Menu

 

A Member Of 

Kebumen Selenggarakan Olimpiade PMR Featured

Kebumen – Sebanyak 325 anggota Palang Merah Remaja (PMR) se-Kebumen mengikuti Olimpiade PMR, Sabtu (30/3). Kegiatan tahunan yang telah digelar kali ketiga ini, diselenggarakan oleh PMI kabupaten Kebumen bekerjasama dengan Forum Tenaga Sukarela Pembina PMR.

Ketua PMI Kabupaten Kebumen, H. Sabar Irianto, mengatakan bahwa Olimpiade ini ditujukan untuk mengevaluasi serta memonitor hasil materi dan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh PMR, seperti penguasaan materi kepalangmerahan.

“PMR dari tingkat Mula sampai Wira diharapkan dapat lebih memaksimalkan peranannya sebagai peer leader dengan memberikan contoh perilaku hidup bersih dan sehat kepada teman sebayanya, anggota PMR Madya sebagai peer support diharapkan lebih banyak memberikan dukungan kepada teman sebaya dan PMR Wira sebagai peer educator lebih berperan dalam pendidikan terhadap teman sebaya” terang Sabar, dalam sambutan pembukaan Olimpiade PMR.

Bertempat di SMKN 1 Kebumen, Olimpiade ini diikuti oleh 6 tim PMR tingkat Mula , 41 tim PMR tingkat Madya dan  18 tim PMR tingkat Wira.

Muhammad Muslim Mustofa, Ketua Panitia Olimpiade PMR, menerangkan dalam olimpiade ini terdiri dari 4 cabang lomba yaitu wahana kepalangmerahan (Mula,Madya dan Wira), mewarnai komik kepalangmerahan dan menggambar poster kebersihan/kesehatan bagi anggota PMR Mula, membuat media pembelajaran bagi PMR Madya dan presentasi inovasi perekrutan calon pendonor sukarela bagi PMR Wira.

“Disertakannya Pembina pada lomba wahana kepalangmerahan agar lebih menguasai tujuh materi pokok kepalangmerahan serta hukum perikemanusiaan internasional. Selain itu, anggota PMR Mula agar lebih tertarik dengan kegiatan PMR. Untuk PMR Madya, dengan pembuatan media pembelajaran diharapkan kegiatan kepalangmerahan lebih menarik sedangkan inovasi perekrutan donor darah ditujukan untuk meningkatkan jumlah calon pendonor sukarela dikalangan siswa SMK/SMA/MA” lanjut pria yang biasa dipanggil M3 ini.

Peringkat terbaik olimpiade PMR ke-3 tahun ini diraih oleh SD Negeri Candiwulan Adimulyo untuk tingkat Mula, tingkat Madya SMP Negeri 2 Adimulyo serta SMKN 1 Kebumen untuk tingkat Wira. (Dian Ariyanto)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

152163