Menu

 

A Member Of 

80 Warga Pucangsawit Direkrut PMI Featured

Sibat Pucangsawit belajar mengidentifikasi wilayah yang rentan terdampak bencana (dok. Dedy/PMISolo) Sibat Pucangsawit belajar mengidentifikasi wilayah yang rentan terdampak bencana (dok. Dedy/PMISolo)

Surakarta – 80 Warga kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta direkrut Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surakarta menjadi relawannya. Bertempat di Joglo Sasono Krido, ke delapan puluh warga tersebut resmi dilantik menjadi Relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT), Senin lalu (26/3).

Krisnantyo Bayu Aji, Kasie bidang pelayanan penanggulangan bencana PMI Kota Surakarta, mengatakan perekrutan ini dilakukan semata-mata agar masyarakat ikut berperan aktif dalam kesiapsiagaan bencana. Baik itu untuk diri sendiri, keluarga maupun lingkungan disekitarnya.

“Pucangsawit ini adalah wilayah yang seringkali terdampak banjir akibat dari luapan sungai Bengawan Solo. Karenanya kami merekrut warga Pucangsawit untuk kami perkenalkan mengenai kerentanan wilayah tinggal mereka, serta mengajarkan mereka langkah-langkah antisipasi sebelum bencana terjadi.” Ungkap pria yang akrab disapa Kris ini.

Tak hanya belajar mengenai kesiapsiagaan sebelum bencana terjadi, namun warga yang kini telah menjadi relawan Sibat PMI akan terlibat langsung saat bencana terjadi.

“Mereka juga diberikan Pelatihan pertolongan pertama, Pengenalan mengenai shelther (Pengungsian), Pengenalan manajemen Posko hingga Manajemen dapur umum,” Imbuhnya.

Pelatihan yang diselenggarakan sejak Senin – Rabu (26-28/3) ini juga diikuti oleh Lurah Pucangsawit, Selvi Rawung dan ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK)  Pucangsawit, Antonius Sumardi.

“Dengan Pelatihan tersebut saya berharap kelurahan pucangsawit semakin tangguh menghadapi bencana, dan semua relawan bisa berperan aktif sesuai kompetensinya masing-masing.” Tutur Selvi dalam sambutannya.

Sebelumnya, PMI Kota Surakarta telah memiliki sekitar 100 anggota Sibat yang berasal dari warga di 3 kelurahan yakni Semanggi, Sangkrah dan Sewu. Hal ini juga dinilai dapat membantu menjadikan Kota Surakarta yang ingin mencanangkan diri sebagai Kota Tangguh Bencana pada tahun 2018.

 
Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi: Krisnantyo Bayu Aji, Kasie bidang pelayanan penanggulangan bencana PMI Kota Surakarta, HP : 085799914505, atau Dedy C. Nugroho, Humas PMi Kota Surakarta, Hp: 0857-9900-3943
Last modified onSenin, 09 April 2018 15:06

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

941307