Menu

 

A Member Of 

PMI Terus Bantu Warga Terdampak Tsunami di Banten dan Lampung Featured

Upaya untuk membantu korban Tsunami yang melanda wilayah  Banten dan Lampung pada (22/12) masih terus dilakukan PMI. 
 
Di wilayah Banten, terutama di Desa Kertajaya, Kec. Sumur, Kab. Pandeglang, 10 orang tim PMI bergabung dengan tim SAR gabungan di Desa Kertajaya, Kec. Sumur, Kab.Pandeglang. 
 
Menurut Aib, Korlap PMI di wilayah Kec. Sumur menjelaskan, "sebelumnya  tim PMI melakukan  pencarian sejak  setelah Tsunami terutama di Hotel Beach Club dan Tanjung  Lesung Beach  Resort. Pencarian korban di fokuskan di bawah reruntuhan bangunan atau hotel sepanjang bibir pantai dan laut." Jelasnya.
 
"Saat ini  belum ada peringatan tentang  gelombang tinggi Tsunami,  hanya ada  status  siaga dari gunung anak  Krakatau, " tambah Aib.
 
Selain upaya evakuasi, pemeriksaan kesehatan juga terus dilakukan oleh PMI, di wilayah Kec. Sumur dan Wilayah Kec. Labuan yang menjadi target pelayanan kesehatan. Sementara pelayanan air bersih juga terus dilakukan di wilayah Pandeglang. "Kami memobilisasi 3 unit mobile clinic, yang terdiri dari 3 dokter dan 6 perawat. Untuk air bersih kita sudah mendistribusikan sebanyak 15 ribu liter di wilayah Panimbang," jelas Mahfud, Staf Divisi Kesehatan, PMI Pusat. 
 
"Kami juga melakukan upaya pemulihan psikologis bagi anak anak yang terdampak Tsunami di pengungsian yang berlokasi di MTSN 7, Desa Cikayas, Kec. Angsana, Kab. Pandeglang. Sebanyak 48 anak dari PAUD, SD dan SMP bermain dan bersama dengan Relawan PMI untuk menghilangkan rasa trauma dan mengembalikan kondisi psikologis mereka." Tambah Mahfud.
 
Selain pelayanan kesehatan, PMI juga mendistribusikan barang bantuan ke wilayah Kec. Sumur, di Kab. Pandeglang dan Kecamatan Cinangka, di Kab. serang berupa logistik kebutuhan sehari hari. "Saat ini masih banyak pengungsi yang belum kembali ke rumah, mereka masih trauma akibat Tsunami yang melanda kawasan Kab Serang dan Kab Pandeglang."  jelas Aulia. 
 
Sementara di wilayah Lampung Selatan, PMI bersama tim gabungan TNI-POLRI dan Basarnas melakukan upaya evakuasi bagi warga di wilayah Rajabasa, khususnya di Pulau Sibesi dan Pulau Sebuku. "Menurut hasil pendataan, sebanyak 949 orang dari Pulau Sibesi dan 285 dari Pulau Sebuku berhasil kami evakuasi ke Lapangan Tenis Indoor di Rajabasa dan depan Kantor Bupati, Lampung Selatan," jelas Andri Fajaruddin, Sukarelawan PMI Kab. Lampung Selatan.
 
Selain itu, PMI juga membuka Pos Dapur Umum, di wilayah SMA 1 Rajabasa, untuk membantu warga terdampak. 
 
Hingga (27/12), PMI telah memobilisasi 572 personil dan 24 ambulans ke lokasi kejadian untuk melakukan asesmen, evakuasi, pertolongan pertama, Dapur Umum, Pelayanan Kesehatan dan Distribusi Bantuan.
 
Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi; Aulia Arriani, Kepala Biro Humas Hp. 0816 795379,
Mahfud, Staf Divisi Kesehatan PMI Pusat, HP. 0815 9443198, Andri Fajaruddin, HP. 0822 7949 0204, Kontak Media, Anggun Permana, HP. 085697777313

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

122059