Menu

 

A Member Of 

Pasca Penggusuran, PMI Berikan layanan untuk Warga Kampung Bugis Featured

Kegiatan PSP bersama Nanoe Biru untuk anak-anak warga kampung Bugis Kegiatan PSP bersama Nanoe Biru untuk anak-anak warga kampung Bugis

Terjadinya eksekusi tanah seluas 94 are di Desa Serangan, 03 Januari 2017, oleh Pengadilan Negeri Kota Denpasar mengakibatkan  36 rumah rata, 46 Kepala Keluarga (KK), sekitar 200 jiwa kehilangan tempat tinggal dan harus mengungsi baik ke kerabat terdekat maupun menempati tenda-tenda pengungsian yang ada di sekitar Lapangan Sepak Bola Serangan. 

Setelah mendapatkan informasi tersebut, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Denpasar dan PMI Provinsi Bali berkoordinasi untuk pelaksanaan respon kejadian dengan pengerahan sarana prasarana dan sukarelawannya.

Secara efektif mulai tanggal 4 Januari 2017, PMI telah membuka Posko yang memberikan pelayanan informasi baik kepada masyarakat maupun lintas sektor terkait. Kegiatan pelayanan air bersih juga dilakukan dengan pengerahan 1 Unit Water Tank, dan 2 titik distribusi air (tangki air) untuk masyarakat. 


Kegiatan berikutnya PMI Kota Denpasar mensiagakan 1 unit Ambulans untuk memberikan layananan kesehatan maupun emergensi jika diperlukan. Dan pembuatan 2 unit Tenda Peleton, dan 1 unit tenda keluarga yang diperuntukkan sebagai Posko dan masyarakat yang mengungsi.

Selain itu, untuk mengurangi rasa trauma khususnya bagi anak-anak, PMI juga melakukan kegiatan berupa dukungan psikososial, dimana pada kegiatan ini Sukarelawan PMI yang bertugas akan mengajak para anak-anak pengungsi berbagi baik melalui permainan maupun kegiatan kebersamaan. 

"Diharapkan berangsur-angsur anak-anak tersebut akan melupakan dan kembali bersemangat paska kejadian penggusuran. Sukarelawan PMI juga membantu set up/pengaturan barang bantuan yang terpusat di Masjid As Syuhada." Hal tersebut diungkapkan oleh Taufan Kristanto sebagai Kepala Divisi Kelembagaan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bali, Kamis, 5 Januari 2017. 

Dijelaskan, dalam respon kejadian tersebut, PMI Provinsi Bali dan Kota Denpasar telah memobilisasi sekitar 100 orang Sukarelawan yang berasal dari unit-unit Sukarelawan antara lain : KSR-PMI Unit GD Universitas Mahasaraswati Denpasar, KSR PMI GB Universitas Warmadewa, KSR PMI Unit STIKOM, KSR PMI Unit STIKI, KSR PMI Unit DB IHDN, KSR PMI Kusuma Mandala, KSR PMI Husada Mandala, dan komponen Sukarelawan Perusahaan (Corporate Volunteer).

PMI dalam kaitan ini telah berkomitmen untuk membantu para pengungsi dengan tetap berkoordinasi dengan lintas sektoral terkait serta perangkat setempat baik Kepala Desa maupun Kepala lingkungan. "PMI telah menyusun Rencana Operasi (Renops) untuk pelaksanaan respon selama 3 (hari), dan untuk selanjutnya akan dievaluasi apakah diperlukan operasi lanjutan atau akan ditutup berdasarkan kondisi yang ada pada saat tersebut." Imbuhnya. 

Untuk informasi selengkapnya, dapat menghubungi: Taufan, Humas PMI Provinsi Bali, Hp : 08164736056

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id