Menu

 

A Member Of 

Gunung Gamalama Kembali Meletus Featured

Gunung Gamalama Meletus Kembali (Dok. BNPB) Gunung Gamalama Meletus Kembali (Dok. BNPB)

Gunung Gamalama di Kota Ternate, Maluku Utara, kembali meletus pada Senin (22/12) pukul 17:30 WIT. Letusan disertai hembusan abu 100 meter dengan angin ke arah timur, tenggara dan selatan. Hingga kini statusnya masih siaga. Berdasarkan laporan petugas Pos Pengamatan Gunung Gamalama dilaporkan bahwa letusan muncul dari retakan tahun 2011.

Akibat fenomena alam tersebut, Kota Ternate masih berselimut abu vulkanik. Bandara Baabullah untuk sementara ditutup hingga waktu yang belum ditentukan dikarenakan debu di landasan pacu setebal 5 cm. Sementara itu Pembersihan bandara dan jalan masih dilakukan oleh otoritas bandara, pemadam kebakaran, dan dinas kebersihan sampai sekarang.

Dampak lain adalah banyak penerbangan dari dan ke Ternate mengalami penundaan dan debu vulkanik yang bergerak mengikuti hembus angin ke pemukiman mengakibatkan gangguan pernafasan dan jarak pandang yang terbatas sehingga aktifitas warga terganggu.

Untuk merespon abu letusan Gunung Gamalama, Palang Merah Indonesia (PMI) Maluku Utara telah mendistribusikan lebih dari 2.000 helai masker kepada masyarakat secara berkala. Namun, PMI Provinsi Maluku Utara membutuhkan tambahan masker karena persediaan di Provinsi tersebut semakin menipis. Apotik dan klinik di Kota Ternate juga mulai kehabisan stok masker sejak Jumat (19/12).

Selain itu, sembilan pendaki yang diduga melewati jalur tikus menuju puncak gunung tersebut luka-luka (5 luka berat, 4 ringan). Korban luka berat sedang mendapatkan perawatan di RSUD Ternate sedangkan empat lainnya sudah pulang. Sementara itu satu orang pendaki masih hilang. PMI Kota Ternate telah memobilisasi 15 sukarelawan dan menyiagakan 2 armada untuk melaksanakan pencarian dan evakuasi para pendaki.

Saat ini, Pemerintah Kota Ternate telah menetapkan status siaga letusan Gamalama selama dua pekan, 18 Desember 2014 hingga 31 Desember 2014. Pemerintah Kota Ternate juga menyiapkan 15 pos pengungsian di Kecamatan Ternate Utara, Ternate Tengah, dan Ternate Selatan. PMI kota ternate masih terus melakukan pemantauan terhadap aktivitas gunung Gamalama. Warga juga dihimbau mewaspadai material sekunder dari letusan Gamalama masih mengancam keselamatan warga, terutama saat hujan turun.

Untuk informasi selengkapnya, dapat menghubungi : Mirza, Kepala MarkasPMI Provinsi Maluku Utara, Telp: (0921) 3110871, Hp: 081244142253

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

151964