Menu

 

A Member Of 

Temu Sukarelawan Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Akan Digelar Featured

Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sulawesi Selatan akan menyelenggarakan Temu Sukarelawan Palang Merah Indonesia tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2017 di Bendungan Benteng Kecamatan Patampanua Kabupaten Pinrang, Jumat-Selasa (10-14/03/2017).

Ketua PMI Provinsi Sulsel, Ichsan Yasin Limpo mengatakan, temu sukarelawan sebagai ajang bertemunya sukarelawan untuk bersama-sama memantau dan mengevaluasi pembinaan yang telah dilaksanakan PMI di masing-masing PMI kabupaten/kota.

“Dalam rangka evaluasi pembinaan kepada sukarelawan, PMI melakukan berbagai macam kegiatan rutin sebagai strategi pengembangan sukarelawan yang salah satunya temu sukarelawan” katanya.

Menurutnya, kegiatan ini akan menjadi akses untuk melibatkan sukarelawan dalam proses pengambilan keputusan dan kepemimpinan PMI sebagai pengakuan dan penghargaan kepada sukarelawan.

“Kegiatan ini merancang peran dan kegiatan sukarelawan sehingga dapat mendukung dan melaksanakan program peningkatan organisasi dan pelayanan PMI,” kata Ichsan.

Ichsan berharap, melalui kegiatan ini ada peningkatan pengetahuan dan keterampilam sukarelawan dalam proses pembinaan dan pengembangan sukarelawan PMI.

Para sukarelawan PMI juga diharapkan dapat memperluas jejaring mereka dari belbagai segi diantaranya budaya, pendidikan, serta minat dan bakat,” ungkapnya.

Sementara itu, menurut Ketua Panitia, Andi Muhammad Rahmat mengatakan, kegiatan selama lima hari ini akan melibatkan kurang lebih 3.000-an perwakilan sukarelawan dari 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

“Kegiatan yang dilaksanakan setiap lima tahun sekali ini melibatkan sukarelawan PMI yang yang terdiri dari Korps Sukarela (KSR), Tenaga Sukarela (TSR) dan Donor Darah Sukarela (DDS) serta melibatkan sukarelawan mitra dari perusahaan dan organisasi lainnya” katanya.

Selain itu, di acara pembukaan temu sukarelawan nantinya akan dilakukan pelantikan secara serentak Brigade Kemanusiaan Donor Darah Sukarelawan yang telah terbentuk di 24 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

“Dengan tema Sukarelawan Mengabdi untuk Kemanusian, kegiatan ini akan dikemas sedemikian rupa sehingga dapat menjadi sebuah ajang pertemuan bagi para sukarelawan PMI di Sulawesi Selatan,” ungkap Rahmat.

Lanjut dia, temu sukarelawan merupakan kegiatan inti sukarelawan. Kegiatan ini akan disinergikan antar-sukarelawan, pengurus, staf dalam persahabatan dan pengembangan kapasitas.

“Kegiatan dibagi empat item kegiatan yaitu; (1)Temu: lokakarya pengembangan kapasitas dan pertemuan sukarelawan, (2) Persahatan: wahana kepalangmerahan, pentas seni dan anjangsana, (3) Pengembangan kapasitas: Life skill station and best practice volunteer, (4) Karya; sosialisasi, advokasi dan promosi donor darah, sosialisasi dan advokai ayo siaga bencana, pelatihan pertolonagan pertama (PP) di masyarakat sekaligus bakti sosial di masyarakat,” kata Rahmat yang juga Direktur Bank Sulselbar.

Lain halnya dengan Bupati Pinrang, Aslam Patonangi, mengucapakan selamat datang dan terima kasih atas kepercayaannya selaku tuan rumah untuk kegiatan temu sukarelawan tingkat provinsi.

“Kegiatan ini secara tidak langsung memberi dampak positif bagi pencitraan organisasi PMI khususnya di kabupaten Pinrang” ungkap Aslan yang juga Ketua PMI Kabupaten Pinrang.

Aslan berharap, melalui kegiatan ini seluruh unsur-unsur PMI, baik pengurus, staf, maupun sukarelawannya mampu bersinergi untuk meningkatkan mutu pelayanan PMI yang lebih baik lagi sesuai dengan visi dan misi PMI.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Ahmad Syarif, Koord. Divisi Publikasi dan Dokumentasi PMI Sulawesi Selatan, Hp: 081342190990

Last modified onRabu, 08 Maret 2017 03:44

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id