Logo
Print this page

Tingkatkan Kapasitas, PMI Kota Sukabumi Gelar Pelatihan Manajemen Tanggap Darurat Bencana Featured

Tingkatkan Kapasitas, PMI Kota Sukabumi Gelar Pelatihan Manajemen Tanggap Darurat Bencana
Untuk meningkatkan kapasitas para relawan dalam melaksanakan kegiatan operasi kemanusiaan respon terhadap bencana. Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Manajemen Tanggap Darurat (MTDB) dan rangkaian Pelantikan  anggota muda Korps Sukarela (KSR) PMI Kota Sukabumi yang digelar pada tanggal 15-18 Nopember di Area Camp PTPN Goalpara, Sukabumi Jawa Barat.
 
“Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kapasitas Relawan PMI dalam memobilisasi dan memberdayakan kapasitas khususnya di bidang kesiapsiagaan dan tanggap darurat bencana,” Ungkap Ketua PMI Kota Sukabumi, drh. H.Suranto Sumowiryo, didampingi Wk.Ketua, Zaini, dan Kepala Markas, Asep Priatna.
 
Selain itu, menurut Suranto, kegiatan ini diharapkan mampu menjadi motor penggerak bagi upaya kesiapsiagaan bencana dan tanggap darurat bencana secara cepat, tepat dan efektif, yang pada akhirnya juga akan meningkatkan citra positif PMI dilapangan.
 
“Saat ini PMI sebagai organisasi yang bergerak di bidang pelayanan sosial dan kemanusiaan, kiprahnya telah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia, hal ini harus sejalan dengan peningkatan kapasitas para relawannya sendiri,” tambah Suranto.
 
Secara umum ungkap Suranto, wilayah Sukabumi memiliki beberapa potensi ancaman bencana yang harus diantisipasi. Diantaranya Gempa bumi, pergerakan tanah karena terdapat zona patahan aktif cimandiri. Selain itu potensi ancaman bencana longsor serta daerah rawan kebakaran dengan kondisi permukiman sempit dan sulit mencari sumber daya air. Selain itu merupakan daerah rawan letusan gunung berapi karena dekat dengan kawasan Gunung Gede Pangrango.
 
Oleh karena itu, PMI dituntut untuk dapat menjadi organisasi yang mandiri, tanggap, siap siaga dan antisipatif terhadap kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi. Terutama pengaruh cuaca ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini.
 
Dalam kesempatan ini juga, suranto berkesempatan memberikan pembekalan kepada sejumlah peserta dan menyemangati para relawan dalam kegiatan ini.
 
Dirinya berharap, setelah pelatihan ini para peserta selain menjadi garda terdepan dalam penanggulangan bencana dan permasalah sosial kemanusiaan. serta bisa hidup mandiri dalam kehidupan organisasi dan pribadi masing masing.
 
Untuk Informasi Lebih Lanjut Dapat Menghubungi : Zaini (Wk.Ketua Bid Relawan & PB, Hp. 081563110336), Atau  Asep Supriatna, (Kepala Markas PMI Kota Sukabumi, Hp.082246328467)
Template Design © Palang Merah Indonesia. All rights reserved.