Menu

 

A Member Of 

Gunung Agung Meletus Lagi, Warga Mulai Mengungsi Featured

PMI bantu evakuasi warga ke tempat pengungsian yang aman, pasca letusan gunung Agung PMI bantu evakuasi warga ke tempat pengungsian yang aman, pasca letusan gunung Agung

Gunung Agung yang terletak di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali mengeluarkan asap setinggi 1.500 meter pada Kamis (28/6/2018). Warga di sekitar gunung dilaporkan mulai mengungsi ke tempat aman.

Dalam situs resminya Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG menyebutkan bahwa Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, baru saja meletus. PVMBG menyebutkan Gunung Agung meletus pada pukul 15.52 WITA, Kamis sore, 28 Juni 2018.

PVMBG mencatat, dari pengamatan, tinggi kolom abu teramati mencapai lebih dari dua kilometer dari atas puncak gunung. Atau, lebih dari 5.142 meter dari permukaan laut.

“Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah barat daya dan barat,” tulis PVMBG dalam websitenya.

Sementara itu, data yang dikompilasi dari Posko PMI Pusat menyebutkan, saat ini PMI Provinsi Bali telah melakukan koordinasi dengan PMI Kabupaten Karangasem dalam pemantauan aktivitas Gunung Agung dan melakukan assessment lapangan.

“Sampai saat ini teman-teman PMI karangasem masih bersiaga di lapangan, selain melakukan koordinasi dengan sejumlah instansi terkait, mereka telah mempersiapkan distribusi masker untuk diberikan kepada warga sekitar,” ungkap Kepala Bagian Posko PMI Pusat, Masfuri.

Menurutnya, saat ini berdasarkan arahan pemerintah setempat, masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki, serta para wisatawan agar tidak berada dan tidak melakukan pendakian, serta tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari Kawah Puncak Gunung Agung.

Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang terbaru.

“Sampai malam ini, PMI ikut membantu menyiapkan tempat evakusi Masyarakat salahsatunya di desa tembukus telah mengungsi di Bale Banjar Besakih,” Pungkas Masfuri.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Masfuri, Posko PMI Pusat, Hp: 085770100365

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

941310