Menu

 

A Member Of 

Pelatih Palang Merah Remaja Dilatih Featured

Ade Kurniawan selaku Kabiro Humas PMI Kota Tangerang, mengatakan tujuan pelatihan yang diadakan ini adalah menciptakan fasilitator - fasilitator PMR dari tingkat SD, SMP dan SMA yang akan bertugas sebagai pelatih di setiap kelompok PMR, baik yang telah terbentuk maupun yang akan di bentuk nantinya serta sebagai bentuk pembinaan dan regenerasi bagi relawan PMI khususnya di Kota Tangerang.
 
"Pelatihan ini digelar di aula kelurahan Sukarasa yang bertepatan di depan Markas PMI, asal peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 28 orang terdiri dari unsur relawan baik di tingkat Kota maupun di tingkat Kecamatan Kota Tangerang dan ada salah peserta yang berasal dari unit KSR Bali yang mengikuti kegiatan ini," jelasnya.
Dalam pembukaan acara tersebut "Mustofa Kamaludin selaku kepala markas PMI menyapaikan hasil dari pelatihan diharapkan peserta dapat menerapkan ilmu pembinaan dan pengembangan karakter kepalangmerahan untuk remaja disekolah serta mengembangkan kegiatan pelayanan sosial kemanusiaan untuk masyarakat di Kota Tangerang" ujarnya.
 
Untuk metode pelatihan  berbasis pada peningkatan KAP (Knowledge, Attittude, Practice) dengan metode pendidikan partisipatif, micro dan macro teaching serta diskusi kelompok, "Program ini merupakan program kerja Tahunan PMI Kota Tangerang berserta para PMI di setiap kecamatan yang ada di Kota Tangerang, " jelasnya
 
Dihelat ruang KSR PMI Kota Tangerang, presentation yang berlangsung selama sehari ini mengangkat tema "Power Up Your Presentations ". Kami ingin para relawan dapat meningkatkan talentanya dalam public speaking,” ujar Ade kurniawan, Humas PMI. Tangerang, 13/07/18
 
Menurut Ade, selama ini relawan masih kesulitan dalam berbicara di depan umum. Terlebih, jika komunikasi yang dilakukan bersifat persuasif dan dengan orang asing. ”Oleh karena itu, keahlian public speaking sangat dibutuhkan agar kita mudah mengkomunikasikan kepada mereka,” paparnya.
 
Selain itu, public speaking seharusnya menjad keahlian yang wajib dikuasai oleh setiap relawan. Hal itu mengingat banyak tantangan yang akan dihadapi pada masa yang akan datang. ”Selain bermanfaat jadi profesi, skill ini penting dimiliki oleh seorang pemimpin untuk mengorganisasi bawahannya,” terang Humas PMI Kota Tangerang.
 
Presentations ini menghadirkan narasumber kompeten yakni Didik prianto. Dalam paparannya, didik mengungkapkan tiga kunci utama menjadi seorang public speaker yang baik. Seorang public speaker harus mampu menarik perhatian peserta saat membuka acara, menyampaikan inti materi dan menutup acara. ”Pastikan ketika anda berbicara, dapatkan respon dari peserta,” ucapnya.
 
Didik melanjutkan, selain merebut perhatian peserta, pembicara yang handal harus mampu menanamkan pesan, membangun keakraban, mengenali karakter peserta, dan menciptakan ketertarikan. ”Semakin santai pesan itu disampaikan, semakin mudah diterima,” katanya.
 
Di samping memberikan materi tentang teknik public speaking, pada presentations ini juga dilakukan praktek secara langsung untuk peserta. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, lalu ditugaskan untuk menyampaikan gagasan masing-masing sesuai dengan tema yang diberikan. Kemudian, setiap kelompok akan mempresentasikan idenya di depan rekan kelompok lain.
 
Tak hanya itu, para peserta presentations yang berasal dari KSR,dan TSR PMI Kota Tangerang, ini nantinya akan memperoleh penugasan setelah kegiatan selesai. Penugasan tersebut berupa perintah untuk membuat sebuah forum di media sosial. ”Kami akan memantau bagaimana track record mereka setelah ini,” ungkap didik.
 
Dias salah satu relawan ini berharap, nantinya peserta bisa lebih tenang saat berbicara di depan umum. Lebih dari itu, diharapkan peserta mampu menyebarkan ilmu yang mereka dapat. ”Manfaatkan mulai dari hal-hal kecil, seperti menjadi fasilitator (adik - adik PMR ). Lakukan inovasi agar ilmu yang disampaikan dapat diterima oleh anak didiknya,” pungkas dias
 
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Ade Kurniawan, Humas PMI Kota Tangerang, Hp: 0896-1887-2895
Last modified onSabtu, 14 Juli 2018 15:14

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

140588