Menu

 

A Member Of 

Bersama mengantisipasi kekeringan dan kekurangan air bersih untuk Masyarakat Featured

Sejumlah warga dibantu relawan PMI bergotong royong membangun instalasi air bersih sumur bor untuk kebutuhan warga yang saat ini mulai mengalami kesulitan air bersih dan sanitasi dibeberapa wilayah di kabupaten sukabumi Jawa Barat.
 
Saat ini, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten sukabumi melalui dukungan PMI Pusat dan Pelanggan Indomaret membangun sanitasi air bersih yang tersebar dibeberapa titik wilayah yang mengalami kesulitan air bersih dan sanitasi. salahsatunya di kampung Leles Desa Sukaresmi Kecamatan Cisaat.
Kepala Markas PMI Sukabumi, Budiharto mengatakan, pihaknya melalui dukungan PMI pusat dan donasi pelangggan Indomaret, memulai pembangunan instalasi untuk mitigasi struktural melalui sarana penunjang air bersih seperti sumur bor, MCK, pompa Air, pipanisasi dan tandonisasi 
 
Selain itu, pihaknya juga melakukan promosi kesehatan untuk perubahan perilaku kepada warga dan sejumlah pelajar.
 
"Melalui konsep pemberdayaan, PMI bersama warga bekerjasama bergotong royong untuk membangun instalasi air bersih untuk mencukupi kebutuhan air bersih warga," kata budi.
 
Menurutnya, saat ini PMI kabupaten sukabumi melakukan program ini di enam kecamatan, yang meliputi kecamatan cidolog, nyalindung, cantayan, kadudampit, dan cisaat, dan Kabandungan
 
"Dalam mengatasi permasalahan kekeringan dan kesulitan air bersih, walaupun tidak menyeluruh tetapi kami melakukan skala prioritas," tambahnya.
 
Sementara itu, Kusna Efendi (50) Salahsatu tokoh warga masyarakat Kampung leles desa Sukaresmi kecamatan Cisaat menyambut baik atas dibangunkannya sarana instalasi air bersih dikampungnya tersebut. Menurutnya hal ini sangat membantu sekali kebutuhan warga dikampungnya yang sangat membutuhkan sarana air bersih bersih untuk kebutuhan sehari hari.
 
"Ada sekitar 150 kepala keluarga (KK) di dua RT yang akan menerima manpaat air bersih ini," ungkap Kusna yang juga menjabat sebagai ketua Rukun Warga 11 di kampung leles.
 
Kedepannya, kata kusna, setelah berhasil proses pengeboran, air nantinya akan di proses tendonisasi melalui pemasangan dua tempat penyimpanan air ukuran besar, yang selanjutnya akan disalurkan ke rumah warga melalui proses pipanisasi.
 
"Saya atas nama perwakilan warga mengucapkan terimakasih kepada pihak PMI dan masyarakat pelanggan Indomaret atas bantuan program ini yang dirasa sangat bermanpaat sekali," Pungkas Kusna Efendi.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

102781