Menu

 

A Member Of 

Lagi, Sukabumi Alami Pergerakan Tanah Featured

Bencana pergerakan tanah kembali terjadi di wilayah kabupaten Sukabumi, Kali ini berlokasi di Desa Bantarkalong, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi. Kondisinya semakin hari semakin parah dan berdampak semakin meluas. Bencana tersebut kini berlangsung di empat kampung Desa Bantarkalong.
 
Awalnya, bencana tersebut terjadi di tiga kampung yakni Kampung Bojong Haur RT 02 RW 01, Kampung Pasir Gerong RT 09 RW 01, dan Kampung Pasir Jambu RT 08 RW 01. Pada Selasa (7/2) jumlah kampung yang terdampak bencana bertambah satu yakni Kampung Citiis RT 05 RW 02.
"Jumlah warga yang terdampak bencana menjadi 44 kepala keluarga (KK) atau setara 185 jiwa" Ujar Kades Bantarkalong, Syahrial Hasan.
 
Dari jumlah tersebut sebanyak 15 KK atau 70 jiwa telah mengungsi ke tempat saudaranya yang lebih aman.Syahril menerangkan, para warga memilih mengungsi karena ada sebagian rumah yang mengalami kerusakan cukup berat. Rinciannya, sebanyak lima unit rumah rusak berat, tiga rumah rusak sedang, dan satu unit rusak ringan serta 31 uniit rumah lainnya terancam.
 
Selain rumah lanjut syahril, bangunan madrasah diniyah Uswatun Hasanah di Kampung Bojong Haur juga mengalami kerusakan cukup berat. Sarana umum lainnya yang rusak yakni jalan lingkungan yang mengalami kerusakan berat.
 
Untuk membantu para warga korban bencana, BPBD Kabupaten Sukabumi sudah membuka posko Tanggap darurat dan telah menyalurkan bantuan logistik bersama elemen lembaga kemanusian lainnya. Termasuk salahsatunya Palang Merah Indonesia (PMI).
 
Guna memenuhinya kebutuhan kedaruratan para korban, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sukabumi telah mendistribusikan bantuan Higienis Kit dan Beras yang diserahkan di Posko Tanggap Darurat kepada Kepala Desa Bantarkalong untuk memenuhi ketersediannya bantuan yang sampai saat ini sudah menipis.
 
"Kita baru distribusikan bantuan sementara, mengingat stok logistik di Markas PMI sendiri sedang kosong dan baru mengajukan permohonan ke PMI Provinsi dan PUsat,"Ungkap Kepala markas PMI kabupaten Sukabumi Budiharto.Jumat.(17/2). Pihaknya sampai saat ini baru bisa mendistribusikan bantuan sementara berupa 10 paket higienis kit dan beras.
 
Untuk informasi selengkapnya, dapat menghubungi: Atep Maulana, Humas PMi Sukabumi, Hp: 085659103056

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id