Menu

 

A Member Of 

5 Kecamatan di Tegal Kekeringan, PMI Distribusi Air Bersih Featured

Puluhan desa yang tersebar di lima kecamatan di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah masih dilanda kekeringan. Bahkan kondisinya semakin parah. Pemerintah Kabupaten Tegal melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Palang Merah Indonesia (PMI) terus menyalurkan bantuan air bersih untuk membantu warga yang mengalami kekeringan.

“Pendistribusian bantuan air bersih hari ini kami salurkan untuk warga di Desa Kertasari RT 01/RW 04. Sebanyak satu tangki dengan kapasitas 4.000 liter. Jumlah penerima bantuan sebanyak 127 kepala keluarga atau 236 jiwa,” kata Mundir Petugas BPBD Kabupaten Tegal.

Sebagai informasi, saat ini sebanyak 22 desa yang mengalami krisis air bersih akibat kemarau tersebar di lima kecamatan, yakni Kecamatan Warureja, Kecamatan Suradadi, Kecamatan Kedung Banteng, Kecamatan Jatinegara dan Balapulang. Sedangkan kekeringan terparah terjadi di dua kecamatan. Yakni Kecamatan Warureja dan Kecamatan Suradadi.

“Di Kecamatan Suradadi yang dilanda krisis air bersih sebanyak 11 desa dan Kecamatan Warureja sebanyak 12 desa. Sedangkan untuk penyaluran bantuan air bersih berdasarkan permintaan warga melalui pemerintah desa setempat,” tambah Mundir.

Selain BPBD, PMI Kabupaten Tegal juga menyalurkan bantuan air bersih. Yakni untuk warga di RT 04/RW 04 dan RT 05/RW 04 Desa Kreman, Kecamatan Warureja. Jumlah bantuan air bersih yang disalurkan sebanyak satu mobil tangki atau 5.000 liter. Jumlah total penerima bantuan sebanyak 110 kepala keluarga atau 255 jiwa.

“Bantuan air bersih ini merupakan penyaluran yang ke 32 kalinya dan sudah tersebar di seluruh wilayah yang mengalami kekeringan. Penyaluran bantuan menggunakan mobil tangki dengan kapasitas 5.000 liter maupun 6.000 liter tergantung jenis mobil tangki yang digunakan,” Kata Romadhon, petugas PMI Kabupaten Tegal.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

167713