Menu

 

A Member Of 

Penandatanganan MoU TNI dengan PMI Featured

Palang Merah Indonesia (PMI)  menjalin kerja sama dengan TNI dalam rangka penanggulangan bencana alam, pelayanan donor darah, pelayanan kesehatan, dan tugas kemanusiaan lainnya. Penandatanganan nota kesepahaman itu dilakukan Ketua Umum PMI yang sekaligus Wakil Presiden, Jusuf Kalla, dan Panglima Jenderal TNI, Moeldoko, di GOR Ahmad Yani, Markas Besar TNI, di Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (11/12).

Penandatanganan nota kesepahaman ini dilakukan untuk mengatur rencana kerjasama dalam meningkatkan pelayanan kepalangmerahan, dengan tujuan agar dapat dijadikan sebagai pedoman bagi para pihak dalam mengimplementasikan rencana tersebut.

Dr. Moeldoko mengatakan, sudah sejak lama TNI peduli terhadap penanggulangan bencana dan kegiatan donor darah.

“TNI berada di luar paradoks yang mengatakan, tentara itu hanya bisa menumpahkan darah, tetapi TNI adalah prajurit yang rela meneteskan darahnya untuk menegakkan kedaulatan dan membantu kemanusiaan melalui donor darah,” Jelasnya.

Pada sisi lain, dalam perspektif keamanan dan pertahanan kiranya substansi kerja sama TNI-PMI perlu dikembangkan pada konteks bela negara dan membangun semangat kebangsaan melalui upaya menghidupkan kembali Palang Merah Remaja, yang dapat disinergikan dengan program pembinaan teritorial komando kewilayahan TNI.

Dalam kesempatan yang sama, JK mengatakan, TNI telah berperan aktif dalam upaya meningkatkan pelayanan kepalangmerahan. TNI sering mengadakan kegiatan donor darah untuk memenuhi kebutuhan kantung darah PM. Salah satunya kegiatan donor darah dalam hari ulang tahun TNI yang melibatkan 78.237 pendonor.

"Saya sampaikan terima kasih penandatanganan MoU antara TNI dan PMI. Kerja sama ini harus dilanjutkan," ujar Kalla, dalam sambutannya.

Masa berlaku nota kesepahaman ini berlaku untuk jangka waktu lima tahun dan dapat diperpanjang berdasarkan kesepakatan.
 

Untuk Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi : Adrian Mufti, Biro Kerjasama dan Hukum PMI Pusat, Tlp: 021-7992325 ext: 200, Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

158252