhu. Nenek berusia 72 tahun ini adalah pasien tertua yang mendapatkan operasi katarak gratis, yang diselenggarakan PMI dan ICRC di Sabu Raijua sejak Kemarin (11/5).

Datang ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sabu Raijua bersama Leo, cucu kesayangannya, Martha mengaku sangat bahagia akan hadirnya dokter-dokter yang akan mengoperasi mata warga Sabu Raijua yang mengalami kebutaan akibat katarak.

Subscribe to this RSS feed

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

760748