Menu

 

A Member Of 

Partisipasi PMI dalam Peringatan Hari Aids Sedunia Featured

Membagikan PIN kepada masyarakat dalam rangka peringatan HAS Membagikan PIN kepada masyarakat dalam rangka peringatan HAS

Jumlah kasus HIV dan AIDS di Indonesia selalu meningkat. Padahal dikebanyakan negara jumlah kasus HIV & AIDS kini telah menurun. Berdasarkan laporan UNAIDS (2008), Indonesia kini termasuk 1 dari 9 negara yang memiliki peningkatan kasus infeksi HIV pada usia 15-49 tahun lebih dari 25 %.

Sebanyak 2,5 juta orang terinfeksi setiap tahunnya dan 1,7 juta orang telah meninggal akibat AIDS. Tercatat, lebih dari 340 kabupaten/kota (>85% dari total kabupaten/kota) di Indonesia yang melaporkan adanya kasus HIV & AIDS. Hal ini  akan terus bertambah jika tidak ada upaya maksimal dari pemerintah pusat maupun daerah dalam penanggulangannya.

Palang Merah Indonesia (PMI) yang berperan sebagai auxiliary to the government, juga turut terlibat aktif dalam upaya pencegahan HIV AIDS. Komitmen PMI terhadap penanggulangan HIV AIDS, dibuktikan dengan bergabungnya PMI dengan Asian Red Cross and Red Crescent HIV Task Force (ART) pada akhir tahun 1994. Pada tahun 2000, PMI mulai meluaskan program ke cabang-cabang yang dinilai memiliki kapasitas dan kemampuan untuk menerapkan program tersebut. Secara bertahap, PMI meningkatkan program intervensi HIV & AIDS sebagai tindak lanjut Deklarasi Jenewa (2001).

“PMI Berpartisipasi aktif dalam penanggulangan HIV & AIDS melalui tiga pendekatan yakni pencegahan, perawatan & dukungan terhadap Orang dengan HIV dan AIDS (ODHA), anti stigma & diskriminasi terhadap ODHA, serta  berupaya melibatkan ODHA pada tiap tahapan kegiatan.” Jelas Eka Wulan Cahyasari, Kepala Sub. Divisi Kesehatan Masyarakat PMI Pusat.

Peringatan HAS di Berbagai Daerah

Salah satu daerah yang turut aktif berpartisipasi dalam peringatan HAS tahun ini adalah Pamekasan, Jawa Timur. PMI dan Palang Merah Remaja (PMR) Pamekasan menggalar aksi turun ke jalan membagikan pita dan PIN kepada masyarakat terkait dengan peringatan Hari Aids Sedunia.

Sebelumnya, pada Minggu (30/11) kelompok aktivis ini juga telah menggelar seminar tentang penanggulangan HIV/AIDS yang digelar di SMA Negeri I Pamekasan dengan mengundang perwakilan pelajar SMP/SMA dan yang sederajat se-Kabupaten Pamekasan.

Palang Merah Indonesia Kabupaten Grobogan juga turut membagikan 1000 bunga serta melakukan kampanye tentang HIV-AIDS kepada masyarakat saat CFD (cari free day) bekerjasama dengan PKBI Kabupaten Grobogan, Dinas Kesehatan, BP3KAB, PMI, VCT, Dinas Pendidikan, BEM STIKES Annur Purwodadi, di Jl. R. Soeprapto-Alun-alun Purwodadi, Grobogan, Minggu (30/11).  Sekitar 200 anggota relawan PMI dan anggota PMR (Palang Merah Remaja) melakukan sosialisasi pencegahan HIV/AIDS.

Tak mau kalah, Ratusan relawan PMI Kota Bandar Lampung  pun turut melakukan aksi simpatik membagikan bunga dan selebaran kepada pengendara roda dua dan empat di bundaran Tugu Adipura, Senin (1/12).

Sosialisasi terkait dengan HIV/AIDS ini merupakan agenda rutin setiap tahun. Ini merupakan salah satu upaya PMI untuk mengetuk kesadaran masyarakat di wilayah masing-masing akan pentingnya melakukan upaya antisipasi dini dalam menanggulangi peredaran HIV/AIDS.

 

Informasi lebih lanjut: Eka Wulan Cahyasari, Kepala Sub. Divisi Kesehatan Masyarakat PMI Pusat, Hp: 08176462902, Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Last modified onSelasa, 02 Desember 2014 15:17

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

147608