Menu

 

A Member Of 

UU Kepalangmerahan menjadi jaminan relawan PMI Featured

Para pembicara dalam Lokakarya Kepalangmerahan Para pembicara dalam Lokakarya Kepalangmerahan

Sebagai salah satu rangkaian dari kegiatan bidang Temu di Temu Karya Relawan Nasional 2018 ini, diadakan Lokakarya Kepalangmerahan. Hadir sebagai pembicara antara lain Dr. Dhahana Putra, S.H., M.Si (Direktur Perancangan Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan HAM); Rina Rusman (International Committee of the Red Cross/ICRC); Ahmad Husein (International Federation of the Red Cross and Red Crescent Societies/IFRC) dan Muhammad Muas, Ketua Bidang Relawan di PMI Pusat.

Diskusi yang dilaksanakan pada 18 September 2018 di Aula Istora Jatiluhur, Jawa Barat ini mencakup antara lain proses penyusunan RPP UU No 1 tahun 2018 tentang Kepalangmerahan oleh Kementerian Hukum dan HAM yang direncakan untuk selesai paling lambat pada akhir tahun ini. RPP ini akan menjelaskan lebih jauh fungsi dan penggunaan lambang Palang Merah sebagai tanda pengenal sebagaimana diundangkan dalam UU Kepalangmerahan.

Selain itu dibahas pula perlindungan lambang kepalangmerahan dan implementasi UU Kepalangmerahan dalam kaitannya dengan pembinaan relawan. Salah satu poin penting dari pemaparan ini adalah UU Kepalangmerahan menjamin perlindungan Lambang dan hal tersebut mnejamin dukungan terhadap relawan, juga kepastian hukum atas kerja kemanusiaan yang dilakukan oleh para relawan.

Lebih jauh, para pembicara menekankan perlu dan pentingnya pengembangan kapasitas serta manajemen relawan. Ahmad Husein mengatakan hal ini perlu agar kapasitas para relawan tidak tertinggal dari situasi lingkungan dan dunia yang dinamis.

Perjuangan panjang hingga hadirnya UU Kepalangmerahan adalah cerminan semangat pantang menyerah dari relawan sendiri. Terbitnya UU Kepalangmerahan akan menjadi jaminan terus berkobarnya semangat para relawan dalam menjalankan tugas kemanusiaan di garis depan.

Peserta Temu Karya Relawan Nasional berasal dari 34 provinsi dan peserta dari luar negeri, antara lain dari Palang Merah Italia, Palang Merah Kamboja dan Bulan Sabit Merah Malaysia.

Kegiatan akbar ini mendapat dukungan langsung dari banyak pihak, termasuk Perum Jasa Tirta II, PT. Beiersdorf Indonesia.

Last modified onJumat, 21 September 2018 16:13

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

102771