Menu

 

A Member Of 

Banjir di Bandung Meluas Featured

PMI Kab Bandung Memberikan Bantuan Air Bersih PMI Kab Bandung Memberikan Bantuan Air Bersih

Hujan deras yang terjadi beberapa hari yang lalu di wilayah Kabupaten Bandung menyebabkan banjir di Bandung semakin meluas (25/12). Bencana banjir yang terjadi sejak tanggal 19 Desember ini semakin mengkhawatirkan. Berdasarkan perkiraan BMKG, intensitas curah hujan di wilayah Bandung selatan cukup tinggi sehingga mengakibatkan 20 Kecamatan dari 31 Kecamatan di wilayah Kabupaten Bandung terendam banjir. Wilayah paling parah yang terdampak banjir adalah kecamatan Baleendah, Dayeuhkolot dan Bojongsoang.

Banjir di Kabupaten bandung memiliki tinggi muka air antara 30 cm sampai dengan 300 cm. Dampak dari bencana banjir ini mengakibatkan lebih dari 5000 rumah terendam. Selain merendam rumah warga, genangan banjir pun menggenangi akses jalan protokol Banjaran - Soreang, Banjaran - Pangalengan, Moch Toha - Dayeuhkolot, Dayeuhkolot - Baleendah dan beberapa jalan lintas Kecamatan. Akibatnya terjadi kemacetan di jalur buah batu bojongsoang.

Menurut data yang diperoleh dari assessment PMI Kabupaten Bandung, jumlah pengungsi mencapai 12.000 jiwa yang tersebar di 48 titik pengungsian. Tim evakuasi masih kesulitan untuk melakukan evakuasi warga yang masih ingin bertahan dirumah masing-masing.  

Merespon bencana banjir di Bandung Selatan, PMI Kabupaten Bandung membuka pelayanan dapur umum di dua titik, yakni posko kecamatan Baleendah dan Parunghalang. Posko Kecamatan Baleendah yang menyediakan 7000 porsi per-harinya. Didukung oleh 24 Sukarelawan dari PMI Kabupaten Bandung, Bandung Barat dan Unit Perguruan Tinggi (Universitas Pasundan dan Universitas Telkom). Sedangkan posko Parunghalang, Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah menyediakan 3000 porsi setiap harinya. Ditangani oleh 20 Sukarelawan (PMI Kota Bandung), 18 Sukarelawan (PMI Kota Cimahi).

Selain Posko Dapur Umum, PMI Kabupaten Bandung juga melakukan evakuasi warga yang terisolir, distribusi air bersih, pelayanan ambulans dan kesehatan, distribusi bantuan dan dukungan psikologi sosial.


Untuk informasi selengkapnya, dapat menghubungi: Kepala Divisi PB PMI Kabupaten Bandung, Endang Supriatna, HP. 08122118147.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

158828