Menu

 

A Member Of 

KSR PMI UNJ Rangkul 12 Provinsi dalam Pelatihan KBBM Featured

Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Universitas Negeri Jakarta (KSR PMI Unit UNJ) berhasil merangkul 12 provinsi untuk mengikuti Pelatihan Kesehatan dan Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat (KPPBM) KSR Perguruan Tinggi se-Indonesia. Pelatihan diikuti oleh 38 mahasiswa dari 22 Perguruan Tinggi di Indonesia selama satu minggu (25 Agustus hingga 3 September 2014) di Sekolah Bahasa Polri, Cipinang, Jakarta Timur.

“Ini adalah sebuah prestasi yang membanggakan bahwa organisasi kemahasiswaan di kampus bisa menyelenggarakan pelatihan tingkat nasional dan dapat mengundang peserta dari berbagai wilayah di Indonesia,” puji kak Yulia Sayanthi salah satu fasilitator KPPBM dari Markas Pusat PMI.

Ditegaskan Ketua Pelaksana pelatihan Aris Setiawan, pihaknya ingin KSR PMI UNJ dapat menjadi basis kegiatan KPPBM di Indonesia.

“Kami optimis ingin menjadikan KSR PMI Unit UNJ sebagai basis KPPBM di Indonesia. Selain karena kami telah melakukan Pelatihan KPPBM KSR Perguruan Tinggi Se-Indonesia tahun 2011 lalu, kami juga telah melakukan kegiatan KPPBM secara real selama 6 tahun di beberapa daerah di Jakarta Timur, ” jelas Aris Setiawan.

Selama pelatihan, peserta dibekali dengan materi seputar aksi kesehatan dan pertolongan pertama berbasis masyarakat, seperti mobilisasi masyarakat, pertolongan pertama mendasar dan pencegahan cedera, mobilisasi masyarakat dalam keadaan darurat, menyebarluaskan pesan promosi kesehatan masyarakat hingga topik-topik pelengkap seperti keselamatan di jalan dan donor darah. Tidak hanya dibekali teori, peserta nantinya akan diajak terjun langsung dan melakukan aksi KPPBM bersama masyarakat, termasuk akan membagikan 200 pohon kepada warga di kelurahan Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Usai mendapatkan pembekalan KPPBM, peserta diharapkan dapat menjadi kader-kader relawan yang peduli lingkungan dan kesehatan masyarakat, sehingga mereka nantinya dapat mengajak dan melibatkan masyarakat di daerah masing-masing untuk ikut memerhatikan lingkungan dan kesehatannya.

“Inti dari KPPBM adalah tidak hanya sebatas mengetahui teori, tapi justru implementasinya di lapangan. Karena inilah arti KPPBM, yaitu sebagai sebuah kegiatan yang bersangkutan dengan masyarakat,” kata Fahmi Dwi Nurhady, Kepala Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM)KSR PMI Unit UNJ.

Dalam melakukan pelatihan ini, KSR PMI Unit UNJ juga bekerjasama dengan pihak Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti), Kepolisian Republik Indonesia (Polri), dan sektor swasta.

Informasi lebih lanjut: Safira Nafisah, Humas KSR PMI Unit UNJ, Hp. 0812 1917 2324 atau Eka Wulan Cahyasari, Kepala Sub Divisi Kesehatan Masyarakat Markas Pusat PMI, Hp. 0817 6462 902

Last modified onRabu, 08 Oktober 2014 12:29

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

back to top

Markas Pusat Palang Merah Indonesia

Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 96 Jakarta - Indonesia  Telp. +62 021 7992325 Faks. +62 021 7995188  Email: pmi.or.id,  Laman: www.pmi.or.id

Jumlah Pengunjung

176591