Menu

 

A Member Of 

PMI PROVINSI KALIMANTAN UTARA AKTIF MEMBANTU SULTENG DI MASA PEMULIHAN Featured

Kejadian bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi di Sulawesi Tengah yang terjadi pada  tanggal 28 September 2018 telah berlalu 7 bulan yang lalu. Pada masa Tanggap Darurat Bencana PMI Provinsi Kalimantan Utara terlibat aktif dalam membantu kegiatan kemanusiaan di daerah yang terdampak bencana gempa bumi, tsunami dan likuifaksi di Sulawesi Tengah dengan mengirimkan relawan-relawan PMI Provinsi Kalimantan Utara yang memiliki komptensi seperti Restoring Family Links (Pemulihan Hubungan Keluarga), Assessment, Program Dukungan Psikososial (PSP), Relief, Shelter, Pertolongan Pertama, Evakuasi, Tenaga Medis yang terdiri dari Dokter, Perawat, bidan dan Apoteker. Selain itu PMI Provinsi Kalimantan Utara juga melakukan Penggalangan Dana  yang melibatkan seluruh PMI kabupaten/Kota se Kalimantan Utara.

Ketua PMI Provinsi Kalimantan Utara Bapak Ir.H.Syaiful Herman, M.AP juga menyampaikan bahwa berdasarkan rencana operasi transisi dan pemulihan gempa bumi, tsunami dan likuifaksi di Sulawesi Tengah, PMI Provinsi Kalimantan Utara tetap konsisten memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak gempa bumi, tsunami dan likuifaksi.

Pada tanggal 30 April sampai dengan 13 Mei 2019 PMI Provinsi Kalimantan Utara mengirimkan 4 relawan PMI Provinsi Kalimantan Utara untuk membantu di masa Transisi dan Pemulihan gempa bumi, tsunami dan likuifaksi di Sulawesi Tengah dengan memberikan bantuan khusus Program WASH “ Air dan Sanitasi “ yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan dan pemberdayaan bagi masyarakat yang terdampak. PMI Provinsi Kalimantan Utara dalam menjalankan program ini bersama masyarakat, untuk meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), agar tercapainya perubahan perilaku serta akses atas air dan sanitasi dapat dengan mudah didapat masyarakat. Program WASH ini merupakan kontribusi langsung demi terciptanya masyarakat yang lebih tangguh, serta untuk menciptakan kehidupan yang lebih sehat dan aman. Jelas Syaiful Herman.

Data bantuan yang diberikan pada program WASH “Air dan Sanitasi” pada operasi transisi dan pemulihan gempa bumi, tsunami dan likuifaksi di Sulawesi Tengah pada tanggal 30 April sd 13 Mei 2019 sebagai berikut :

  • PMI Kab. Donggala ( SD Islam YPPI Donggala) yang di intervensi sebagai berkut :
  1. Pembangunan MCK 5 Pintu (3 WC & 2 Kamar Mandi)
  2. Tandon Air 1200 liter 1 buah
  3. Dudukan Tandon 1 buah
  4. Mesin Pompa Air 1 buah
  5. Tong Sampah 8 buah
  6. Ember 5 buah
  7. Gayung 5 buah
  • PMI Kota Palu ( PAUD Karya Toyiba ) yang di intervensi sebagai berikut :
  1. Pembangunan  MCK 2 Pintu (2 WC)
  2. Tandon Air 1200 liter 1 buah
  3. Dudukan Tandon Air 1 buah
  4. Tempat cuci tangan 2 buah
  5. Ember 2 buah
  6. Gayung 2 buah
  7. Penyambungan Listrik 1 paket
  • PMI Kab. SIGI ( SDN Karavana ) yang di intervensi sebagai berikut :
  1. Perbaikan MCK 4 Pintu (4 wc)
  2. Tandon Air 1200 liter 1 buah
  3. Dudukan tandon 1 buah
  4. Mesin Pompa Air 1 buah
  5. Tong Sampah  7 buah
  6. Ember 4 buah
  7. Gayung 4 buah
  • PMI Kab. Sigi (Masjid Al-Huda dsn 2 Desa Bangga) yang di intervensi sebagai berikut :
  1. Mesin pompa air 1 buah
  2. Pengeboran Air untuk Mesjid

Selain itu di tambahkan oleh Sekertaris PMI Provinsi Kalimantan Utara Bapak Risdianto, S.Pi, M.Si bahwa pada tanggal 19 sd 30 Mei 2019, PMI Provinsi Kalimantan Utara mendapatkan kepercayaan dan penugasan dari PMI Pusat untuk membantu di operasi transisi dan pemulihan gempa bumi, tsunami dan likuifaksi di Sulawesi Tengah dengan mengirimkan Tim Pelayanan Kesehatan Dasar Darurat (PKDD) PMI Provinsi Kalimantan Utara yang bertugas selama 2 minggu. Tim PKDD Yankesling PMI Provinsi  Kalimantan Utara akan mendukung kegiatan Pelayanan Kesehatan keliling di Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala. Adapun Tim PKDD Yankesling PMI Provinsi  Kalimantan Utara terdiri dari 1 Dokter, 2 Perawat, 1 Bidan dan 1 Apoteker yang berasal dari PMI Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Kalimantan Utara.

PMI Provinsi Kalimantan Utara mengucapakan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam membantu pada Transisi dan Pemulihan gempa bumi, tsunami dan likuifaksi di Sulawesi Tengah.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

195439