Menu

 

A Member Of 

Gedung UDD PMI Dilengkapi Peralatan Canggih Featured

Walikota Semarang, Hendrar Prihadi meresmikan gedung baru Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Semarang, di Jalan Mgr Soegiyopranoto No 31 Semarang dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan untaian bunga di depan pintu masuk gedung yang beralamat itu. pada Senin kemarin (20/10/2014).

Pembangunan gedung baru UDD tersebut efeknya tak hanya untuk Kota Semarang, tetapi juga untuk kepentingan nasional terkait kebutuhan darah. Pihaknya mengapresiasi para pengurus yang terus berupaya untuk berbenah. "Kami berkomitmen untuk mensupport semuanya. Kami siap sesuai program, yang bisa kita support akan kita support," katanya saat memberikan sambutan.

Hendi juga berpesan agar diimbangi dengan pelayanan dan sumberdaya manusia yang berkompeten serta dapat memicu semangat bekerja para pegawai PMI agar memberikan manfaat kepada masyarakat. "Gedung bagus pelayanannya harus bagus," tegasnya

Ketua panitia peresmian, Prof AG Soemantri mengungkapkan, gedung baru tersebut merupakan hasil kerja keras bersama para pengurus PMI Kota Semarang. "Gedung ini sebagai bentuk meningkatkan pelayanan kebutuhan darah di Kota Semarang dan sekitarnya," ungkapnya.

Gedung terdiri dari empat lantai. Lantai pertama sebagai pusat layanan pengambilan darah donor dilengkapi 20 kursi donor darah yang disediakan agar para pedonor nyaman. Juga ruang tunggu, ruang pendaftaran, cafetaria, ruang konsultasi, ruang aferesis dan ruang perlengkapan mobile unit.

Sedangkan di lantai dua sebagai loket permintaan darah dan pusat laboratorium, seperti laboratorium IMLTD, NAT, pembuatan komponen, distribusi, croosmatching dan kendali mutu dan referal. "Lantai tiga untuk ruang pengurus dan lantai empat aula," paparnya.

Saat ini pengolahan darah dilakukan menggunakan mesin pemisah darah dengan teknologi terbaru. "Teknologi di laboratorium NAT saat ini memiliki keunggulan dapat mendeteksi virus. Misalnya pentakit HIV, Hepatitis dan sebagainya. Kami juga mulai menggunakan kantong pediatrik dan tes golongan darah secara otomatis," jelasnya.

Ketua PMI Kota Semarang, Saman Kadarisman menyampaikan, peran para pendonor darah hingga saat ini sangat penting. Bahkan, pasca penerapan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kebutuhan darah semakin meningkat.

"Pengolahan darah merupakan kegiatan yang bersifat infeksius, yaitu mengakibatkan infeksi kepada seseorang yang terlibat dalam pengolahan. Untuk itulah, perlu tempat khusus yang berfungsi untuk kegiatan donor darah. Maka dibangunlah gedung UDD baru tersebut," ungkapnya.

Untuk Informasi Lebih Lanjut, Silahklan Hubungi : M. Nashir Jamaludin, PMI Provinsi Jawa Tengah, Hp: 081228011455 - 081575629075, Email  : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Last modified onKamis, 23 Oktober 2014 14:08

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

152173