Menu

 

A Member Of 

Tingkatkan Kapasitas, Tim Wash PMI di Uji Respon Bencana Banjarnegara Featured

Tim Wash PMI membangun toilet darurat untuk warga terdampak gempa Banjarnegara Tim Wash PMI membangun toilet darurat untuk warga terdampak gempa Banjarnegara

Jawa Tengah - Guna meningkatkan kapasitas personil tim WASH (Water and Sanitation Hygine), PMI kembali menggelar pelatihan simulasi lapangan layanan air, sanitasi dan promosi kebersihan. Bertempat di  Salatiga, pelatihan yang diikuti oleh 37 peserta dari 14 provinsi se-Indonesia ini berlangsung sejak  23 April hingga 26 April mendatang.

Akbar Eka Prasetya, Staff divisi kesehatan bidang air dan sanitasi PMI Pusat, mengatakan dalam situasi bencana, air dan sanitasi adalah salah satu standar kehidupan minimal yang harus dipenuhi. Keduanya mutlak harus didapatkan oleh masyarakat terdampak. Saat itulah, tim Wash PMI sebagai tim operasional hadir membantu masyarakat.

“Membawa tanggung jawab yang besar, Tim Wash PMI di tuntut tanggap, cepat dan tepat dalam merespon pemenuhan kebutuhan masyarakat terdampak. Oleh karenanya, dalam simulasi ini para personil akan diberikan pemahaman serta praktik pelayanan air dan sanitasi sesuai dengan standart operasional PMI,” Sambungnya.

Tim Wash Respon Bencana Banjarnegara

Gempa dengan kekuatan 4,4 skala richter (SR) melanda disebagian wilayah Banjanegara Rabu lalu (18 April 2018). Alwan, Humas PMI Banjarnegara menjelaskan via telefon, hingga hari ini (24/4/2018) sejumlah 4.481 warga masih berada dipengungsian karena masih trauma akan terjadi gempa susulan. Tim Wash PMI juga dimobilisasi untuk membantu memenuhi kebutuhan warga akan air dan sanitasi. Selain melakukan respon, bencana kali ini juga menguji kemampuan para personil Wash PMI untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk warga terdampak.

“Merespon bencana yang terjadi di Banjarnegara, 5 personil Wash PMI dimobilisasi untuk membangun sarana toilet darurat, untuk memenuhi kebutuhan warga terdampak,” Tutur Danus Raharjanto, staf divisi kesehatan bidang air dan sanitasi PMI Pusat, via telefon.

Tak hanya melakukan respon di Banjarnegara, Tim Wash PMI juga membantu masyarakat Dusun Pulihan, Desa Tajuk, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang dengan membangun 3 unit toilet.

“Tim wash PMI membangun 3 toilet sebagai fasilitas umum yang layak secara kesehatan untuk warga. Selain itu,  warga juga kami berikan promosi kebersihan dan pengetahuan mengenai air yang baik dan bersih.” Terang Danus.

“Mendekatkan akses terhadap fasilitas sanitasi yang sehat berdampak positif terhadap kualitas Kesehatan masyarakat. Inilah yang menjadi inti penting adanya tim Wash PMI.” Imbuhnya.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : Akbar Eka Prasetya, Staff divisi kesehatan bidang air dan sanitasi PMI Pusat, HP : 081519966285, Danur Raharjanto,  Staff divisi kesehatan bidang air dan sanitasi PMI Pusat, HP : 08164825923

Last modified onSelasa, 01 Mei 2018 14:40

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

102782