Menu

 

A Member Of 

Terima Kasih Sukarelawan PMI Featured

Sukarelawan PMI dalam Tanggap Darurat Bencana Sukarelawan PMI dalam Tanggap Darurat Bencana

Pada tanggal 26 Desember 2014, kita memperingati dua hari besar yakni peringatan tragedi bencana Tsunami yang melanda Aceh-Nias dan peringatan hari sukarelawan Palang Merah Indonesia (PMI).

Berawal dari keterlibatan sukarelawan PMI dalam kegiatan kemanusiaan pada saat bencana gempa dan tsunami di Aceh-Nias tahun 2004. Peristiwa tersebut menjadi momentum pertumbuhan sikap kerelawanan di Indonesia. Selain itu, momentum ini juga merupakan pengalaman yang luar biasa bagi relawan yang telah mendarma-baktikan diri, waktu serta tenaganya bagi kemanusiaan.

Besarnya bakti relawan PMI terhadap kemanusiaan kala itu, membuat relawan PMI mendapat pengakuan dengan dinyatakannya tanggal 26 Desember sebagai hari sukarelawan PMI oleh Presiden RI pada tahun 2005, setahun paska bencana tsunami di wilayah Sumatera. Sedangkan, hari relawan internasional jatuh pada tanggal 5 Desember 2014.

Pada setiap aksi-aksi kemanusiaan yang dilakukan oleh PMI dimana saja, baik pada saat bencana maupun konflik, peran serta para sukarelawan tidak pernah terbantahkan. Keberadaan mereka diibaratkan sebagai tulang punggung sekaligus garda terdepan bagi PMI. Mereka adalah orang-orang yang selalu tercepat dan yang pertama beraksi dilokasi. Tanpa mereka PMI tidak bisa berbuat apa-apa.

Relawan PMI adalah personal yang terlatih sesuai dibidangnya. Bekerja diberbagai medan, gunung, laut, hutan ataupun kondisi paling buruk akibat bencana maupun konflik. Melakukan pelayanan dan bantuan pada korban bencana dan konflik seperti pertolongan pertama, kesehatan darurat, dapur umum, mempertemukan keluarga yang terpisah, dukungan psikologi sosial dan lain-lain.

Momentum hari sukarelawan membuat PMI semakin terpacu untuk meningkatkan strategi pembinaan relawan melalui pendekatan dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia yang professional untuk melaksanakan pelayanan kemanusiaan organisasi, dengan membantu masyarakat yang mengalami kesusahan dan menjadi korban konflik dan bencana.

“Saat ini, PMI menaungi sekitar 1,5 juta relawan yang tersebar di 33 PMI Provinsi, 460 PMI Kabupaten/Kota dan 212 Unit Donor Darah di seluruh Indonesia.” Jelas dr. Lilis Wijaya, Kepala Divisi Relawan.

Pada kesempatan yang sama, dr. Lilis mengatakan, Peringatan hari Sukarelawan PMI tahun ini memiliki tema “Relawan PMI Mengabdi Bagi Kemanusiaan Tanpa Batas”. Tema tersebut menggambarkan bahwa PMI dan Pemerintah bersama-sama melakukan aksi nyata kepada masyarakat sebagai wujud kerelawanan dengan membentuk nilai kemanusiaan yaitu “menolong orang” atau “menolong sesama tanpa memandang suku, bangsa, agama dan ras.”

“Terima kasih atas segala dedikasi, pengorbanan dan bakti para relawan PMI di seluruh pelosok negeriuntuk kemanusiaan. Mulai dari pulau Weh sampai padang rumput di Sumba, Lembah hutan di Papua, di pantai, di kota dan yang sedang bertugas di bencana saat ini.” Ucapnya.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

152179