Menu

 

A Member Of 

500 Siswa SD Belajar Kesiapsiagaan Bencana Featured

Para siswa SDN 05 Jatipadang, Jaksel mensimulasikan evakuasi diri saat kebakaran terjadi. Para siswa SDN 05 Jatipadang, Jaksel mensimulasikan evakuasi diri saat kebakaran terjadi.

Palang Merah Indonesia (PMI) bekerjasama dengan PT Prudential Life Assurance memberikan edukasi kesiapsiagaan bencana untuk 500 siswa dari 5 sekolah dasar di Jakarta dan Banten.

Bertajuk Safe Steps For Kids, program kesiapsiagaan ini memberikan informasi praktis penyelamatan jiwa pada situasi darurat atau bencana khususnya pada anak-anak sekolah. Materi kesiapsiagaan akan berfokus pada 4 bencana yakni gempa bumi, kebakaran, banjir dan angin topan.

“Program ini sudah berjalan sejak 10 Agustus 2019 berakhir di September mendatang. Dengan awali di SDN 05 Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan,” Kata Kepala Divisi PMR dan Relawan PMI Pusat, Exkuwin Suharyanto Jumat (16/8/2019).

Ia mengatakan ke 5 sekolah tersebut adalah SDN Jati Padang 05 Pagi, SDN Srengseng Sawah 11 Pagi, SD Cikal Harapan BSD, SDN Lengkong Gudang dan SDN Serpong 04.

Menurutnya, edukasi seperti ini sangat tepat dilakukan agar anak-anak mengetahui bagaimana menghadapi dan melakukan penyelamatan diri saat bencana terjadi.

“Apalagi kemarin gempa 7.4 SR yang mengguncang Banten dan Jakarta. Hal itu semakin menyulut semangat kami untuk memberikan edukasi kebencanaan,” tuturnya.

Pada penerapan program tersebut, PMI akan melibatkan Palang Merah Remaja (PMR) yang sudah terbentuk di sekolah-sekolah.

"Mereka akan dilibatkan untuk memberikan materi siaga bencana kepada murid-murid lainnya," imbuhnya.

Nuranisa Putri Matahari, dari Community Investment Manager, Corporate Communications and Sharia Department, PT Prudential Life Assurance menerangkan bahwa Safe Steps For Kids merupakan wujud komitmen internasional antara Prudential Foundation berkantor di Hongkong yang bekerjasama dengan International Federation of Red Cross and Red Crescent Societies (IFRC) atau Federasi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional dan Cartoon Network.

"Komitmen tersebut pun mulai diturunkan ke sejumlah negara, salah satunya Indonesia. Maka dari itu, Prudential Indonesia menggandeng PMI untuk bersama menjalankan komitmen ini,” jelasnya.

Menggunakan kartun Power Puff Girls besutan Cartoon Network, diharapkan metode pembelajaran akan semakin disenangi dan mudah dipahami oleh anak-anak.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : Doddy Alfitra, Kepala Sub Divisi PMR, Divisi PMR dan Relawan PMI Pusat, Hp: 0812 8734 510.

Last modified onSabtu, 17 Agustus 2019 09:34

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

176575