Logo
Print this page

Bulan Dana PMI DKI Capai Rp 19,8 Milyar Featured

Bulan Dana PMI DKI Capai Rp 19,8 Milyar

Palang Merah Indonesia Provinsi DKI Jakarta telah melaksanakan kegiatan Bulan Dana PMI Tahun 2018 yang berlangsung dari tanggal 1 September sampai dengan 31 Desember 2018. Berbagai upaya dan usaha sudah dilaksanakan oleh panitia Bulan Dana untuk memperoleh hasil yang terbaik, dan pada tahun 2018 perolehan hasil Bulan Dana PMI mencapai Rp 19,8 milyar. Perolehan hasil Bulan Dana PMI tersebut mengalami kenaikan sebesar 31 % dari tahun sebelumnya yaitu Rp 15,1 milyar.

Bulan Dana PMI dilaksanakan tidak semata-mata hanya menghimpun dana saja, tetapi juga untuk membangun partisipasi masyarakat agar peduli membantu sesama. Sekaligus menanamkan nilai-nilai kemanusiaan dan juga rasa memiliki terhadap lembaga PMI sebagai organisasi sosial kemanusiaan.

Hasil Bulan Dana tersebut nantinya akan dikembalikan lagi kepada masyarakat dalam berbagai bentuk pelayanan antara lain kegiatan bakti sosial, pelayanan dapur umum dan evakuasi untuk korban bencana, pembinaan generasi muda melalui wadah PMR (Palang Merah Remaja), pembinaan kader Relawan, pembinaan tenaga Pelatih dan Guru Pembina PMR, pelayanan Ambulans, pelayanan Pemulihan Hubungan Keluarga (Restory Family Links) dan operasional.

"Kita harus memastikan seluruh yang dibutuhkan PMI terfasilitasi dengan baik, salah satunya adalah kebutuhan pendanaan. Untuk itu, Pemprov DKI Jakarta juga memiliki komitmen, baik anggaran APBD, maupun dari penggalangan dana masyarakat,” kata Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan saat menutup kegiatan Bulan Dana PMI di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (14/2/2019).

Menurut Anies, keberhasilan itu diraih lantaran ada kerja sama yang baik antara PMI dengan beberapa instansi pemerintah maupun swasta yang berlokasi di Ibu Kota. Ia berharap tren positif ini berimbas dalam memberikan pelayanan kemanusiaan yang terbaik kepada masyarakat.

“Ini semua hanya bisa terjadi dengan kolaborasi. Kita bersyukur bahwa penggalangan dananya berhasil dan sukses,” ujar Anies Baswedan.

Sementara itu, Ketua PMI Provinsi DKI Jakarta Muhammad Ali Reza menyatakan, keberhasilan dalam Bulan Dana PMI tersebut berkat kerja keras dari segenap panitia dan dukungan dari pemerintah, serta strategi yang dijalankan dalam penggalangan dana tersebut.

“Saya ucapkan selamat atas pencapaian hasil tersebut dan mengapresiasi atas apa yang telah dilakukan oleh Panitia Bulan Dana PMI,” ucap Muhammad Ali Reza.

“Hendaknya hasil Bulan Dana PMI dapat dimanfaatkan oleh PMI Kota dan Kabupaten untuk pelaksanaan program PMI dengan sebaik-baiknya serta tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat,” jelas Muhammad Ali Reza.

Sedangkan Ketua Panitia Bulan Dana Provinsi DKI Jakarta Tahun 2018, Catur Laswanto mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah membantu kegiatan Bulan Dana PMI. “Saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Jakarta yang secara sukarela memberikan dananya melalui PMI untuk digunakan bagi masyarakat yang membutuhkan,” ungkap Catur Laswanto yang juga Asisten Kesra Sekda Provinsi DKI Jakarta.

“Kami mengharapkan agar hasil Bulan Dana PMI tersebut dapat digunakan dengan sebaik-baiknya dalam rangka melaksanakan berbagai kegiatan sosial kemanusiaan untuk kepentingan masyarakat luas,” terang Catur Laswanto.

Adapun hasil lengkap perolehan Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta Tahun 2018 adalah yaitu :

* PMI Kota Jakarta Timur : Rp. 7.574.956.115,-

* PMI Kota Jakarta Selatan : Rp. 4.834.881.963,-

* PMI Kota Jakarta Barat : Rp. 3.894.725.183,-

* PMI Kota Jakarta Utara : Rp. 1.728.540.826,-

* PMI Kota Jakarta Pusat : Rp. 1.686.635.658,-

* PMI Kabupaten Kep. Seribu : Rp. 128.786.000,-

 

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi :

* Kepala Markas Provinsi PMI DKI Jakarta, Erna Cahyani, Telp (021) 3906666 Ext. 418

* Kabid. PSD Markas Provinsi PMI DKI Jakarta, Abdurrahman, Telp (021) 3906666 Ext. 410

Template Design © Palang Merah Indonesia. All rights reserved.