Menu

 

A Member Of 

Desa Jatibogor Banjir, PMI Kirimkan Sukarelawan Featured

PMI Kabupaten Tegal bantu evakuasi warga menggunakan perahu karet PMI Kabupaten Tegal bantu evakuasi warga menggunakan perahu karet
TEGAL- Hujan deras dengan intensitas cukup tinggi mengguyur Desa Jatibogor, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal dan sekitarnya, Selasa (3/1) sore membuat Sungai Cacaban meluap. Akibatnya, sejumlah pemukiman warga di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Sungai Cacaban tergenang.
 
Ketua Bidang Kesiapsiagaan Bencana, Bimo Bayuadji menyebutkan, banjir yang melanda wilayah tersebut mencapai ketinggian sekitar 100cm hingga 150 cm. Dampaknya warga Dukuh Jatimerta Pontong Desa Jatibogor dan Sidaharja Kecamatan Suradadi terisolir.
“Data sementara tim assesment kami menyebutkan, sedikitnya ada 300 jiwa di RT1 dan 2 RW2 Desa Jatibogor terisolir dan puluhan rumah terendam. Wilayah ini yang terparah," katanya.
 
PMI Kirimkan Relawan dan Logistik Bantuan
 
Sebagai rasa kepedulian, PMI Kabupaten Tegal menerjunkan puluhan Relawan ke lokasi banjir. Bersama Relawan Gabungan lainnya, Relawan PMI melakukan Evakuasi dengan perahu karet.
 
“Dibawah koordinasi BPBD Kabupaten Tegal, PMI melakuan giat tanggap darurat, evakuasi, mendirikan Dapur Umum dan menyiagakan satu unit ambulan,” terang Bimo.
 
Sampai saat dikonfirmasi (3/1) terpantau belum ada pengungsi. Warga masih bertahan di rumah masing-masing. Mereka enggan keluar rumah. Meskipun akses jalan sudah lumpuh akibat tergenang air dan hanya dapat dilalui menggunakan perahu karet. 
 
“Menyikapi hal tersebut, Tim Dapur Umum PMI menyiapkan nasi bungkus untuk dibagikan kepada warga yang terisolir, untuk makan siang dan malam hari nanti,” imbuhnya.
 
Untuk informasi selengkapnya, dapat menghubungi: Danang, Humas PMI Jawa Tengah, Hp: 0818296667
 
Last modified onKamis, 05 Januari 2017 07:18

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96,  Jakarta 12790 - Indonesia

Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi@pmi.or.id