Menu

 

A Member Of 

PMI Kab Boyolali Evaluasi Komponen Bantuan Berbasis Tunai (BBT) Featured

BOYOLALI, Palang Merah Indonesia (PMI) dengan dukungan American Red Cross (AmCross)  bersma PMI Kab. Boyolali telah melaksanakan Proyek Pengelolaan Bencana dan Kesiapsiagaan Logistik sejak pertengahan 2016, yang akan dilaksanakan hingga Oktober 2018. Proyek ini memiliki dua (2) komponen, yaitu Penyediaan Air Bersih dan Penguatan Kapasitas Logistik Regional. Dengan jumlah dana sekitar USD 1,7 juta, proyek ini menyasar gudang regional dan sub-regional PMI, serta lima (5) provinsi untuk komponen Penyediaan Air Bersih, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Dalam komponen Penyediaan Air Bersih, terdapat sub-komponen uji coba penyediaan air bersih melalui mekanisme Bantuan Berbasis Tunai (BBT), bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) dengan mekanisme kartu BRIZZI. Dilaksanakan khusus di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, komponen ini mendistribusikan dana dalam bentuk kartu BRIZZI, untuk digunakan warga membeli air di pedagang yang telah bekerja sama dengan PMI.

Dengan berakhirnya periode komponen BBT selama tiga (3) bulan, tentunya diperlukan adanya evaluasi untuk meninjau capaian dan proses pelaksanaan kegiatan yang telah dijalankan. Diperlukan juga adanya pembelajaran dari uji mekanisme yang dilakukan, mengingat PMI saat ini tengah memfinalisasi panduan BBT-nya. Oleh karena itu, akan dilakukan evaluasi untuk pembelajaran khusus komponen BBT, yang akan dilakukan pada tanggal 27 Februari-04 Maret 2017 di Boyolali dan Semarang.

Mulyatno Plt. Kepala Markas PMI Kab. Boyolali menjelaskan kegiatan ini dilakukan sebanyak 4 (empat) kali dengan diantaranya nanti yang pertama dengan Madiatri Silalahi dari AmCross Satu (1) FGD dgn Staf dan Sukarelawan PMI Kab Boyolali yang terlibat aktif dalam kegiatan ini (maksimal 12 orang); yang kedua dengan Deasy dari PMI Pusat Satu (1) FGD dengan pemilik toko mitra BBT (@1 orang per toko). Maksimal peserta FGD ialah 10 orang; ketiga Dua (2) FGD masyarakat yang mencakup perwakilan masyarakat dari delapan (8) Desa/Kelurahan sasaran yang dibagi berdasarkan jenis kelamin dengan perincian 4 orang yang sering menggunakan kartu BRIZZI untuk menukarkan air minum dan 4 orang yang jarang menggunakan kartu BRIZZI untuk menukarkan air minum.

Rina Utami perwakilan Team dari PMI Provinsi Jawa Tengah mengatakan “Evaluasi ini bertujuan untuk melihat relevansinya, efektivitasnya, efisiensinya, dan koordinasi dari kegiatan yang telah dilakukan di daerah program seperti yang di boyolali ada 8 toko yang ditunjuk untuk penyedia barang air bersih tersebut”.
Selain itu berfungsi sebagai dokumentasi kegiatan program, kegiatan diskusi ini nanti akan dibantu Jumali Team Focus Group Discussion (FGD) yang berasal PMI Provinsi DIY hasil evaluasi akan dijadikan dasar untuk pengayaan proses finalisasi panduan BBT PMI. Imbuhnya.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Aziz Nugroho, PMI Kab boyolali, Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.  
Last modified onRabu, 01 Maret 2017 02:41

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id