Menu

 

A Member Of 

100 Kantong Darah Dikirim Ke Palu Featured

Jumat, 28 September 2018 lalu, gempa bumi kembali menguncang negeri ini, kali ini wilayah  Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat yang diguncang gempa berkekuatan 7,7 Skala Richter, yang terjadi pada pukul 17.02 WIB berpusat di darat 61 km arah utara Palu, Sulawesi Tengah, pada kedalaman 10 Km. Kemudian di susul dengan adanya tsunami yang menerjang wilayah Palu dan Donggala. Bencana gempa dan tsunami yang menimpa Sulawesi Tengah (Sulteng) menimbulkan kerugian. Selain banyaknya korban jiwa, kerusakan pun menimpa berbagai infrastruktur di daerah tersebut. Gempa dan tsunami juga mematikan kegiatan ekonomi. Diperkirakan kerugian dan kerusakan ekonomi mencapai triliunan rupiah.

Akibat bencana tersebut juga  berdampak  pada UDD PMI dan pelayanan darah yang merupakan tugas rutinnya. Saat ini kondisi gedung, peralatan yang berada di UDD PMI Provinsi Sulawesi Tengah yang berada di Kota Palu dalam keadaan yang baik walaupun beberapa alat yang digunakan untuk kegiatan donor dan penyimpanan darah mengalami kerusakkan, ditambah dengan kondisi padamnya listrik disana sehingga membuat semua peralatan pendukung tidak bisa beroperasi. Akibatnya stok darah yang ada di UDD PMI Provinsi Sulawesi Tengah sudah tidak bisa digunakan lagi.

Info terbaru dari Bapak Amri Nurman selaku Penanggung Jawab UDD PMI Sub Regional 5, saat berkoordinasi dengan UDD PMI Makassar, “Untuk saat ini tim dari Makassar sudah melakukan Assesmant untuk melihat langsung kondisi UDD PMI prov Sulawesi Tengah, peralatan seperti blood refrigerator dan lain-lain sudah berfungsi kembali dengan mengunakan bantuan genset, namun kendala yang sedang dialami disana adalah ketersediaan bahan bakar berupa bensin. Info terbaru Tim dari UDD PMI Polewali Mandar sedang mengirimkan bantuan berupa bahan bakar dan mendatangkan 2 orang staf teknis untuk membatu, selain itu UDD PMI Toli-toli juga mengirimkan 1 orang staf teknis.”

Kepala UDD Pusat PMI, dr. Ria Syafitri menyatakan “Unit Donor Darah Pusat PMI rencananya akan mengirimkan 2 orang staf beserta 2 koli coolbox yang berisi 100 kantong darah dan juga reagen yang akan diberangkatkan besok pagi (2/10) dengan menggunakan pesawat Hercules dari Bandara Halim Perdana Kusuma. Tim dari UDDP PMI akan melakukan assesmant dan membuka pelayanan darah darurat sambil menunggu recovery staf UDD PMI Prov Sulawesi Tengah yang masih mengalami trauma akibat gempa dan tsunami yang terjadi.”

UDD PMI Kota Makassar akan mengirimkan 100 kantong darah, dan juga beberapa staf teknis, namun hingga saat ini keberangkatan masih terkendala akibat kondisi Bandara Palu yang di blockade oleh warga yang memaksa naik ke pesawat Hercules yang ada disana, sehingga Tim dari UDD PMI Kota Makassar masih menunggu jadwal keberangkatan.

“Untuk UDD PMI seluruh Indonesia yang akan membantu mendukung respon tanggap darurat di Palu ini, untuk berkoordinasi terlebih dahulu dengan kami di Unit Donor darah Pusat PMI dan kami berharap kepada masyarakat khususnya di wilayah terdampak untuk tidak kuatir akan ketersediaan darah di sana, karena kami akan memastikan stok darah akan tercukupi dan aman untuk para korban dan rumah sakit .” kata dr. Ria Syafitri.

UDD PMI Sulawesi Tengah merupakan bagian dari sub regional 5, yang terdiri dari Wilayah Sulawesi, Maluku, Papua, dan Papua Barat dibawah koordinasi dari UDD PMI Sulawesi Selatan. Fungsi dari regional sendiri adalah untuk saling memberikan bantuan terkait ketersediaan stok darah bagi masyarakat di wilayah terdampak.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Humas UDD Pusat PMI dr. Sri Hartati (085296000525) dan Risa Oktavia (083820521283)

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

113895