Menu

 

A Member Of 

PMI - ICRC Gelar Operasi Katarak di Sabu Raijua Featured

PMI dan ICRC kembali memberikan pelayanan operasi katarak gratis PMI dan ICRC kembali memberikan pelayanan operasi katarak gratis

Nusa Tenggara Timur - Palang Merah Indonedia (PMI) dan Komite Palang Merah Internasional (ICRC) menyelenggarakan operasi katarak dan pembagian kacamata gratis kepada warga di Pulau Sabu, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur.

"Kegiatan operasi katarak ini mulai dilakukan dari 11 - 14 Mei 2018 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sabu Raijua dengan target 100 warga yang mengalami katarak serta 200 warga yang akan menerima kacamata baca gratis," kata Plt. Kepala Divisi Kesehatan dan Sosial, Markas Pusat PMI, Eka Wulan Cahyasari, Jumat (11/5).

Kegiatan operasi katarak dan pembagian kacamata baca gratis ini, kata Eka, merupakan bagian dari kerjasama antara PMI, ICRC, RS Kartini Kupang dan Perdami.

Dikatakannya, kegiatan operasi katarak dan pembagian kacamata baca gratis didahului dengan pelatihan kesehatan mata bagi tenaga kesehatan dari seluruh Puskesmas di Kabupaten Sabu Raijua.

"Menindaklanjuti kegiatan itu dilakukan operasi katarak serta pembagian kacamata baca gratis dengan penerima manfaat sebanyak 300 orang warga di Kabupaten Sabu Raijua," tegas Eka.

Data dari Kementerian Kesehatan menyebutkan bahwa penderita katarak di Indonesia mencapai 240.000 orang setiap tahunnya, sedangkan jumlah penderita katarak di Provinsi Nusa Tenggara Timur mencapai 2,3 persen.

Penyakit katarak diakibatkan berbagai faktor mulai dari persoalan usia, gizi, gaya hidup, riwayat penyakit yang diderita hingga ketidak tahuan akan katarak itu sendiri.

Menurut Eka, operasi katarak dan pembagian kacamata baca bagi masyarakat di Kabupaten Sabu Raijua ini bertujuan mendekatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Sabu Raijua.

Kegiatan opetrasi katarak dan pembagian kacamata baca gratis di provinsi berbasis kepulauan ini pernah dilakukan PMI bersama ICRC di NTT tahun 2016 yang berlangsung di Kota Kupang, dan Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) serta Malaka pada 2017.

"Tahun 2018 operasi katarak dan pembagian kacamata gratis dilaksanakan di Kabupaten Sabu Raijua, sebagai salah satu daerah terpencil dengan penerima manfaat 300 orang warga di wilayah pulau terluar itu," tegas Eka.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi; Plt. Kepala Divisi Kesehatan dan Sosial, Eka Wulan Cahyasari, HP. 08176462902, atau Mahfud, Staf Divisi Kesehatan dan Sosial, HP. 08128338 9306

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

855301