Menu

 

A Member Of 

PMI Tanggamus Susun Rencana Aksi Featured

Tanggamus -Palang Merah Indonesia (PMI) terus gaungkan antisipasi resiko bencana. Salah satu upaya yang dilakukan yakni melalui musyawarah penyusunan rencana pengurangan resiko Bencana (RR PLAN), yang dilaksanakan di Pekon Tanjung agung, Kecamatan Kota agung barat, senin(20/5).

Wakil ketua bidang penanggulangan Bencana (PB) PMI Provinsi lampung Kol. CPM (Purn) Estadi Wibowo mengatakan, musyawarah penyusunan rencana pengurangan resiko bencana bekerjasama dengan American Red Cross tersebut berujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap kerentanan bencana disuatu daerah serta mengidentifikasi dan memprioritaskan permasalahan lalu merumuskan melalui perencanaan yang strategis dengan melalui upaya-upaya struktural dan non struktural, yang pada akhirnya resiko bencana dapat dicegah.

"Langkah awal relawan PMI Tanggamus, telah melaksanakan pengumpulan data dan ruang melalui serangkaian kegiatan basline, survey masyarakat, participatory rural apprisal (PRA), ini semua merupakan bagian dari musyawarah penyusunan rencana pengurangan resiko bencana,"kata Estadi, Senin(20/5)

Setelah serangakaian tahapan dilakukan lanjutnya, lalu tahapan lainya yang dilakukan masih dalam upaya pengurangan resiko bencana disuatu daerah yaitu Vulnerability and Capacity Assessment (VCA) VCA sendiri ialah pengumpulan informasi untuk mengambil suat keputusan untuk perencanaan pengurangan resiko bencana, dan tingkat bencana.

"Hasilnya dapat kita simpulkan di Pekon Tanjung Agung ada tiga ancaman bencana yakni ROB,Banjir dan Abrasi, Nah dengan penyusunan pengurangan bencana ini masyarakat setempat kedepannya sudah bisa melakukan upaya dan langkah, pencegahan atau pengurangan dampak dari tiga bencana tersebut.

Rasyid peserta Penyusunan menambahkan, pekon Tanjung agung merupakan wilayah yang menjadi langganan banjir Dan Rob Karna pekon Yang dekat pantai dia mohon untuk PMI dapat mengurasi resiko bencana banjir.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi; Hady Prasetyo, Humas PMi Provinsi Lampung, HP. 082185974833

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

799651