Menu

 

A Member Of 

Tempuh 25 KM, Usung 7 Prinsip Dasar Gerakan Featured

Totalitas Tanpa Batas untuk Kemanusiaan, tema HUT ke 69 PMI memicu semangat relawan PMI dalam berkiprah di masyarakat. Semangat itu tercermin dalam kirab 7 Prinsip Dasar Gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional, yang dilakukan PMI Kabupaten Pekalongan (23-24/9).

“Saya titipkan bendera simbol gerakan mulia organisasi kita, junjung tinggi dengan hati, dan niatkan total dalam berkiprah untuk kemanusiaan, pesan semangat Arini Harimurti, Ketua PMI Kabupaten Pekalongan saat melepas tim kirab.

Terik matahari tidak mengurangi semangat relawan muda PMI untuk berjalan kaki dan mengusung 7 Prinsip dan 17 bendera PMI. Diawali dari jalur pantura Pekalongan, tim kirab yang terdiri 8 anggota KSR dan 9 PMR imenempuh 5 etape sejauh 25 kilometer, menuju alun-alun Kabupaten Pekalongan di Kajen.

Tim kirab juga dimeriahkan dengan adanya tim pendukung dari 27 unit PMR yang mengikuti sepanjang jalan. “Tim pendukung kirab dari unit-unit PMR, mendapatkan penilaian dan diberikan penghargaan,” ujar Budi Pepeng, panitia kirab.

Puncak peringatan dilakukan upacara di Alun-alun Kabupaten dengan inspektur Bupati Pekalongan, Amat Antono. Bupati yang membacakan sambutan Ketua Umum PMI juga berpesan agar relawan muda PMI selalu total dalam membantu kemanusiaan. “Generasi muda harus memiliki semangat membantu masyarakat, sesuai dengan tema HUT PMI, totalitas tanpa batas untuk kemanusiaan,” tandasnya.

Dikukuhkan pula 3.000 anggota PMR madya dan wira oleh Bupati. Juga diberikan penghargaan untuk Unit PMR Madya Tergiat yang diterima oleh PMR SMP 1 Wonopringgo, dan PMR Wira SMA 1 Kedungwuni untuk tergiat Wira.

Diserahkan pula, penghargaan untuk tim pendukung kirab yang dinilai berdasarkan semangat, kekompakan dan atribut. Unit PMR SMA 1 Kedungwuni sebagai juara 1, unit PMR SMA 1 Kesesi tim A sebagai juara 2, dan SMA 1 Kajen sebagai Juara 3. Sedangkan juara harapan 1,2 dan 3 diraih oleh SMA 1 Bojong, MAN 1 Pekalongan dan SMK Muhammadiyah Bligo.

Diakhir upacara ditutup dengan pemberian penghargaan untuk penggerak donor darah tergiat dan flash-mob gerakan cuci tangan yang di ikuti oleh seluruh peserta apel, termasuk bupati beserta tamu undangan.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi : M. Nashir Jamaludin, PMI Provinsi Jawa Tengah, Mobile: 081228011455 - 081575629075, Email  : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Last modified onRabu, 08 Oktober 2014 13:15

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

152162